IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI BERBASIS NILAI KEARIFAN LOKAL MELAYU RIAU DI SEKOLAH DASAR SE KOTA TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR
Abstract
Nilai kearifan lokal Melayu Riau dimuat kedalam sebuah mata pelajaran. Kearifan lokal Melayu terkandung nilai-nilai karakter Islami yang dapat dikembangkan dan diterapkan di sekolah dengan tujuan membentuk karakter siswa sesuai dengan budaya Melayu Riau. Oleh sebab itu, perlu impementasi yang tepat sehingga nilai-nilai yang tersebut dapat dipahami oleh siswa untuk diamalkan dalam kegidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumenetasi, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: Pertama,Implementasi Pendidikan Karakter Islami Berbasis Nilai Kearifan Lokal Melayu Riau di Sekolah Dasar dilakukan melalui a) penerapan adab berbicara dan bepakaian yang mengandung nilai sopan santun, kejujuran, menghormati, dan disiplin.. b) Cerita rakyat seperti batang Tuaka dan Batu bertangkup yang mengandung nilai amanah, jujur, kerja keras, menghormati dan tanggung jawab. Gurindam 12 mengandung nilai religius, tanggung jawab dan budi perkerti. c) nilai kesenian seperti anyaman dan seni ukir mengandung nilai Kerja keras, kreatif, tanggung jawab dan seni tari Zapin yang mengandung nilai kesopanan dalam kostum, kekompakan, kerjasama. d) permainan tradisional seperti lompat tali, kelereng dan galah panjang yang mengandung nilai kerja sama, sabar, kejujuran, ketelitian, percaya diri dan tanggung. Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal budaya Melayu Riau adalah a) faktor kemampuan guru, b) faktor lingkungan, c) faktor sarana dan prasarana.