NILAI PENDIDIKAN DALAM KITAB TUḤFAH AL-MAUDŪD BI AḤKᾹM AL-MAULŪD

  • Parlindungan Simbolon Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) al-Kifayah Riau
Keywords: Nilai, pendidikan Islam, Tuḥfah Al-Maudūd bi Aḥkām Al-Maulūd

Abstract

Orang tua berperan dalam menentukan keperibadian seorang anak dengan memberikan pendidikan yang baik sedini mungkin. Banyak tokoh yang menyusun konsep bagaimana cara mendidik anak dalam Islam, diantaranya adalah Ibn Qayyim al-Jauziyah dalam kitab Tuḥfah al-Maudūd bi Aḥkām al-Maulūd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pemikiran Ibn Qayyim al-Jauziyah tentang nilai pendidikan Islam dalam kitab Tuḥfah al-Maudūd bi Aḥkām al-Maulūd. Jenis penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan content analysis (analisis isi). Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara garis besar terdapat tiga nilai pendidikan yang dirumuskan oleh Ibn Qayyim al-Jauziyah dalam kitab Tuḥfah al-Maudūd bi Aḥkām al-Maulūd, yaitu pendidikan fisik, pendidikan iman dan pendidikan ibadah. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para orang tua dalam mendidik anak-anak mereka agar menjadi generasi yang sehat dan berakhlakul karimah.

Author Biography

Parlindungan Simbolon, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) al-Kifayah Riau

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) al-Kifayah Riau

Published
2020-08-30
How to Cite
Simbolon, P. (2020). NILAI PENDIDIKAN DALAM KITAB TUḤFAH AL-MAUDŪD BI AḤKᾹM AL-MAULŪD. Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(1), 60-80. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Kreatifitas/article/view/114