MENEKAN MASIFNYA TEKNOLOGI BERBASIS INTERNET MELALUI PERAN TPQ MIFTAHUL JANNAH
Abstract
Abstrak
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui peran TPQ Miftahul Jannah dalam membantu para orang tua dan anak untuk bisa mengatasi masifnya perkembangan teknologi berbasis internet yang membuat anak-anak menjadi ketergantungan hingga lalai dalam belajar. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi partisipan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa peran TPQ Miftahul Jannah mampu menekan masifnya perkembangan teknologi berbasis internet yang membuat anak-anak ketergantungan dengan cara memberikan metode pengajaran yang lebih bervariasi disetiap harinya seperti belajar mengaji, belajar sholat, belajar tadarus, shalawat dan mengajarkan untuk merayakan hari-hari besar Islam., hal ini dapat diamati pertama adanya peningkatan jumlah anak didik mengaji dari lima orang menjadi dua puluh lima orang, kedua semakin banyak anak didik TPQ Miftahul Jannah yang mampu bersaing di ajang kompetisi tingkat desa dan kecamatan, ketiga antusisme orang tua terhadap proses pembelajaran di TPQ Miftahul Jannah.
Kata kunci: TPQ Miftahul Jannah, Teknologi Berbasis Internet,
Abstract
This research aims to determine the role of TPQ Miftahul Jannah in helping parents and children to overcome the massive development of internet-based technology which makes children dependent and neglectful in learning. The method in this research uses qualitative research methods with data collection techniques, namely in-depth interviews, documentation and participant observation. The results of this research found that the role of TPQ Miftahul Jannah was able to suppress the massive development of internet-based technology which makes children dependent by providing more varied teaching methods every day such as learning the Koran, learning to pray, learning tadarus, shalawat and teaching them to celebrate the days. Islam, this can be observed firstly, there is an increase in the number of students studying the Koran from five to twenty-five people, secondly there are more and more TPQ Miftahul Jannah students who are able to compete in village and sub-district level competitions, thirdly the enthusiasm of parents towards the learning process at TPQ Miftahul Jannah.
Keywords: TPQ Miftahul Jannah, Internet-Based Technology
References
Cara mendidik anak yang dianjurkan oleh Rasulullah. https://www.rumahzakat.org/id/7-cara-mendidik-anak-yang-dianjurkan-oleh-rasulullah. (n.d.).
Hadist menuntut ilmu: untuk memudahkan jalan ke syurga. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5866155/10-hadits-menuntut-ilmu-untuk-memudahkan-jalan-ke-surga. (n.d.).
Ach. Baidowi. (2021). Strategi Dakwah di Era New Normal. Jurnal Muttaqien.
Dampak negatif HP bagi anak usia dini dan perkembangannya. https://www.zurich.co.id/id-id/blog/articles/2020/12/5. (n.d.).
Dewantara, R., Cakranegara, P. A., Wahidin, A. J., Muditomo, A., & Sudipa, I. G. I. (2022). Implementasi Metode Preference Selection Index Dalam Penentuan Jaringan Dan Pemanfaatan Internet Pada Provinsi Indonesia. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 6(2), 1226–1238.
Fajriyah, A. I., Toifur, T., Kasmiati, K., & Hafidz, N. (2023). Islamic Parenting Patterns of Early Children In The Book How Rasulullah Saw Educating Children. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(2), 251–260.
Gani, A. G. (2020). Sejarah dan Perkembangan Internet di Indonesia. Jurnal Mitra Manajemen, 5(2).
Haris, M. (2019). Problematika Pemberdayaan Masyarakat Miskin. Jurnal At-Taghyir: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Desa, 2(1), 46–63.
https://www.gramedia.com/literasi/generasi-baby-boomers-x-y-z-alpha/. (n.d.).
Khasanah, W. (2021). Kewajiban menuntut ilmu dalam Islam. Jurnal Riset Agama, 1(2), 296–307.
Lailan, L. R. (2022). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA MASJID AL-MUAWANAH. Dakwatul Islam, 7(1), 21–38.
Ramdhan Muhammad. (2021). Metode Penelitian. Citpa Media Nusantara (CMN), .
Rianti, A. A. (2013). Cara Rasulullah Saw. Mendidik Anak. Elex Media Komputindo.
Rusdiana, I. (2021). Dan implikasinya terhadap perubahan pola komunikasi keluarga. IAIN Ponorogo, 3, 16.
Sawitri, Y., Yannaty, I. A., Widyastika, S. I., Harumsih, T. D., & Musyarofah, H. F. (2019). Dampak penggunaan smartphone terhadap perkembangan anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional LPPM UMP, 1, 691–697.
Sejarah internet hingga perkembangannya di Indonesia saat ini. https://www.gramedia.com/literasi/sejarah-internet/. (n.d.).
Sejarah internet Indonesia. https://lib.ub.ac.id/news/sejarah-internet-di-indonesia/. (n.d.).
Seran, A. I. L., Karim, A., & Ottu, E. R. (2023). Improving the Understanding of Al-Falah Islamic High School Students in Kresek Ineffective use of Communication Between Student and Teacher. Journal of Community Engagement in Health, 6(1), 86–93.
Subkhan Edi. (2016). Sejarah dan Paradigma Teknologi Pendidikam untuk Perubahan Sosial. Kencana Prenamedia Group.
Terjemah ayat al-Qur’an. https://tafsirq.com/31-luqman/ayat-13. (n.d.).
Tersiana Andra. (2018). Metode Penelitian.
Tusi, J. S., Pirmansyah, M. T., & Rosmalia, H. (2023). Efforts to Improve Student’s Comprehension of SMK Bakti Islam Nusantara people Communication old which not Effectivecan Affect Achildren’s Mental. Journal of Community Engagement in Health, 6(1), 110–113.
Zulfa, N., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap konsentrasi belajar siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(4), 12–29.
Copyright (c) 2023 sitinuraini lahagu, Agus Subairi, Nuryanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.