VIRALISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI PERCEPATAN RESPON BENCANA ALAM
Abstract
Abstrak
Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisis bagaimana dampak dari viralisasi media sosial terhadap bencana alam erupsi Gunung Marapi. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif, menggunakan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui studi literatur dan observasi non partisipasif. Studi literatur adalah proses komprehensif yang melibatkan pengumpulan, peninjauan, analisis, dan sintesis literatur yang relevan dengan topik atau bidang penelitian tertentu. Dan observasi non partisipatif adalah metode pengumpulan data dalam penelitian di mana peneliti mengamati subjek atau situasi tanpa terlibat atau berpartisipasi dalam kegiatan yang sedang diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam era digital, kecepatan dan efisiensi respons terhadap bencana alam telah mengalami peningkatan signifikan berkat fenomena viralitas di media sosial. Dalam era digital saat ini, informasi mengenai bencana alam dapat menyebar dengan sangat cepat melalui media sosial. Dengan viralnya informasi terkait bencana alam dapat mempercepat datangnya bantuan dan mempercepat penanganan pada korban yang terkena erupsi Gunung Marapi.
Kata kunci: Viralisasi, Media Sosial, Bencana Alam
Abstract
The aim of this article is to analyze the impact of social media viralization on the natural disaster of the eruption of Mount Marapi. The type of research is qualitative research, using descriptive methods. Data was collected through literature study and non-participative observation. Literature study is a comprehensive process that involves collecting, reviewing, analyzing, and synthesizing literature relevant to a particular topic or area of research. And non participatory observation is a method of collecting data in research where the researcher observes a subject or situation without being involved or participating in the activity being observed. The results of this research show that in the digital era, the speed and efficiency of responses to natural disasters has increased significantly thanks to the virality phenomenon on social media. In the current digital era, information about natural disasters can spread very quickly through social media. By viral information related to natural disasters, it can speed up the arrival of aid and speed up treatment of victims affected by the eruption of Mount Marapi.
Keywords: Viralization, Social Media, Natural Disasters
References
-, Haryanto. 2016. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Komunitas Pustakawan Homogen Dalam Rangka Pemanfaatan Bersama Koleksi Antar Perguruan Tinggi.” Edulib 5 (1): 83–89. https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2305.
Agustina, Lidya. 2020. “Viralitas Konten Di Media Sosial.” Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa 1 (2): 149–60.
Anita, Rindi, Zahrah Salsabila, and Sofiyah Hadi Alhabsyie. 2021. “Peran Pekerja Sosial Dalam Trauma Pasca Bencana Alam Menggunakan Pendekatan Kognitif the Role of Social Worker in Post Disaster Trauma Using the Cognitive Approach.” Jurnal Manajemen Bencana (JMB) 7 (2): 77–90. https://doi.org/10.33172/jmb.v7i2.707.
Aryana, Suhud. 2021. “Studi Literatur: Analisis Penerapan Dan Pengembangan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Jurnal Nasional Dan Internasional.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana 4 (1): 368–74.
Ash Shidiqie, amulloh, Nouval Fitra Akbar, Andhita Risko Faristiana, Kampus II Jl Puspita Jaya, Ds Pintu, Kec Jenangan, and Kab Ponorogo. 2023. “Perubahan Sosial Dan Pengaruh Media Sosial Tentang Peran Instagram Dalam Membentuk Identitas Diri Remaja.” Jurnal.Alimspublishing.Co.Id 1 (3): 98–112.
Bernatta, Ratu Aulia Rahmani, and Tina Kartika. 2020. “Fenomena Massa Dalam Mencari Informasi Viral Pada Media Sosial Instagram.” Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora 4 (2): 153–65.
Budi, Budi Budi, Ernita Arif, and Elva Ronaning Roem. 2019. “Pemanfaatan Media Sosial.” Jurnal Ranah Komunikasi (JRK) 3 (1): 34. https://doi.org/10.25077/rk.3.1.34-44.2019.
Damayanti, Alfira, Isniyunisyafna Diah Delima, and Ari Suseno. 2023. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Informasi Dan Publikasi (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @rumahkimkotatangerang).” Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema 6 (1): 173–90. https://doi.org/10.24076/pikma.v6i1.1308.
Fahriyani, Silvi, Dian Harmaningsih, and Susi Yunarti. 2020. “Penggunaan Media Sosial Twitter Untuk Mitigasi Bencana Di Indonesia.” Journal IKRA-ITH Humaniora 4 (2): 56–65.
Fitriani, Yuni. 2017. “Analisis Pemanfaatan Berbagai Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi Bagi Masyarakat.” Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika 19 (2): 152.
Glennardo, Yoshua. 2016. “Viral Marketing Sebagai Media Pemasaran Sosial Dalam Mendongkrak Kesadaran Masyarakat Untuk Berperan Aktif Dan Bergabung Dengan Organisasi Non Profit/Niarlaba.” Journal of Management Studies 10 (2): 196.
Haris, Muhammad, Indra Laksana, Ananda Refiona Adilah, Diniyah Pekenabaru, Mahasiswi Pengembangan, Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah, Dan Komunikasi, and Kasim Riau. 2023. “TIGA STRATEGI KOMUNITAS GENKOMPAK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PUBLIC SPEAKING GENERASI MUDA.” Volume XIV Nomor 2:123–33. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/tathwir/index.
Hartanto, Rizal Septa Wahyu, and Hasan Dani. 2016. “Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Software Autocad.” Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan 1 (1): 1–6.
Isnawati, Setya Indah. 2022. “Viral Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial.” Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi 2 (1): 36–46.
Iswanti, Dwi Indah, Sri Puji Lestari, and Umi Hani. 2020. “Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Remaja.” Jurnal Keperawatan 12 (4): 815–22.
Lestari, Puji, Berliyan Ramadhaniyanto, and Damayanti Wardyaningrum. 2018. “Pemberitaan Di Media Online Untuk Pengurangan Risiko Bencana Gunung Sinabung.” Jurnal Kajian Komunikasi 6 (1): 106. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.15168.
Liedfray, Tongkotow, Fonny J Waani, and Jouke J Lasut. 2022. “Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara.” Jurnal Ilmiah Society 2 (1): 2.
Mazaya, Vyki. 2021. “Strategi Viralisasi Konten Dakwah Di Kanal Youtube.” Jurnal Komunikasi Islam 11 (2): 290–323. https://doi.org/10.15642/jki.2021.11.2.290-323.
Mulyana, Intan, and Nani Nurani Muksin. 2017. “Peran Media Sosial Twitter Dalam Membentuk Gerakan Sosial #Melawan Asap Di Riau.” Jurnal Untag 01:249–70.
Munib, Achmad, and Fitria Wulandari. 2021. “Studi Literatur: Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 7 (1): 160–72. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16154.
Pangestu, Septian Dwi, and Muhammad Fedryansyah. 2023. “Implementasi Mitigasi Bencana Alam Berbasis Masyarakat Melalui Kampung Siaga Bencana Di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang.” Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial 6 (1): 192. https://doi.org/10.24198/focus.v6i1.47267.
Paramitha, Devy Indah, Mohamad Dziqie Aulia Al Farauqi, and Intan Kinanthi Damarin Tyas. 2023. “Literasi Digital Pengguna Internet Indonesia Guna Mewujudkan Budaya Damai Di Ruang Mayantara.” Jurnal Kewarganegaraan 7 (1): 1208–15.
Permana, Restiawan, and Yusmawati Yusmawati. 2019. “Komodifikasi Pesan Dan Viralitas Informasi Dengan Metode ‘Like, Share, Comment, and Subscribe’ Pada Youtube.” Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana 25 (2): 1–6. https://doi.org/10.33751/wahana.v25i2.1601.
Puspananda, Dian Ratna. 2022. “Studi Literatur: Komik Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif.” JPE (Jurnal Pendidikan Edutama 9 (1): 85–92.
Puspitarini, Dinda Sekar, and Reni Nuraeni. 2019. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi.” Jurnal Common 3 (1): 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950.
Royani, Ida, and Epon Nur’aeni L. 2020. “Studi Literatur Tentang Model Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (2): 93–108. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25125.
Setiawan, Hery, and Wuri Handayani. 2023. “Gatekeeping Konten Viral Media Sosial (Studi Kasus Harianjogja.Com, Jogja.Tribunnews.Com, & Suarajogja.Id).” Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi 5 (4): 321–31. https://doi.org/10.21831/lektur.v5i4.19182.
Setyowati, Enggar, and Thriwaty Arsal. 2023. “Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Imitasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.” Solidarity: Journal of Education, Society and Culture 12 (2): 240–58. https://doi.org/10.15294/solidarity.v12i2.76685.
Sri Rahayu, Rian. 2018. “Studi Literatur: Peranan Bahasa Inggris Untuk Tujuan Bisnis Dan Pemasaran” 1 (4): 149.
Sularso, Octavianus, and Suryono. 2021. “Mitigasi Risiko Bencana Banjir Di Manado.” Jurnal Spasial 8 (2): 267–74.
Widada, Cahyana Kumbul. 2018. “Mengambil Manfaat Media Sosial Dalam Pengembangan Layanan.” Journal of Documentation and Information Science 2 (1): 23–30. https://doi.org/10.33505/jodis.v2i1.130.
Yusuf, Faidah, Hardianto Rahman, Sitti Rahmi, and Angri Lismayani. 2023. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, Dan Dokumentasi: Pendidikan Di Majelis Taklim Annur Sejahtera.” JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 2:1–8.
Copyright (c) 2024 Bayu Indra Laksana, Alifiya Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.