Konsep untuk Menciptakan Keseimbangan Hidup Manusia dalam Sistem Pendidikan Islam
Abstract
Menurut pendidikan Islam, kehidupan terdiri dari dua aspek utama, yaitu kehidupan duniawi yang mengarah pada aspek materi dan kehidupan spiritual yang mengarah pada aspek moral untuk mencapaikehidupan sejahtera dan bahagia di akhirat.Oleh karena itu, sistem pendidikan Islam perlu menyeimbangkan kehidupan manusia dengan mempolarisasikan kehidupan untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.Padahal untuk mencapai tujuan hidupnya seringkali seseorang dipengaruhi oleh berbagai macam faktor dalam kehidupannya, antara lain faktor materi, faktor pendidikan, dan faktor akhlak dan spiritual yaitu Ubudiyah.Oleh karena itu, pendidikan Islam diperlukan sebagai sarana untuk menunjang terwujudnya hal tersebut.Tujuan hidup manusia baik di dunia maupun di akhirat adalah seimbang melalui kesembuhan jasmani dan pembinaan rohani manusia.Pembangunan jasmani manusia diarahkan untuk mencapai kebahagiaan hidup manusia di dunia ini, sebagaimana manusia dalam hidupnya hendaknya berusaha mencari ridha Allah SWT.untuk memenuhi semua kebutuhan hidup Anda.Tentu saja untuk berusaha, orang membutuhkan kekuatan fisikKuat dan Sehat Berbicara tentang perkembangan kerohanian manusia, bertujuan untuk menciptakan kebahagiaan bagi kehidupan manusia, baik kehidupan duniawi maupun kehidupan rohani.Oleh karena itu, pengembangan spiritual menempati tempat yang lebih penting dalam penyelenggaraan pendidikan Islam.Masyarakat tidak bisa hidup nyaman hanya jika kebutuhan materinya terpenuhi, namun harus didukung juga dengan kedamaian kemanusiaan dan kebahagiaan spiritual.
References
Abidin, A.Mustika. “Pendidikan Moral Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam.” Jurnal Paris Langkis 2, no. 1 (2021): 57–67. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3282.
Ahmad, Nur. “Spiritual Melalui Pendekatan Psikologi Islam.” Konseling Religi 6, no. 2 (2015): 277–98.
Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, Wismanto. “PERAN GANDA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDIT Al-HASAN KEC. TAPUNG KAB KAMPAR” 11 (2022): 301–8.
Aswidar, Rika, and Siti Zahara Saragih. “Karakter Religius,Toleransi, Dan Disiplin Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 6, no. 1 (2022): 134. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43373.
Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, Refika. “Mitra PGMI : Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru.” Mitra PGMI : Jurnal Kependidikan MI 8 (2022): 100–110.
Elbina Saidah Mamla, Wismanto. “Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam Al-Qur’an.” At-Thullab 1, no. 2 (2021): 16.
Frimayanti, Ade Imelda. “Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2017): Hal. 240.
Irfana, Rizqiya, Abdul Malik Ghazali, and Yusuf Baihaqi. “Pemaknaan Bumi Berbicara Menurut Mufasir Klasik Dan Modern Pendahuluan Al-Qur ’ an Adalah Firman Allah Yang Diturunkan Untuk Menjadi Petunjuk Bagi.” Refleksi 21, no. 2 (2023). https://doi.org/10.15408/ref.v21i2.31359.
Isnaini, Muhammad, Isran Bidin, Bambang Wahyu Susanto, and Ilham Hudi. “Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila Dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI / SDIT” 05, no. 04 (2023): 11539–46.
Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, Khairul Amin. “Penguatan Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau.” Journal on Education 04, no. 04 (2022): 1448–60.
Junaidi, Andisyah Putra, Asmarika, Wismanto, Rizka syafitri. “Pola Komunikasi Guru Dengan Peserta Didik Dalam” 4, no. 3 (n.d.): 1162–68.
Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, Wismanto. “Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Islam.” AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 2 (2021): 131–46. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183.
Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, Wismanto. “KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul” 11 (2022): 204–26.
Kusuma, Destiara. “Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah.” Jurnal Kewarganegaraan P-ISSN: 1978-0184 E-ISSN: 2723-2328 2 No. 2, no. 2 (2018): 34–40.
M. Ma’ruf. “Konsep Mewujudkan Keseimbangan Hidup Manusia Dalam Sistem Pendidikan Islam.” Jurnal Al-Makrifat 4, no. 2 (2019): 123–37.
Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, Wismanto. “IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN” 11, no. 2 (2022): 285–94.
Moh. Firdaus Mochammad; Haq, Azhar & Muslim. “Peranan Orang Tua Dalam Membentuk Krakter Anak Di Tpq Al-Amin Kebonagung Malang.” VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam 5 (2020): 114–19.
Muslim, Yusnimar Yusri, Syafaruddin, Mahyudin Syukri, and Wismanto. “Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius Di Era Disrupsi ( Studi Kasus Di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ).” Journal of Education 05, no. 03 (2023): 10192–204.
Najah, Zughrofiyatun, and Lisa Mei Lindasari. “Pendidikan Islam : Wajah Baru Menghadapi Tantangan Globalisasi.” Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai 2, no. 01 (2022): 9–18. https://doi.org/10.24967/esp.v2i01.1522.
Riska Syafitri, Miskun, Erfina, Rusli Ibrahim, Wismanto. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis ‘ Subsidi Silang ’ Pada SDIT Imam Asy-Syafii” 11, no. 2 (2022): 274–84.
Rizaq, Muhammad. “Family As Children’S First Education; the Role of Parents in the Development of Islamic Religious Education for Elementary School Age Children.” Al-Risalah 13, no. 1 (2022): 184–208. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v13i1.1785.
Rokhmah, D. “Ilmu Dalam Tinjauan Filsafat: Ontologi, Epistemologi, Dan Aksiologi.” Cendekia: Jurnal Studi Keislaman 7, no. 2 (2021): 172–86.
Roza, Yenita. “ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI PADA SEKOLAH DI KOTA PEKANBARU PROPINSI RIAU,” 2004, 1–7.
Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, Abunawas. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru” 4, no. 1 (n.d.): 1082–88.
Situmeang, I. R. V. O. “Hakikat Filsafat Ilmu Dan Pendidikan Dalam Kajian Filsafat Ilmu Pengetahuan.” IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora 5, no. 1 (2021): 76–92.
Susanto, Bambang Wahyu, and Atiqah Zhafirah Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Berkomunikasi Peserta Didik” 12 (2023): 327–37.
Syam, Rahma. “RELEVANSINYA BAGI PENDIDIKAN ISLAM ( Studi Tafsir Al-Misbah Karya M Quraish Shihab ) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM RELEVANSINYA BAGI PENDIDIKAN ISLAM ( Studi Tafsir Al-Misbah Karya M Quraish Shihab ),” 2022.
Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, Khairul Amin. Rafifah Qanita. “Manajemen Kepala Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Religius Pada Era Digital.” Jurnal on Education 6, no. 1 (2023): 13. https://doi.org/10.29210/146300.
Wismanto. “Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase,” n.d.
Wismanto, Munzir Hitami, and Abu Anwar. “Integrasi Islam Dan Sains Dalam Pengembangan Kurikulum Di UIN.” Jurnal Randai, 2021.
Copyright (c) 2023 Farhah Desrianty Gimri, Annisa Fitri Dewianti, Riska Rahmasari, Riski Rahmasari, Hadi Purwanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.