Implementasi Moderasi Beragama dalam Konsep Pendidikan Sulthan Syarif Kasim II

  • Yuhasnita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ellya Roza Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Moderasi Beragama, Pendidikan, Sultan Syarif Kasim II

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Moderasi Beragama Dalam Konsep Pendidikan Sultan Syarif Kasim II, bagaimana corak pendidikan Islam pada era Sultan Syarif Kasim II dan faktor apa saja yang mendukung pemikiran Sultan Syarif Kasim II tentang pengembangan pendidikan di Siak Sri Indrapura. Sultan Syarif Kasim II salah seorang Sultan yang memajukan pola pikir masyarakat Siak, dia memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi untuk mencerdaskan masyarakatnya dengan mendirikan sekolah serta memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi untuk disekolahkan keluar daerah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research) dengan metode pengumpulan data dokumentasi dan analisis isi. Hasil dari kajian ini menunjukkan Sultan Syarif Kasim II telah menerapkan moderasi beragama dibidang pendidikan yang mana ia tidak hanya mendirikan sekolah Agama namun ia juga mendirikan sekolah Umum. Ia telah mendirikan beberapa sekolah diantaranya H.I.S pada tahun 1915, Latifah Scholl pada tahun 1926, sedangkan Pendidikan Agama didirikan pada tahun 1917 yang bernama Taufiqiyah Al Hasyimiyah hanya buat laki-laki, pada tahun 1929 mendirikan Madrasah An-nisa untuk kaum wanita. Corak yang digunakan sudah modern dalam penerapan dan kurikulumnya seperti kurikulum dalam sistem penerapan di pesantren terkhusus bagi pendidikan Agama, sedangkan yang mendorong dari pemikiran Sultan dalam mengembangkan pendidikan di era Sultan ini yaitu Sultan menyatakan Suatu Saat Indonesia akan Merdeka maka Pendidikan harus dikelola dengan sebaik mungkin.

References

Abror, M., 2020, Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2)

Aly, Noer, Hery, 1999, Ilmu pendidikan Islam, Jakarta, PT. Logos Wacana Ilmu.

Anggito, Albi and Johan Setiawan, 2018, Metodologi Penelitian Kualitatif, ed. by Ella Deffi Lestari (Jawa Barat: CV Jejak, 2.

Arikunto, 2019, Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Arrafie Abduh, M, Ellya Roza, Sukma Erni, Pendidikan Di Kesultanan Siak: Kajian Naskah dan Arsip Siak Sri Indrapura, Riau, Jurnal UIN Suska Riau.

Azra, Azyumardi, 2020, Moderasi Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana.

Bungin, Burhan, 2007, Penelitian Kualitatif, Jakarta, Putra Grafika

Daulay, Putra, Haidar, 2009, Dinamika pendidikan Islam di Asia Tenggara, Jakarta, PT. Asdi Mahasatya

Galib, Wan, dkk, 2007, Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah Siak Sri Indrapura, Siak, Humas Setda Kab. Siak

GN-PPNK, Riwayat Hidup Singkat dan Perjuangan Almarhum Sultan Syarif Kasim II, Jakarta, Departemen Sosial, Rektorat Urusan Kepahlawanan Dan Perintis Kemerdekaan

Hafiz, Muhammad Hafiz, 2012, Tesis Implementasi Prinsip Pendidikan Islam SSK II Dalam Konteks Pendidikan Modern. UIN SUSKA, Pekanbaru

Hamzah, 2020, Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research), (Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Hartanto, 2020, “Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Software AutoCAD”, Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, Volume 6.

Jamil, Nizami O.K., dkk, 2011 Sejarah Kerajaan Siak, Pekanbaru, CV Sukabina Pekanbaru

Kementerian Agama RI, 2019, Moderasi Beragama, Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI

Luthfi, Mukhtar, dkk, 1999, Sejarah Riau, Pekanbaru: Unri Press

Moleong, 2017, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

MS, Soewardi, Prof. dkk., 2015, Sultan Syarif Kasim II, Pahlawan Nasional dari Riau, Pekanbaru, PT. Sutra Benta Perkasa

Nasution,S, 2001, Sejarah Pendidikan Indonesia, Jakarta: Cet.2, Bumi Aksara. Penelitian Wilaela, 2009, 2010

Rifa’i, Ahmad, 2009, Perjuangan 29 Ulama Besar Ranah Minang, Padang Panjang, Diniyah Research Centre (DRC) Perguruan Diniyah Puteri Padang Panjang.

Roza, Ellya, 2017, Sejarah Islam Riau, Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Saifuddin, Lukman Hakim, 2023, Moderasi Beragama; Tanggapan atas masalah, kesalahpahaman, tuduhan dan tantangan yang dihadapinya, Jakarta: Yayasan Saifuddin Zuhri.

Sari, Ifit Novita and Lilla Puji Lestari, 2022, Metode Penelitian Kualitatif, Malang: Unisma Press.

Saryono, 2013, Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

T, Mirzaqon dan Budi Purwoko, 2017, Sejarah Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing, Jurnal BK Unesa, Vol. 8, No.1

Website Dinas Sosial Provinsi Riau, https://dinsos.riau.go.id/web/index.php?option=com_content&view=article&id=418&Itemid=169

Wijaya, Kerta, 2007, Sejarah perjuangan 130 Pahlawan dan Tokoh pergerakan Nasional, Jakarta, Restu Agung

Wilaela, 2016, Potret Pendidikan Perempuan di Riau Sebelum Kemerdekaan, PT. Inti Prima Aksara, Sukoharjo

Yusuf, Ahmad, dkk, 2005, Sultan Syarif Kasim II Raja terakhir Kerajaan Siak Sri Indrapura, Pekanbaru

Zed, Mestika, 2017, Metode Penelitian Kepustakaan (Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Published
2023-12-31
How to Cite
Yuhasnita, Y., & Roza, E. (2023). Implementasi Moderasi Beragama dalam Konsep Pendidikan Sulthan Syarif Kasim II. Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman, 1(2), 91-107. https://doi.org/10.46781/baitul_hikmah.v1i2.883