Pengembangan Instrumen Untuk Mengukur Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Animasi Sebagai Media Pembelajaran

  • Ikrima Mailani Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Media, Audio Visual, Animasi, Pembelajaran

Abstract

Pertimbangan mengenai pengembangan alat ukur untuk mengevaluasi pemanfaatan media audio visual berbasis animasi sebagai alat pembelajaran di perguruan tinggi, khususnya di lingkungan Universitas Islam Kuantan Singingi, masih tergolong minim atau dapat dikatakan terbatas. Penelitian ini melibatkan survei terhadap 30 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Kuantan Singingi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner daring (Google Form) yang disebar melalui media sosial internal atau grup PAI. Analisis data menggunakan metode kuantitatif dengan bantuan SPSS versi 26.00 untuk Windows. Hasil studi ini menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan instrumen penggunaan media audio visual berbasis animasi sebagai alat pembelajaran dilakukan dengan menerapkan model pengembangan teori untuk menguji enam konstruk penelitian; 2) hasil uji validitas dan reliabilitas konstruk menunjukkan bahwa instrumen untuk penggunaan media audio visual berbasis animasi sebagai alat pembelajaran memenuhi kriteria validitas, terlihat dari nilai r-hitung > r-tabel (r-hitung > 0,361); dan 3) reliabilitas instrumen untuk penggunaan media audio visual berbasis animasi yang telah dikembangkan dalam penelitian ini juga mencapai kategori tinggi, sebagaimana tercermin dari koefisien reliabilitas Cronbach alpha sebesar 0,907. Kesimpulan ini mengindikasikan bahwa instrumen yang telah dirancang memenuhi persyaratan untuk digunakan dalam mengevaluasi pemanfaatan media audio visual berbasis animasi sebagai alat pembelajaran oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Kuantan Singingi.

References

A. Silalahi, "Penelitian dan pengembangan pengembangan bidang pendidikan/pembelajaran," dalam Seminar & Lokakarya PenelitianProgram Disertasi Doktoral Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan, 2017, no. Juli, hal. 1-13. doi: 10.13140/RG.2.2.13429.88803/1

D. Triana dan WO Oktavianto, "Relevansi Kualifikasi Kontraktor Teknik Sipil dengan Kualitas Pekerjaan Proyek Konstruksi di Provinsi Banten," Jurnal Fondasi , vol. 1, tidak. 1, hal. 182-190, 2013.

H. Ihsan, "Validitas isi alat ukur penelitian: Konsep dan pedoman penilaian," Pedagogi Jurnal Ilmu Pendidikan , vol. 13, tidak. 3, hal. 173, 2015. doi: 10.17509/pedagogia.v13i3.6004

Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. (Bandung: CV. Pustaka Setia. 2011).

J. Nunnally, "Studi tentang perubahan dalam penelitian evaluasi: Prinsipal tentang pengukuran, desain dan analisis eksperimental," BeverlyHills: Sage Publication , 1978.

Program SPSS merupakan singkatan dari Statistical Product and Service Solutions, yaitu sebuah program aplikasi di komputer yang memiliki kemampuan analisis statistik cukup tinggi serta sistem manajemen data pada lingkungan grafis.

Susiatin, "Meningkatkan kemampuan guru menyusun kisi-kisi soal dengan metode pendampingan pola 'ocf' di SDN Yanti Jogoroto," J.Din. Manaj. Pendidik , vol. 4, tidak. 1, hal. 17-24, 2019. doi: 10.26740 / jdmp.v4n1.p17-24

Winarno, dkk. Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran. (Yogyakarta: Genius Prima Media, 2009).

Y. Fahruna dan M. Fahmi, "Validitas dan Reliabilitas Konstruk Pengukuran Perpustakaan Ideal Berbasis Pemakai dengan Pendekatan LIBQUAL” J Edu & Learn, Vol. 15, Tidak. 1, Februari 2021: 119 - 126

Z. Arifin, "Instrumen Kriteria dalam Penelitian," Teori Jurnal (Matematika Penelitian Asli) , vol. 2, tidak. 1, hal. 28-36, 2017.

Published
2023-12-29
How to Cite
Mailani, I. (2023). Pengembangan Instrumen Untuk Mengukur Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Animasi Sebagai Media Pembelajaran. Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman, 1(2), 72-80. https://doi.org/10.46781/baitul_hikmah.v1i2.832