Sejarah Peradaban Islam: Pandangan Tokoh Pembaharu Islam Terhadap Hadis
Abstract
Penelitian ini mengkaji pandangan beragam tokoh pembaharu pendidikan Islam yang muncul dengan berbagai pandangan terhadap peran Hadis sebagai sumber hukum. Beberapa di antara mereka menegaskan keabsahan dan otentisitas Hadis sebagai landasan hukum yang tak terbantahkan. Sementara itu, ada yang berupaya mereformasi pemahaman terhadap Hadis dengan mengakomodasi konteks kekinian, tanpa mengurangi nilai otoritasnya. Keanekaragaman pandangan dan pendekatan dalam menanggapi tantangan dan perubahan zaman mencirikan periode ini, menciptakan sebuah dinamika yang menarik dalam pemahaman Islam modern. Metode penelitian ini adalah penelitian sejarah atau historical research yang fokus pada pandangan tokoh-tokoh pembaharu pendidikan terhadap Hadis. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Ali Pasya berkontribusi pada pengkodifikasian hadis, Al-Tahtawi menyoroti pentingnya kembali kepada ijtihad sebagai sarana untuk menghadapi perubahan zaman. Muhammad Abduh mengusung pendekatan kritis terhadap hadis, menekankan logika dan kejelasan informasi. Rasyid Ridha awalnya memiliki pandangan yang lebih selektif terhadap hadis, namun kemudian menjadi pembela hadis setelah mendalami lebih lanjut ilmu-ilmu hadis dan fiqih. Dan Sayyid Ahmad Khan memberikan penekanan pada kualitas hadis sebagai landasan dalam pandangannya terhadap mengikuti sunnah.
References
Abha;, Muhammad Makmun. Yang Membela Dan Yang Menggugat: Seri Pemikiran Tokoh Hadis Kontemporer. CSS Suka Press, 2012.
Ahmad, Lukman Kholil. “Peran Pemikiran Rifâʻah Râfiʻ Al-Ṯahṯâwî Dalam Modernisasi Pendidikan Islam Di Mesir 1831-1873 M.” Thesis, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019.
Ahmad, Samsul. “Peranan Muhammad Ali Pasha Dalam Perkembangan Islam Di Mesir.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2018.
Akmal, Akmal. “Sayyid Ahmad Khan Reformis Pendidikan Islam Di India.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 1, no. 1 (2 Juni 2015): 1–18. https://doi.org/10.24014/potensia.v1i1.1239.
’Ammārah, Muḥammad. Rā’id al-Tanwīr fī al-’Aṣr al-Ḥadīth Ta’līf. Kairo: Dar al-Syaruq, 2008.
Asari, Hasan. Sejarah Islam Modern: Agama Dalam Negosiasi Historis Sejak Abad XIX. Medan: Perdana, 2019.
———. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara: Memperkokoh Eksistensi Memperluas Kontribusi. Medan: Perdana, 2015.
Asmuni, H. M. Yusran. Pengantar studi pemikiran dan gerakan pembaharuan dalam dunia Islam. Cet. 3. Raja Grafindo Persada, 2001.
Din Muhammad, Zakariya. Sejarah Peradaban Islam. MALANG: CV. Intrans Publishing, 2018.
Gesink, Indira Falk. “Islamic Reformation: A History of Madrasa Reform and Legal Change in Egypt.” Comparative Education Review 50, no. 3 (2006): 325–45. https://doi.org/10.1086/503878.
Hading, Hading. “Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Hadis.” Shaut al Arabiyyah 4, no. 2 (2016): 29–42. https://doi.org/10.24252/saa.v4i2.1222.
Hasan, Ilyas, dan G.H.A Juynboll. Kontroversi Hadis di Mesir (1890-1960). Mizan, 1999.
Husna, Fadilatul, Fatimah Lubis, Sukma Wardani, dan Sri Al Fatia. “Periodisasi Dan Perkembangan Peradaban Islam Dan Ciri-Cirinya.” Journal on Education 5, no. 2 (14 Januari 2023): 2899–2907. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.939.
Irfan, Irfan. “Peranan Baitul Hikmah Dalam Menghantarkan Kejayaan Daulah Abbasiyah.” Jurnal As-Salam 1, no. 2 (2016): 139–55.
Ismail, M. Syuhudi. Pengantar Ilmu Hadits. Bandung: Angkasa, 1994.
Karim, Abdul. “Pergulatan Hadis di Era Modern.” Riwayah : Jurnal Studi Hadis 3, no. 2 (5 April 2019): 171. https://doi.org/10.21043/riwayah.v3i2.3720.
Muhtasib, Abdul Majid Abdussalam al-. Visi dan paradigma tafsir al-Qur’an kontemporer. Penerbit AL IZZAH, 1997.
Mursidin, Ida Ilmiah. “Ingkar Sunnah (Argumen Dan Tokohnya).” El-Mizzi : Jurnal Ilmu Hadis 1, no. 1 (1 Juni 2022): 1–21.
Nasution, Harun. Pembaharuan Dalam Islam : sejarah Pemikiran Dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang, 1991.
Nasution, Syamruddin. Sejarah Peradaban Islam. Pekanbaru: Yayasan Pusaka Riau, 2013.
Permata, Srianti, Hasaruddin Hasaruddin, Syamzan Syukur, Reynaldo Reynaldo, dan Abd Rizal. “Muhammad Ali Pasha Dan Ide Pembaharuannya Di Mesir.” Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir 8, no. 1 (5 Juli 2023): 43–56. https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v8i1.2156.
Rahmawati, Yuni, Tsania Filhil Masyhana, Muhammad Anif Muhandis, Masruroh, dan Fita Hariyanti. “Sejarah Pembaharuan Islam Indonesia Di Era Modern ‘Purifikasi Dan Moderniasi.’” Agama Islam, 9 Mei 2017. http://repository.unimus.ac.id/299/.
Sukirman, Sukirman. Pembaharuan Sayyid Ahmad Khan dalam Bidang Pendidikan. Disunting oleh Hery Setiyatna. Sokoharjo: Centre for Developing Academic Quality (CDAQ) STAIN Surakarta, 2009.
Tajuddin, Muhammad Saleh, dan Mohd Azizuddin Mohd Sani. “Dunia Islam Dalam Lintasan Sejarah Dan Realitasnya Di Era Kontemporer” 20 (2016).
Yuniarto, P. “Masalah Globalisasi Di Indonesia: Antara Kepentingan, Kebijakan, Dan Tantangan.” Jurnal Kajian Wilayah 5, no. 1 (2014). https://www.semanticscholar.org/paper/Masalah-Globalisasi-di-Indonesia%3A-Antara-Kebijakan%2C-Yuniarto/cc65d68b7452deaccb5bb41c539553447d1d9cd1.
Copyright (c) 2024 Firman Firman, Suci Amalia Yasti, Doni Saputra, Alfiah Rafika, Erasiah Erasiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.