Peluang dan Tantangan Digitalisasi Bagi Pendidikan Agama Islam
Abstract
Di zaman digitaliasi atau teknologi yang terus berkembang dengan cepat, pendidikan Islam menghadapi tantangan yang besar dan juga peluang menarik. Inovasi digital telah merubah sepenuhnya bidang pendidikan, mengubah metode pembelajaran, cara mengakses informasi, dan interaksi dengan lingkungan. Permasalahan yang dihadapi berhubungan dengan kesenjangan dalam aksesibilitas dan kesenjangan digital. terjangkau oleh akses internet. memiliki kemampuan yang cukup untuk mengakses infrastruktur teknologi. Hambatan dalam mencapai akses ini mungkin menghalangi kemungkinan penyebaran pendidikan Islam melalui media digital. Di samping itu, tekonologi sekarang juga berdampak terhadap kemampuan seseorang dalam memanfaatkan teknologi digital dalam konteks pendidikan Islam. Penelitian yang digunakan peneliti yaitu Libary Rised yaitu data dengan menganalisa dan membaca jurnal, buku yang berkaitan dan literatur lainnya. Dapat disimpulkan transformasi digitalisasi melibatkan perubahan pendidikan yang lebih baik melalui pemanfaatan teknologi dan data. Pelaku di dalam lingkungan pendidikan antara lain terdiri dari siswa, pengajar, pendidik, tenaga administrasi, lulusan, orang tua siswa, dan sebagainya. Saat persaingan di sektor pendidikan semakin ketat, maka penggunaan teknologi digital dalam dunia pendidikan menjadi sangat penting agar lembaga pendidikan dapat tetap lebih baik di zaman digitali
References
H.M. Arifin, “Ilmu Pendidikan Islam,” (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008)
James Barnes G, “Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan,” (Yogyakarta Hal. 286, 2019)
Jasa ungguh Muliawan, ”Ilmu Pendidikan Islam,” (Studi Kasus Terhadap Struktur Ilmu, Kurikulum, Metodologi dan Kelembagaan Pendidikan), (Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada, 2015)
Nur Uhbiyati, “Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Islam,” (Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra, 2013)
Sholeh, “Konsep Pendidikan Islam yang Ideal: Upaya Pembentukan Keperibadian Muslim. Al-Hikmah,” Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan (2016)
Triyanto, “Peluang Dan Tantangan Pendidikan Karakter Di Era Digital,” Jurnal Media Kajian Kewarganegaraan, Vol. 2, 175–184 (2020).
Verdinandus Lelu Ngongo, Taufiq Hidayat, dan Wiyanto, “Pendidikan di Era Digital,” Universitas PGRI Palembang, (2019).
Copyright (c) 2024 Bainar Bainar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.