Memperbaiki Lingkungan Sekolah

  • Meta Ratna Sari Pascasarjana IAI Diniyyah Pekanbaru
  • Lailan Rafiqah Pascasarjana IAI Diniyyah Pekanbaru
Keywords: Lingkungan Sekolah, Bentuk-Bentuk Sekolah, Institusi Sosial, Hukum-Hukum Kemasyarakatan

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengkaji perbincangan mengenai lingkungan sekolah, dengan mengurai pembahasan terkait lingkungan sekolah, bentuk-bentuk sekolah, sekolah sebagai institusi sosial dan hukum-hukum kemasyarakatan. Penelitian ini berupaya untuk mempelajari lebih jauh tentang bagaimana menjadikan sekolah lebih baik. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan sebagai metodologinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Lingkungan sekolah tidak hanya mencakup bangunan fisik tetapi juga non fisik yang terdapat pada tempat tersebut; (2) Tiga tingkat sekolah (dasar, menengah, dan tinggi) digunakan dalam mengkategorikan bentuk sekolah. Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibdidaiyah (MI) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang sederajat adalah dua format pendidikan dasar yang ditawarkan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMA), Madrasah Aliah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan sejenisnya merupakan bentuk-bentuk jenjang menengah. Universitas, akademi, politeknik, sekolah menengah atas, dan institut merupakan contoh jenjang pendidikan tinggi. Sementara Pendidikan sebelum Sekolah Dasar dikenal dengan sebutan Raudhatul Athfal (RA) atau Taman Kanak-Kanak (TK). Penyelenggaraan pendidikan formal bisa berupa pendidikan umum, kejuruan, akademik, profesi, kejuruan, agama, atau khusus, tergantung pada jenis sekolahnya; (3) Sekolah disebut sebagai institusi sosial karena sekolah merupakan sebuah lembaga tertruktur yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat; (4) Hukum kemasyarakatan berupa menaati pemimpin, berakhlak yang baik, memelihara kesejahteraan sosial dan memelihara sikap toleransi melalui berperilaku demoktratis, bersikap adil, simpati dan empati. Hukum kemayarakatan ini merupakan alat kontrol sosial, yang memandu perilaku individu untuk memenuhi norma-norma masyarakat.

References

Arif, Mohammad. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Nganjuk: IreSS PRESS.

Asis, Larasati Fitriani. 2023. “Konsep Keadilan Pendekatan Filsafat dan Hukum”. Jurnal Tarunalaw: Jurnal of Law and Syariah. Voume 1 No 2.

Atmaja, I Made Dharma. 2020. “Membangun Toleransi dalam Pendidikan Multikultural”. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksa. Vol 8 No 1.

Bahri, Saiful. 2023. Membumikan Pendidikan Akhlak, (Sumatra Barat: Mitra Cedikia Media, 2023), 2.

Bahri, Samsul. 2021. “Konsepsi Demokrasi menurut al-Quran”. Tafse; Jurnal of Qur’anic Studies. Vol 6 No 2.

Diswantika, Noviana dan Yusi Riska Yustiana. 2022. “Model Bimbingan dan Konseling Bermain Cognitive – Behavior Play Therapy untuk Mengembangkan Empati Mahasiswa” Jurnal Mahasiswa BK. Vol 8 No 8.

Dulkiah, Moh dan Sarbini. 2020. Sosiologi Pendidikan. Bandung: LP2M UIN SGD.

Efendi, Nur. 2017. Islamic Educational Sociology. Depok: Rumah Media.

Ermayanti. 2023. “Lembaga Pendidikan sebagai Suatu System Sosial”. Jurnal Bina Gogik. Vol 10 No 2.

Farkhani, Dkk. 2018. Filsafat Hukum Solo: Kafila Publishing.

Hardiyati, Mikyal. Dkk. 2023. “Analisis Kesejahteraan Sosial sebagai Disiplin Ilmu”. Jurnal ICODEV: Indonesian Comunity Development Journal. Vol 4 No 2.

Heldi. Dkk. 2021. “Demokrasi, Keadilan dan Utilitarianisme dalam Upaya Legitimasi Kekuasaan Birokrasi”. Dialektika; Jurnal Ilmu Sosial. Vol 19 No1.

Hidayat, Rahmat dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan; Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: LPPPI.

Hidayat, Rahmat. 2016. Ilmu Pendidikan Islam; Penentu Arah Pendidikan Islam Indonesia. Medan: LPPI.

KBBI.Kemdikbud.go.id

Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah.

Muliadi. 2020. Filsafat Umum. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Ningsih, Tutuk. 2020. Sosiologi Pendidikan. Banyumas: Rizquna.

Nurlaila. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Palembang: NoerFikri.

Pettatongi, Adawiyah. 2023. sosiologi Pendidikan. Jawa Barat: Adanu Abimata.

Rahmat, Abdul. Tt. Sosiologi Pendidikan. t.tp: Ideas Publishing.

Ratna Sari, Meta, and Lailan Rafiqah. “Studi Pendidikan Islam Di Filipina”. Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman 1, no. 1 (June 28, 2023): 61-71. Accessed June 25, 2024. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Baitul_Hikmah/article/view/754.

S, Samsinar. Dkk. 2023. Sosiologi Pendidikan Islam. Tulungagung: Akademia Pustaka.

Saleh, Khadir. Dkk. 2020. “Hukum dan Masyarakat dalam Perspektif Sosiologi Hukum”. Vol 1 No 2, 2020.

Saleh, Khadir. Dkk. 2020. “Hukum dan Masyarakat dalam Perspektif Sosiologi Hukum”. Vol 1 No 2.

Simarmata, Henry Thomas. 2017. Indonesia Zambrud Toleransi. Jakarta Selatan: PSIK Indonesia.

Solikin, Nur. 2019. Hukum, Masyarakat dan Penegakan Hukum”. Pasuruan: Qiara Media.

Surawardi. “Dasar-dasar Sosiologis Pendidikan Islam”, Jurnal Guidance and Counseling. Vol. 1 Issue 2.

Syafaruddin. 2016. Sosiologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zed, Mestika. 2017. Metode Penelitian Kepustakaa. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Published
2024-06-25
How to Cite
Ratna Sari, M., & Rafiqah, L. (2024). Memperbaiki Lingkungan Sekolah. Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman, 2(1), 42-56. https://doi.org/10.46781/baitul_hikmah.v2i1.1091