Perspektif Pendidik Berakhlakul Karimah Menurut Hafidz Hasan Al Mas’ud dalam Kitab Taisirul Kholak Fi Ilmi Akhlak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Cara pandang Pendidik Bermoral Karimah Menurut Hafidz Hasan Al Mas’ud dalam kitab Taisirul Kholak Fi Ilmi Akhlak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library study). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengedit, mengorganisasikan, dan mencari hasil data yang kemudian melakukan analisis lebih lanjut terhadap hasil pengorganisasian data dengan menganalisis isi untuk melakukan tinjauan pustaka terhadap konsep akhlak dalam kitab Taisirul Kholak karya Syaikh Hafidz Hasan Al-Mas'udi. Dalam konteks ini, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Reduksi data, penyajian data, dan menarik Kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah pendidik berakhlak karimah menurut Syaikh Hafidz Hasan Mas’udi yang berkaitan dengan kitab Taisirul Kholak Fi Ilmi Akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan karena pendidikan menjadi investasi yang memberi keuntungan sosial dan pribadi yang menjadikan bangsa bermartabat dan menjadikan individunya menjadi manusia yang memiliki derajat. Sebaliknya, pendidikan merupakan salah satu bagian terpenting dari pembangunan nasional karena pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa dengan tujuan mereka menjadi orang yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia. Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, pendidikan nasional bertanggung jawab untuk menumbuhkan kemampuan, watak, dan peradaban bangsa yang unggul. Tujuan pendidikan nasional adalah untuk menumbuhkan potensi orang-orang yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan. kuat, baik hati, dan sehat. Jadilah orang yang terpelajar, inovatif, mandiri, dan bertanggung jawab sebagai warga Negara.
References
Abadin Nata, Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia, (Jakarta: Raja Grafindo Perseda, 2014)
Abuddin Nata, Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat, (Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2021)
Buku Pedoman Penulisan Skripsi Revisi 2020 (Fakultas dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo, 2020)
Buku Pedoman Penulisan Skripsi Revisi 2020 (Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo, 2020)
Deden Makbuloh, Pendidikan islam Dan Sistem Penjaminan mutu (Jakarta: Rajawali. Pers, 2016)
Devi Arisanti, Implementasi Pendidikan Akhlak Mulia, (Pekanbaru: Jurnal Al-Thariqah, 2017)
Fakhriy, Majid, Etika Dalam Islam, terj. Zakiyuddin Baidhawy (Yongyakarts: Pustaka pelajar offset, 1996)
Hafidz Hasan Al-Mas’udi, Taisirul Khollaq. Terj. Msaid An-Nadwi, Bekal Berharga Untuk Menjadi anak Mulia, Bab Muqoddimah,3.
Howard Garnder, Multiple Intelligences, (Jakarta: Grasindo, 2004)
Meleong, L. J, Metode Penelitian Kualitatif, ( Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017)
Nuraisah, Pemikiran Taqi Misbah Yazdi Tentang Etika Islam Kontemporer, Teosofi, Vol.1 Juni, 2015
Rahmat Ilyas, Manusia sebagai Khalifah dalam Perspektif Islam, Jurnal Mawa’izh, Volume 1 Nomor 1 Tahun 2016
Rifai Abubakar, Pengantar Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2021), hlm 57 Soejono dan Abdurahman, Metode Penelitian suatu Pemikiran dan penerapan, (Jakarta/;Reneka Cipta, 1999)
Sudiyono, M, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009)
Sugiyono, Metode penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D), (Bandung:Alfabeta, 2014)
Thomas R. Hoerr, Dalam Menghargai Aneka Kecerdasan Anak, (Bandung: New City School, 2007)
Tim Redaksi Fokus Media, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional N0.20 Tahun 2003, (Bandung: Fokusmedia, 2003)
https://www. tafsirq.com/hadits-HR.Muslim.html
Copyright (c) 2024 Muhammad Amin, Syahri Ramadhan, Abdul Aziz Rahman HSB, Ika Imroatul Jamilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.