Pengaruh Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Melakukan Transaksi Pada Bank Mandiri Syariah KCP Siak

Pengaruh Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Melakukan Transaksi Pada Bank Mandiri Syariah KCP Siak

  • Septrimadona STAI Sulthan Syarif Hasyim Siak Sri Indrapura Riau
  • Dessi Lestari STAI Sulthan Syarif Hasyim Siak Sri Indrapura Riau
  • Irwan Tutrisno Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru
Keywords: Mobile Banking, Kepuasan Nasabah, Transaksi, Bank Mandiri Syariah

Abstract

Penelitiam ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan melakukan survey kepada nasabah di Bank Mandiri Syariah KCP Siak mengenai Pengaruh Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Melakukan Transaksi. Untuk membuktikan dan menganalisis penelitian tersebut, maka digunakan analisis regresi linier berganda dengan uji f dan uji t. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 nasabah, penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling bagi nasabah yang menggunakan Mobile Banking.

Teknik pengumpulan data dengan memberi kuesioner pada nasabah dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan variable X1, X2, X3dan X4 merupakan variable Independen (variabel bebas)sedangkan variable Y adalah variable dependen (terikat)dengan pengolahan data menggunakan regresi ganda.

Hasil analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 25 menunjukkan bahwa : (1) Kecepatan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (0,000 < 0,1) pengaruhnya sebesar 4,103, (2) keamanan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah (0,382 > 0,1) besarnya 0.878, (3) akurasi berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (0,000 < 0,1) signifikan sebesar 6.549, (4) kepercayaan signifikan terhadap kepuasan nasabah (0,002 < 0,1) dengan pengaruh negative (-) sebesar -3.173.

Ditinjau dari keempat unsur layanan Mobile Banking dengan menggunakan pengolahan SPSS 25 for windows yaitu: kecepatan, keamanan, akurasi  dan kepercayaan; maka dapat  disimpulkan bahwa pengaruh layanan Mobile Banking terhadap kepuasan nasabah di Bank Mandiri Syariah KCP Siak 51.5% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel penelitian.

References

Al Arif, Nur Rianto. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung :Alfabeta.
Al Qur’an dan Terjemahannya.1998. Semarang: Asy Syifa.
Anantadjaya, S. P., Nawangwulan, I. M., Candra, E., Widyaswati, R., & Choerudin, A. (2023). Pengaruh Financial Capabilities, Networking Terhadap Kinerja Usaha UMKM di Kota Sukabumi Melalui Intellectual Capital. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis dan Manajemen, 5(1), 16-32.
Antonio M Syafe’i. 2001.Bank Syariah dan Teori Kepraktek, Jakarta: Gema Insani Press.
Burhan, Bugin. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif.Jakarta: Kencana.
Candra, E. (2021). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Bank Syariah. Jurnal Ar-Ribhu, 4(1), 169-194.
Haryadi,Sarjono dan Winda Julianita.2011. SPSSVS LISREL sebuah pengantar, aplikasi untuk riset, Jakarta: Salemba empat.
Heri Sudarsono. 2005.Bank dan lembaga keuangan Syariah Deskripsi dan Ilustrasiedisi 3, Yogyakarta: Ekonisia.
Irwan.2004. Indonesia Custumer Statisfaction Jakarta:PT. Elex Media Komputindo.
Kasmir,2004 Pemasaran Bank, edisi pertama cetakan kedua, Jakarta : Kencana.
Maryanto Supriyono, Buku Pintar Perbankan, (Yogyakarta : Andi, 2011), hal 65
Nur Rianto Al Arif, Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah (Bandung:Alfabeta. 2010), hal. 211
Philip khotler, Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaandan Implementasidan Kontrol, Jilid 1 (Jakarta: Erlangga, 2001),
Rambat Lupiyoadi, ManajemenPemasaranJasa(Jakarta : Salemba Empat, 2001), h. 148.
Ratnawita, R., Aprila, B. N., Candra, E., & Kespandiar, T. (2023). The Influence of Service Quality, Customer Value and Customer Expectations on Customer Satisfaction of Commuter Line Train Services. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(2), 322-326.
Ratnawita, R., Aprila, B. N., Candra, E., & Kespandiar, T. (2023). The Influence of Service Quality, Customer Value and Customer Expectations on Customer Satisfaction of Commuter Line Train Services. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(2), 322-326.
Septrimadona, Y. (2023). Perilaku Konsumen Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Warga Komplek Perumahan Pemda Kelurahan Kampung Rempak Kecamatan Siak Kabupaten Siak). Al-Hasyimiyah: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(01).
Suharyat, Y., Risdwiyanto, A., Hertini, E. S., Candra, E., & Hadi, A. J. Pengenalan Produk UMKM Melalui Program Pendidikan dan Pelatihan untuk Masyarakat Sekitar.
Supriatna, D., Candra, E., Adinugroho, I., Nasution, M. A., & Yanti, N. (2023). Pengaruh Kinerja UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Sukabumi. Sanskara Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(02), 43-53.
Wardana, A., & Setyawan, R. (2022). Peran Dagang Untuk Mengentaskan Masalah Ekonomi Dalam Kacamata Islam. Jurnal Ar-Ribhu, 5(2), 403-412.
Yanti, N. (2021). Analisa Swot Terhadap Strategi Pengembangan Usaha Pada Raja Katering Pekanbaru Dan Ditinjau Dari Segi Bisnis Islam. Jurnal Ar-Ribhu, 4(2), 293-300.
Yessy Septrimadona, S. P. (2022). Implementasi Program Pemberdayaan Peternak Mustahik Melalui Balai Ternak Baznas Kabupaten Siak Tahun 2021. Al-Hasyimiyah: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2).
Yessy Septrimadona, S. P., & Nurul Aries Safitri, S. E. (2022). Transaksi Jual Beli Ampah Dengan Sistem Menabung Dalam Perspektif Islam (Studi Pada Bank Sampah Induk Pelangi Di Kelurahan Kampung Rempak Kecamatan Siak Kabupaten Siak). Al-Hasyimiyah: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 1-27.
Published
2022-12-23
How to Cite
Septrimadona, Y., Lestari, D., & Tutrisno, I. (2022). Pengaruh Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Melakukan Transaksi Pada Bank Mandiri Syariah KCP Siak. Jurnal Ar-Ribhu, 5(2), 423 - 445. https://doi.org/10.46781/ar-ribhu.v5i2.777