PENERAPAN PERMAINAN HALANG RINTANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5(KELOMPOK A) TAHUN DI TK HOM PIM PA

  • Siti Aulia Fauzia Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Fidrayani Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Nuraida Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Fitrian Deu Prameswary Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hasanah Ulfah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: Anak Usia Dini, Halang Rintang, Motorik Kasar

Abstract

Pendidikan anak usia dini sangat penting dan penting dan memerlukan perhatian segera. Perkembangan motorik kasar anak adalah komponen perkembangan yang sangat penting. Salah satu kegiatan yang meningkatkan kemampuan motorik kasar anak adalah rintangan. Anak-anak memperoleh perasaan keseimbangan melalui halangan atau halangan. Metode penelitian tindakan kelas adalah dasar dari penelitian ini. Studi ini dilakukan dari Oktober hingga November 2023.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aspek motorik kasar anak, seperti koordinasi gerak mata dan tubuh di TK HOM PIM PA, dan mengurangi kemungkinan terjatuh saat mereka berlari atau berjalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan motorik kasar anak meningkat sesuai dengan norma perkembangan. Pada hari pertama siklus I, terdapat 6 anak (43 persen) yang dapat melakukan gerakan motorik kasar secara terorganisir dan seimbang, dan pada hari kedua siklus I, 13 anak (93 persen) mulai berkembang pada tahap motorik kasar. Ada bukti bahwa perkembangan motorik kasar kelompok A2 di TK HOM PIM PA dapat ditingkatkan melalui permainan rintangan.

References

Arif, Ahmad Zaenal, and Siti Nurrochmah. 2021. “Study of Locomotor Movement Ability.” Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dan KesehatanProsiding Seminar Nasinoal “Peran Sport Science Pada Masa Pandemi Covid-19,” 27–40.

Audina, Syafura, and Panggung Sutapa. 2020. “Permainan Halang Rintang Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini Yang Mengalami Obesitas.” Jurnal Pendidikan Anak 6 (1): 30–37. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n1.20864.

Baan, Addriana Bulu, Hendriana Sri Rejeki, and Nurhayati. 2020. “Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini.” Jurnal Bungamputi 6 (0): 14–21.

Multahada, Asyruni, Pingky Melaty, Heni Apriyani, and Tris Andriani. 2022. “PRIMEARLY Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN KREATIF Pingky Melaty Tris Andriani.” Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini 5 (April): 11–21.

Muslihin, Heri Yusuf. 2020. “Bagaimana Mengajarkan Gerak Lokomotor Pada Anak Usia Dini?” Jurnal Paud Agapedia 2 (1): 76–88. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i1.24390.

Oktadinata, Alek, and Hendri Munar. 2019. “Sosialisasi Manfaat Keterampilan Motorik Kasar Terhadap Perkembangan Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor.” Cerdas Sifa Pendidikan 1 (2): 76–82.

Permana, Dhias Fajar Widya. 2013. “Perkembangan Keseimbangan Pada Anak Usia 7 s/d 12 Tahun Ditinjau Dari Jenis Kelamin.” Media Ilmu Keolahragaan Indonesia 3 (1): 25–29. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/miki/article/view/2657.

Rahayu, Suprapti. 2013. “Aktivitas Bermain Halang Rintang Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B Tk Salsabilah Surabaya.” PAUD Teratai 2 (1): 1–9.

Sari, Dewi Nilam. 2020. “An Analysis of the Impact of the Use of Gadget on Children’s Language and Social Development” 449 (Icece 2019): 201–4. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.041.

Udil, Patrisius Afrisno. 2021. “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Untuk Publikasi Pada Jurnal IIlmiah.” Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat 2 (1): 21–27. https://doi.org/10.47747/pengabdiankepadamasyarakat.v2i1.257.

Utari, Ella Ramadani Ritonga, Hariyanti, Lutfiah Aini, Wahyuni, and Khadijah. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Engklek.” CERDAS - Jurnal Pendidikan 1 (2): 52–60. https://doi.org/10.58794/cerdas.v1i2.208.

Published
2023-12-31
How to Cite
Siti Aulia Fauzia, Fidrayani, Nuraida, Fitrian Deu Prameswary, & Hasanah Ulfah. (2023). PENERAPAN PERMAINAN HALANG RINTANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5(KELOMPOK A) TAHUN DI TK HOM PIM PA. Al-Abyadh, 6(2), 88-95. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v6i2.877