MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PUZZLE HURUF DI TK KELURAHAN INDRA KASIH

  • Linda Fitria Rakhmadani Tanjung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Arlina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Sarah Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Fadillah Aini Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Keywords: Bahasa, Anak Usia Dini, Puzzle Huruf

Abstract

Penggunaan media puzzle huruf dalam mengembangkan bahasa anak bertujuan untuk membantu anak dalam mengingat serta menghafal huruf abjad yang hendak dikenalkan. Peneliti telah melakukan riset, yakni observasi di TK Kelurahan Indra Kasih mengenai media puzzle huruf sebagai media pembelajaran dalam perkembangan bahasa pada anak usia dini. Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi suatu individu dalam berbicara terhadap orang yang ada di sekitarnya. Pada usia 4-5 tahun, anak sudah dapat diajarkan untuk mengenal huruf. Media puzzle huruf membantu guru dalam memperkenalkan huruf kepada anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti secara kualitatif melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta instrumen formulir observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle huruf sebagai media pembelajaran dalam perkembangan bahasa anak diterima dengan baik di Taman Kanak-Kanak Kelurahan Indra Kasih dan dapat dikatakan sudah berjalan dengan baik. Media puzzle huruf ini sudah berfungsi dengan baik dalam mengembangkan aspek berbahasa pada anak, sehingga mereka dapat mengenal huruf dengan benar.

References

Afifah, Chandra Anita. (2021). Proses Perkembangan Bahasa pada Anak Usia 4-5 Tahun: Pendekatan Pemerolehan Semantik dan Fonetik Melalui Kegiatan Bercerita. Jurnal Pagi dan "Cerita Sehari-Hari" di TK Muslimat NU Masitoh 19 Annisa Jenggot. Jurnal Internasional Sekolah Dasar. Vol. 1 No. 1.

Amalia Suci. (2021). Pembuatan Media Puzzle untuk Membangun Kemampuan Mengenal Huruf Latin pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 4 No. 1.

Chandra, R.D.A. (2019). Pengaruh Media Puzzle terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka (1-10) pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Musa Indah, Desa Gumuksari, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jember, 1(1).

Handayani, A.W. et al. (2022). Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Ditinjau dari Aspek Fonetik dan Aspek Semantik. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Semarang, 5(1).

Khadijah, A. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Kholilulah et al. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan. Jambi, 10(1).

Linawati, N. & Raymond, W. (2018). Pemanfaatan Puzzle Huruf dalam Mendorong Minat Menabung Siswa Taman Kanak-Kanak. Surabaya.

Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ngura, E.T. (2022). Buku Cerita Bergambar: Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita dan Sosial Anak. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Purnamasari. (2022). Pengaruh Media Puzzle Huruf terhadap Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Al-Abyadh, 2(1).

Saripudin, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Ditinjau dari Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jawa Barat, 2(2).

Tridiastita, R. et al. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Huruf terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas II Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia. Jurnal Pendidikan Tambusai. Medan, 7(3).

Trimantara, H. (2019). Mengembangkan Bahasa pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).

Zahriani, K.N. (2022). Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Zubaidah, E. (2021). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini: Pendidikan Dasar dan Prasekolah. Yogyakarta.

Published
2023-12-31
How to Cite
Linda Fitria Rakhmadani Tanjung, Arlina, Sarah Ramadhani, & Fadillah Aini Nasution. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PUZZLE HURUF DI TK KELURAHAN INDRA KASIH . Al-Abyadh, 6(2), 96-105. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v6i2.873