PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PARTS TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ANGKASA LANUD PADANG

  • Nofita Rahmi Universitas Negeri Padang
  • Vivi Anggraini Universitas Negeri Padang
Keywords: Emosional, Media Loose Parts, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni guna mengetahui pengaruh media pembelajaran loose parts terhadap perkembangan emosional anak-anak di Taman Kanak-Kanak Angkasa Lanud Kota Padang. Stimulasi pengembangan emosional penting, yang dapat mempengaruhi perilaku anak. Oleh karenanya, penelitian ini dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif model nonequivalent control group design. Kelompok kontrol yang tidak setara. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa TK Angkasa Lanud Padang, yang berjumlah 20 siswa. Sampel penelitian yakni 10 siswa kelas B1 serta B2. Analisis data melibatkan penggunaan uji normalitas, homogenitas, serta hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen dengan media loose parts memperoleh nilai rata-rata 19,2, sedangkan kelas kontrol dengan media balok memperoleh nilai rata-rata 17,9. Kemudian, berdasarkan hasil uji-t, dapat disimpulkan nilai sig dua baris yakni 0,021 < 0,05. Dengan demikian, perkembangan emosional anak-anak di Taman Kanak-Kanak Angkasa Lanud Padang sangat dipengaruhi oleh media loose parts.

References

Agusniatih, A., dan Manopa, J.M. Keterampilan Sosial Anak Usia Dini : Teori dan Metode Pengembangan. Tasikmalaya : Edu Publisher

Karomah, Siti, Siti Masitoh, Sri Setyowati.(2023). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Loose Parts Terhadap Perkembangan Bahasa Dan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun di Gugus II Kecamatan Bandung Kabupaten Tulung Agung. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol 5(1). hal : 5328-5342

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University. Vol 3(1). hal :1-12 https://pdfs.semanticscholar.org

Nurfadilah, N., Nurmalina, N., & Amalia, R. (2020). Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Dengan Bahan Loose Part Pada Anak Usia 4-6 Tahun di Bangkinang Kota. Journal on Teacher Education. Vol 2(1). hal : 224–230. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1193

Rahayu, S. (2017). Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini (1st ed., pp.1-173) Kalimedia

Siantajani, Yuliati. (2020). Loose Parts Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang : PT Sarang Seratus Angkasa

Siregar, S.2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara

Srinahyati. 2022. Pemanfaatan Loose Parts Pada Anak Usia Dini. Jurnal Guru Kita. Vol 6 (3).hal :193

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfa Beta

Syafril. 2010. Statistika. Padang : Sukabina Press

Tatminingsih, S. (2016). “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Sosial Emosional Anak (Studi di TK Islam Fithria Jakarta Selatan)”. Disertasi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta

Yaswinda, Yulsyofriend, dan Sari (2021). Analisis Pengembangan Kognitif dan Emosional Anak Kelompok Bermain Berbasis Kawasan Pesisir Pantai. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5(2). hal : 996–1008. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.711

Published
2023-12-31
How to Cite
Nofita Rahmi, & Vivi Anggraini. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PARTS TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ANGKASA LANUD PADANG. Al-Abyadh, 6(2), 74-80. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v6i2.774