PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PARTS TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ANGKASA LANUD PADANG
Abstract
Tujuan penelitian ini yakni guna mengetahui pengaruh media pembelajaran loose parts terhadap perkembangan emosional anak-anak di Taman Kanak-Kanak Angkasa Lanud Kota Padang. Stimulasi pengembangan emosional penting, yang dapat mempengaruhi perilaku anak. Oleh karenanya, penelitian ini dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif model nonequivalent control group design. Kelompok kontrol yang tidak setara. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa TK Angkasa Lanud Padang, yang berjumlah 20 siswa. Sampel penelitian yakni 10 siswa kelas B1 serta B2. Analisis data melibatkan penggunaan uji normalitas, homogenitas, serta hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen dengan media loose parts memperoleh nilai rata-rata 19,2, sedangkan kelas kontrol dengan media balok memperoleh nilai rata-rata 17,9. Kemudian, berdasarkan hasil uji-t, dapat disimpulkan nilai sig dua baris yakni 0,021 < 0,05. Dengan demikian, perkembangan emosional anak-anak di Taman Kanak-Kanak Angkasa Lanud Padang sangat dipengaruhi oleh media loose parts.
References
Agusniatih, A., dan Manopa, J.M. Keterampilan Sosial Anak Usia Dini : Teori dan Metode Pengembangan. Tasikmalaya : Edu Publisher
Karomah, Siti, Siti Masitoh, Sri Setyowati.(2023). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Loose Parts Terhadap Perkembangan Bahasa Dan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun di Gugus II Kecamatan Bandung Kabupaten Tulung Agung. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol 5(1). hal : 5328-5342
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University. Vol 3(1). hal :1-12 https://pdfs.semanticscholar.org
Nurfadilah, N., Nurmalina, N., & Amalia, R. (2020). Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Dengan Bahan Loose Part Pada Anak Usia 4-6 Tahun di Bangkinang Kota. Journal on Teacher Education. Vol 2(1). hal : 224–230. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1193
Rahayu, S. (2017). Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini (1st ed., pp.1-173) Kalimedia
Siantajani, Yuliati. (2020). Loose Parts Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang : PT Sarang Seratus Angkasa
Siregar, S.2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara
Srinahyati. 2022. Pemanfaatan Loose Parts Pada Anak Usia Dini. Jurnal Guru Kita. Vol 6 (3).hal :193
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfa Beta
Syafril. 2010. Statistika. Padang : Sukabina Press
Tatminingsih, S. (2016). “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Sosial Emosional Anak (Studi di TK Islam Fithria Jakarta Selatan)”. Disertasi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta
Yaswinda, Yulsyofriend, dan Sari (2021). Analisis Pengembangan Kognitif dan Emosional Anak Kelompok Bermain Berbasis Kawasan Pesisir Pantai. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5(2). hal : 996–1008. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.711
Copyright (c) 2023 Nofita Rahmi, Vivi Anggraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.