PEMBUATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) ROBOT PINTAR DENGAN MENGGUNAKAN BARANG BEKAS UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN
Abstract
Existence is a key in carrying out a lesson, in this case the lack of creativity of educators in making learning media is still an obstacle to providing educational game tools in the teaching and learning process. In increasing creativity between educators and parents of students, namely with this educational game tool. Training to process used goods is carried out to support the use of assistive devices. With the help of training on the benefits of using used goods, the aim is to be able to process goods around us and become teaching tools for children, educators, and parents of students. The utilization of unused goods is processed into goods that can be used and certainly useful. Early age is the most crucial period for stimulating brain development through learning with various toys. Educational toys as learning tools mean that toys have been produced and used in order to provide comfort in playing activities.
References
Arsana. Dkk. 2019. Alat Permainan Edukatif Dari Barang Bekas. Sidorejo: Indomedia Pustaka.
Astini Baik Nilawati, dkk. 2017. Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak, Volume 6, Edisi I.
Anindiya Cristiana. Pelatihan Perancangan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Bahan Bekas Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) SeSiwalankerto Surabaya. (Universitas diponogoro, semarang)
Baik Nilawati, dkk. 2019. “Alat Permainan Edukatif Berbasis Lingkungan Untuk Pembelajaran Saintifik Tema Lingkungan Bagi Guru Paud Korban Gempa”. Jurnal Pendidikan Anak. 8(1).
Badru Zaman, Pengembangan APE untuk TK, PGTK FPI Universitas Pendidikan Indonesia. (Diakses pada tanggal 23 April 2020).
Badruzzaman, (2012). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Untuk Anak Taman KanakKanak, Seminar dan Pelatihan Guru-Guru Taman KanakKanak (TK), Seminar Nasional Program Pendidikan Guru Taman KanakKanak (PGTK) Fakultas Ilmu Pendidikan. Hal. 8. Bandung: UniversitasPendidikan Indonesia.
Dian Anggraini, 2018. “Pengembangan Alat Permainan Edukatif Dengan Barang Bekas Untuk Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini di RA AL-HIDAYAH Kecamatan Kasui Kabupaten Waykanan”, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 22.
Dian, A. 2018. Pengembangan Alat Permainan Edukatif Dengan Barang Bekas Untuk Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini. Malang: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Hal. 87.
Elvina Saripane, (2018), “Implementasi Alat Permainan Edukatif Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di RA NURUL AMAL Kec. Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2018/2019”, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan, 2.
Hazdalina, S. 2017. Upaya Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Alat Permainan Edukatif (APE) Kardus. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Hijriati, H. (2017). Peranan dan Manfaat APE Untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 59-69.
Ika Budi Maryatun. (2017). “Pemanfaatan bahan bekas untuk membuat Alat Permainan Edukatif (APE) di PAUD” Jurnal Pesona PAUD, Vol.1. No. 1, h. 1
Kencono, D. S. & Winarsih, A. S. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Alat Peraga Edukasi Ramah Lingkungan Sekolah PAUD di Kota Yogyakarta. Pengabdianmu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 291-297. https://doi.org/10.33084/PENGABDIANMU.V613.2082
Lusi Marlisa, dkk. 2023. “Edukasi Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Robot Pintar Menggunakan Barang Bekas di TK ABA Iringmulyo Metro Timur”. Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat. 7(1). 99.
Muammar Qadafi. 2021. Pengembangan Alat Permainan Edukatif Untuk Pendidikan Anak Usia Dini . Sanabil.
Riya Agustina dan Ali Sunarso. 2018. “Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Peningkatan Kreativitas Pada Mata Pelajaran SBK”. Joyful Learning Journal. 7(3).
Rada Mawarnisa, (2020), “Model Permainan Edukasi Dari Bahan Bekas Kardus Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Anak PAUD Usia 5-6 Tahun”, Program Pascasarjana IAIN BENGKULU, 38.
Sekretariat Ditjen PLS. 2007. Pembuatan dan Penggunaan APE (Alat Permainan Edukatif) Anak Usia 3-5 Tahun. Jakarta. Depdiknas.
Sulastri, Y. L. Rahma, A., & Hakim, L. L. (2017). IbM Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Ramah Anak Bagi Guru Paud di Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 84-91. https://doi.org/10.33084/PENGABDIANMU.V613.2082
Sunanih. 2017. “Kemampuan Membaca Huruf Abjad Bagi Anak Usia Dini Bagian Dari Perkembangan Bahasa”. Early Childhood: Jurnal Pendidikan. 1(1).
Zaini, A. (2015). Bermain sebagai metode pembelajaran bagi anak usia dini. Jurnal Thufula, 3(3), 130-131
Copyright (c) 2023 Hana Shofia, Auliyatun Najah, Auli Nuril Arifah, Luthfatun Nisa’
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.