METODE PEMBELAJARAN OLAHRAGA RENANG DALAM MENINGKATKAN MOTORIK KASAR DI TK PGRI MERPATI BABAKAN PANGANDARAN

  • Jenal Abidin STIT NU Al-Farabi Pangandaran
  • Esa Eryani STIT NU Al-Farabi Pangandaran
  • Fitria Himatul Aliyah STIT NU Al-Farabi Pangandaran
  • Ila Mustakimah STIT NU Al-Farabi Pangandaran
  • Nuri Andiani Putri STIT NU Al-Farabi Pangandaran
Keywords: Metode Pembelajaran, Olahraga Renang, Motorik Kasar

Abstract

Usia dini merupakan masa formatif bagi anak. Perkembangan anak pada usia ini cukup mengagumkan. Sangat penting bagi anak untuk mendapatkan stimulasi dan dukungan yang tepat dari orang tua, keluarga, dan masyarakat agar perkembangannya berjalan sesuai dengan tugas yang harus dilakukan pada setiap usia. Seorang anak berkembang dalam berbagai cara, termasuk secara kognitif, emosional, sosial, bahasa, motorik, dan kreatif. Proses alami kedewasaan seorang anak mencakup perkembangan keterampilan motorik fisiknya, terutama keterampilan motorik kasarnya. Sangat mudah untuk melihat ciri-ciri perkembangan motorik kasar anak saat mereka berpartisipasi dalam olahraga dan aktivitas fisik lainnya. Baik faktor keturunan maupun lingkungan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak dengan caranya masing-masing yang unik. Penelitian dilakukan di PGRI Merpati Babakan Pangandaran dengan menggunakan berbagai metode, antara lain observasi partisipan dan wawancara mendalam. Hasil studi tersebut meyakinkan sebagai indikator kemajuan dalam domain perkembangan motorik kasar. Berdasarkan hasil penelitian, 12 siswa (52,2%) tergolong MB (Mulai Berkembang).

References

Arfan Akbar. (2014). “Olahraga Dalam Perspektif Hadis”, UIN Syarif Hidayatullah (Jakarta), h. 3-4

Arifin. (2021). “Pengembangan Gerak Dasar Renang Untuk Anak Sekolah Dasar”, Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, Jilid 1, Nomor 1, April 2021, h. 6

Awwalul, W.Q., & Syuhrotut. “Pengaruh Terapi Renang Pada Perkembangan Motorik Kasar Pada Bayi 0-12 Bulan”.

Ermawan Susanto. (2009). “Pembelajaran Akuatik Bagi Siswa Prasekolah”, (Universitas Negeri Semarang, Jurnal Ilmiah Pendidikan, Th. XXVIII, No. 3, November 2009, h. 3

Ermawan Susanto. (2010). “Pengembangan Tes Keterampilan Renang Anak Usia Prasekolah”, Jurnal Dari FIK UNY, Vol. 14 No 2

Ermawan Susanto. (2012). “Model Pembelajaran Akuatik Siswa Prasekolah, Journal Of Physical Education and Sport”, di akses dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes,h. 38

Febrianta, Y. (2016). Alternatif Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Dengan Aktivitas Akuiatik (Berenang). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 85-95.

Hapidoh, S. (2021). IMPLEMENTASI KEGIATAN RENANG DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI AR-RAUDAH PLAYGRUP AND KINDERGARTEN KOTA BANDAR LAMPUNG. (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Isna Pratiwi. (2015). “Sekolah Renang di Kota Semarang Dengan Penekanan Design Sustainable Architecture”, (Semarang: Universitas Semarang), Canopy, Vol. 4 (2), h. 3

Lutfi Nur, Anne Hafina, Nandang Rusmana & Rafdlal Saeful Bakhri. (2019). “Kemampuan Motorik Dasar Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik”, Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan Dikmas - Vol. 14 No. 2, Desember 2019, h. 134

Mohammad Syamsul Anam. (2017). “Pengembangkan Variasi Latihan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas dan Gaya Dada Melalui Video Compact Disk Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Renang Di SMP Negeri 8 Malang”, Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 1, Nomor 1, h. 75

Mohammad Syamsul Anam Tatok Sugiarto, Usman Wahyudi. (2016). “Pengembangkan Variasi Latihan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Dan Gaya Dada Melalui Video Compact Disk Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Renang Di SMP Negeri 8 Malang”, (Malang: Universitas Negeri Malang)

Nuha Nur Azizah, Ibid, h. 13

Nuha Nur Azizah. (2017). “Hubungan Kecepatan, Kelenturandan Daya Tahan VO2MAX Terhadap Prestasi Renang Gaya Bebas 50 Meter Pada Siswa Ektrakulikuler Renang SMK Negeri 2 Bandar Lampung”, (Bandar Lampung, Universitas Lampung), h. 14

Prawira, A. Y., Prabowo, E., & Febrianto, F. (2021). Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini: Literatur Review. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 300-308.

Rizky Okti Kurnia. (2016). “Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Motivasi Dengan Hasil Renang Gaya Dada 30 Meter Pada Siswa Putra Kelas XI SMA Negeri 16 Bandar Lampung”, (Bandar Lampung, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung), h. 7

Sumiyati, S. (2018). Metode Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 78-79.

Widiastuti, Fatin Hamamah, “Model Pembelajaran Renang (Fh) Bagi Siswa Prasekolah”, di akses dari https://Doi.Org/10.21009/Jpud.112.13, h. 361-362

Yeni Susilawati. (2015). “Pengaruh Pendekatan Bermain Terhadap Tingkat Anxiety Pada Siswa Kelas V SD Negeri Madusari 1 Prambanan Dalam Pembelajaran Renang”, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, h. 15

Published
2023-12-31
How to Cite
Jenal Abidin, Esa Eryani, Fitria Himatul Aliyah, Ila Mustakimah, & Nuri Andiani Putri. (2023). METODE PEMBELAJARAN OLAHRAGA RENANG DALAM MENINGKATKAN MOTORIK KASAR DI TK PGRI MERPATI BABAKAN PANGANDARAN. Al-Abyadh, 6(2), 63-73. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v6i2.698