ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA DALAM KELUARGA BROKEN HOME TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI
Abstract
Anak-anak tidak selalu terkena dampak negatif dari dampak keluarga broken home. Namun, sebagian besar anak sering memiliki pemikiran negatif, seperti: suka marah-marah, emosian, seolah-olah kesepian, dan selalu berpikiran untuk menyalahkan dirinya sendiri, merasa dihantui oleh rasa takut, dan mudah terpengaruh oleh lingkungan negatif, tapi sebagian dari mereka memiliki perilaku buruk karena hal itu tergantung pola asuh orang tua. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket tema penelitian Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang tua yang ada di Provinsi Jambi yaitu Guru TK Aldha Novita dan KB Putri Cipiring yang ada di Provinsi Jambi. Sampel terdiri dari 10 orang tua. Hasil pembahasan Pada pola asuh demokratis, Pada pernyataan pertama mengenai orang tua membebaskan anak memilih permainannya sendiri membuat anak mandiri, sebanyak (100%) responden menyatakan setuju. Pada pernyataan kedua mengenai berkomunikasi yang terbuka kepada anak membuat anak jujur dalam hal apapun, sebanyak (100%) responden menyatakan setuju.Pada pernyataan ketiga mengenai orang tua mendorong anak untuk bertanggung jawab atas pilihannya, sebanyak (100%) responden menyatakan setuju.Dari hasil analisi data dapat disimpulkan bahwa Responden paling banyak menerapkan pola asuh orang tua demokratis pada anak dalam keluarga broken hometerhadap perkembangan sosial emosional, pada pola asuh demokratis ini anak dapat bebas berpendapat, membuat keputusan dan menjalin hubungan yang baik serta terbuka kepada orang tua dan slalu menjaga agar hubungan kelurga tetap harmons antara orang tua dan anak.
References
(Mahendra et al., 2022)Mahendra, J. P., Rahayu, F., & Ningsih, B. S. (2022). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus Di Tk Sedesa Tegal Maja Lombok Utara). JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2), 562–566. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3824
(Ardilla and Cholid 2021)Ardilla, and Nurviyanti Cholid. 2021. “Pengaruh Broken Home Terhadap Anak.” Studia: Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa 6 (1): 1–14.
(Nuraeni and Lubis 2022)Nuraeni, Fitri, and Maesaroh Lubis. 2022. “Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 10 (1): 137–43. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.46054.
Arumsari, A. D. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. MOTORIC (Media of Teaching Oriented and Children), 4(2), 207–214.
Karya, B. (2022). keluarga broken home di kelurahan basirih kabupaten kotawaringin timur Jurnal Sociopolitico Jurnal Sociopolitico. 4, 80–91.
Margareta, T. S., & Jaya, M. P. S. J. (2020). Kekerasan pada Anak …. (Tri Sella, Melinda P.S Jaya). Wahana Didaktika, 18(2), 171–180.
Marhamah, A. A., & Fidesrinur, F. (2021). Gambaran Strategi Orang Tua Dalam Penanganan Fenomena Sibling Rivalry Pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1), 30. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.578
Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206
Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526
Sutriyanti, N. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Karakter Melalui Peran Orang Tua Dalam Keluarga. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(1), 14. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i1.57
Yapapalin, S., Wondal, R., & Alhadad, B. (2021). Kajian Tentang Pola Asuh Orangtua Terhadap Perilaku Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2111
(Burhanuddin and Thohiroh 2021)Burhanuddin, Hamam, and Muhaiminatut Thohiroh. 2021. “Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Broken Home (Studi Di Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro).” Journal of Psychology and Child Development 1 (2): 41–53. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/absorbent_mind.
(Arofah and Sumitra 2019)Arofah, Nopika Dwi, and Agus Sumitra. 2019. “Jurnal Ceria.” Jurnal Ceria 2 (2): 7–14.
(Riyanto et al. 2022)Riyanto, Pulung, Desy Christin Todingan, Hariani Fitrianti, Trinovianto GR Hallatu, Cristiana Normalita de Lima, and Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan. 2022. “Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak.” Universitas Musamus, Jl. Kamizaun Mopah Lama Merauke 4 (2): 153–63.
(Lestari 2022)Lestari, Sevi. 2022. “Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Perilaku Sosial Anak Usia Dini Dan Implikasinya Dalam Konseling.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4: 1349–58.
(Mahendra, Rahayu, and Ningsih 2022)Mahendra, Juandra Prisma, Fitriani Rahayu, and Baiq Suryati Ningsih. 2022. “Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus Di Tk Sedesa Tegal Maja Lombok Utara).” JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala 7 (2): 562–66. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3824.
(Nuraeni and Lubis 2022)Nuraeni, Fitri, and Maesaroh Lubis. 2022. “Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 10 (1): 137–43. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.46054.
(Ardilla and Cholid 2021)Ardilla, and Nurviyanti Cholid. 2021. “Pengaruh Broken Home Terhadap Anak.” Studia: Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa 6 (1): 1–14.
(Citra Dirna 2012)Citra Dirna, Fidyah. 2012. “Meningkatkan Ketahanan Duduk Siswa Hiperaktif Melalui Media Mozaik.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus 1 (September): 320–31.
(Puspita, Hadi, and Si, n.d.)Puspita, Santi, Poerwanti Hadi, and M Si. n.d. “1 Pola Asuh Keluarga,” 1–20.
Copyright (c) 2024 Al-Abyadh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.