PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN OTAK ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN DI KOTA JAMBI

  • Masyunita Siregar Universitas Jambi
  • Devit Fajarwati Universitas Jambi
  • Mutiara Maeisa Putri Universitas Jambi
  • Arda Surya Reida Savitri Universitas Jambi
  • Shisilia Putri Ayu Ningsih Universitas Jambi
Keywords: Persepsi, Otak Anak, Bermain

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi orang tua terhadap perkembangan otak anak melalui kegiatan bermain di kota Jambi. Metode penelitian termasuk penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan kuesioner. Penelitian ini menunjukan hasil berupa pemahaman orang tua terhadap perkembangan otak anak melalui kegiatan bermain di kota Jambi tergolong baik, dimana orang tua sudah memahami konsep bermain sebagai stimulasi perkembangan otak anak. Pengaruh baik berupa Pemahaman orang tua terhadap aktivitas bermain anak usia dini pada umumnya sudah cukup baik, hal ini terlihat dari tingkat kesadaran orang tua terhadap urgensi penting bermain, faktor yang mempengaruhi bermain, dan jenis-jenis bermain. Hal ini terlihat dari hasil pengisian kuesioner yang diisi oleh orang tua secara langsung. Dimana persepsi atau kinerja pengetahuan orang tua tentang bermain dapat menstimulasi perkembangan otak anak mendapatkan hasil yang baik.

References

Ardiyanto, A. (n.d.). Penggunaan Media Audio Visual Gdodpp0hqlqjndwndqq«« Alfikri Sastra Wiguna Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. 35–39.

Budiwaluyo, H., & Muhid, A. (2021). Manfaat Bermain Papercraft dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Pada Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 76–93.

Bustan, R., Nurfadilah, N., & Fitria, N. (2017). Pelatihan Optimalisai Tumbuh Kembang Anak pada Orangtua Anak Usia Dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 3(3), 274.

Djuwita, W. (2018). Urgensi Bermain Sebagai Stimulasi Perkembangan Otak dan Solusi Mengatasi Kekerasan (Child Abuse) dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Qawwam, 12(1), 40–60.

Dylan Trotsek. (2017). Implementasi Pembelajaran Neurosains Dalam Menstimulasi Kemampuan Fisik Motorik Anak Di Ra Insan Kamil Sidoarjo Trisnanto. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699.

Eminita, V., & Astriyani, A. (2018). Persepsi Orang Tua Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 1.

Fabiana Meijon Fadul. (2019). Psikologi Bermain Anak Usia Dini Dalam Menstimulasi Perkembangan Otak Received. 02(September), 68–83.

Halimah, L. (2016). Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. 1(1), 39–43.

Januari, B., & Februari, B. (2023). Social Humaniora Perkembangan Otak Anak Usia Dini Dan Dampaknya Pada Social Humaniora. 7(1), 302–311.

Melchionda, F., Oncology, P., Spreafico, F., Unit, P. O., Hemato-oncology, P., Ciceri, S., Unit, G. T., Medicine, P., Lima, M., Unit, P. S., Collini, P., Pession, A., Massimino, M., Radice, P., & Perotti, D. (2013). Letter To The Editor A Novel WT1 Mutation in Familial Wilms Tumor. Pediatric Blood & Cancer, February, 1388–1389.

Miguel, P. M., Pereira, L. O., Silveira, P. P., & Meaney, M. J. (2019). Early environmental influences on the development of children’s brain structure and function. Developmental Medicine and Child Neurology, 61(10), 1127–1133.

Paridawati, I., Daulay, M. I., & Amalia, R. (2021). Persepsi Orangtua Terhadap Penggunaan Smartphone pada Anak Usia Dini di Desa Indrasakti Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Journal Of Teacher Education, 2(2), 28–34.

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179.

Wardani, I. (2016). Pengaruh Pemberian Stimulasi Perkembangan Pada Aspek Sosialisasi Dan Kemandirian Terhadap Status Perkembangan Anak Prasekolah Di Wilayah Kerja Puskesmas Pisangan. Http://Jurnal.Unej.Ac.Id/Index.Php/JPK/Article/View/500/371., 134. .

Wiranata, I. G. L. A. (2019). Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Parenting. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 48.

Yus, A., & Ray, D. (2017). “Persepsi Orang Tua dan Guru Tentang Bermain dan Belajar Anak Usia Dini.” Jurnal Tematik, 6(4), 1–9.

Published
2023-12-31
How to Cite
Masyunita Siregar, Devit Fajarwati, Mutiara Maeisa Putri, Arda Surya Reida Savitri, & Shisilia Putri Ayu Ningsih. (2023). PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN OTAK ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN DI KOTA JAMBI. Al-Abyadh, 6(2), 51-62. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v6i2.693

Most read articles by the same author(s)