PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA DINI

  • Nazmi Nailul Rahmi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tuti Hayati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Arif Nursihah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Metode Proyek, Berpikir Kritis, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis anak usia dini. Hal tersebut terlihat pada saat kegiatan pembelajaran di mana anak cenderung diam dan kurang merespon pada saat guru mengajukan pertanyaan, anak kurang berani dalam mengungkapkan ide ketika guru memberikan kesempatan, anak belum bisa memberikan alasan ketika memilih jawaban, serta anak kurang aktif dalam menyimpulkan kegiatan apa saja yang telah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek pada penelitian ini berjumlah 14 anak di kelompok B RA Yapinur Limbangan Garut. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yang berarti semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan metode proyek dibandingkan dengan penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia dini.

References

Alnggrealni, C. (2015). Peningkaltaln Kemalmpualn Berpikir Kritis Melallui Metode Eksperimen Berbalsis Lingkungal. Jurnall Pendidikaln Alnalk Usial Dini, 9(2), 343–361. https://www.neliti.com/id/publicaltions/117882/peningkaltaln-kemalmpualn-berpikir-kritis-melallui-metode-eksperimen-berbalsis-lingkungaln.

Depdiknals. (2014). Permendikbud No. 146 Talhun 2014. Jalkalrtal: Depdiknals.

Desmital. (2009). Psikologi perkembalngaln pesertal didik. Balndung: PT. Remaljal Rosdal Kalryal.

Moeslichaltoen. (2004). Metode Pengaljalraln Di Talmaln Kalnalk-Kalnalk. Jalkalrtal: Rinekal Ciptal.

Syalfri, F. (2013). Malrial Montessori, (Geralld Lee Gutek, ed.)., Metode Montessori . (Yogyalkalrtal:Pustalkal Pelaljalr, 2013). H.1-5.

Syalh, M. (2016). Psikologi Pendidikaln Dengaln Pendekaltaln Balru. Balndung: PT. Remaljal Rosdalkalryal.

Sugiono. (2016). Metode Penelitialn Kualntitaltif, Kuallitaltif daln R&D. Balndung: Allfalbetal.

Yunital, H., Meilalnie, S. M., & Falhrurrozi, F. (2019). Meningkaltkaln Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Salintifik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikaln Anak Usia Dini, 3(2), 425. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.228.

Published
2022-12-31
How to Cite
Rahmi, N. N., Tuti Hayati, & Arif Nursihah. (2022). PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA DINI. Al-Abyadh, 5(2), 75-80. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v5i2.604