ANALISIS MEDIA BERBAHAN DASAR RAMBUT JAGUNG UNTUK MENINGKATKAN PENGENALAN BILANGAN ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui media pembelajaran berbahan dasar jagung dalam meningkatkan pengenalan bilangan di usia 4-5 tahun. Media pembelajaran yang sering ditemui pada lembaga PAUD menggunakan media yang berupa gambar, poster, flashcard, dan sejenisnya untuk mengenalkan bilangan pada anak. Pemanfaatan bahan alam pun kurang terlihat pada lembaga PAUD. Dengan adanya masalah tersebut peneliti ingin mengetahui secara lebih dalam mengenai media pembelajaran berbahan alam yang digunakan untuk pengenalan bilangan pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah para pendidik kelas TK A di PAUD Anna Husada Bangkalan. Tahapan penelitian ini dimulai dengan melakukan studi pendahuluan dengan melakukan observasi, melakukan wawancara kepada guru kelas, dan menganalisis data yang diperoleh.
References
Anggito, A., & Setiawan, J.
(2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Geon, A. F. B., Cahaya, I. M. E., & Prima,
E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Konsep Bilangan melalui Permainan Boling pada Anak Usia Dini Kelompok B1 di TK Wedha Lestari. MEDIA EDUKASI: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1).
Gulinda., Kurnia, Rita. (2018). Media
Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Publishing.
Roliana, E. (2018). Urgensi pengenalan
konsep bilangan pada anak usia dini. In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin, H. (2020). Pengembangan Media Permainan Mipons Daily untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 831.
Sartika, I. D. (2018). Peningkatan
Kemampuan Pengenalan Konsep Bilangan melalui Media Bulletin Board. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 16-32.
Sugiono, (2017). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umayah, U., Juhri, J., Muqdamien, B.,
Fauzia, W., & Qolbiyah, S. M. M. (2021). Penggunaan Balok Cuiseniare Untuk Media Pengenalan Bilangan Bagi Anak Usia Dini. Intersections, 6(1), 34-42.
Yuliandari, N., & Mahyuddin, N. (2020). Pengenalan Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini melalui Metode Montessori. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(2), 74-85.
Copyright (c) 2022 Annisa Ayu Sarah Shafura, Dwi Nurhayati Adhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.