PENGARUH METODE DEMONTRASI TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN SAINS
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan problem solving pada pembelajaran sains dengan menggunakan metode demonstrasi di kelompok B RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung. 2) Kemampuan problem solving pada pembelajaran sains dengan menggunakan metode eksplorasi lingkungan di kelompok B RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung. 3) Perbedaan kemampuan problem solving pada pembelajaran sains antara yang menggunakan metode demonstrasi dengan menggunakan metode eksplorasi lingkungan pada kelompok B di RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen, dengan subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen berjumlah 12 siswa dan kelas kontrol berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata (mean) kelas eksperimen dengan menggunakan metode demonstrasi yaitu 25,75, sedangkan nilai rata-rata (mean) kelas kontrol yang menggunakan metode eksplorasi lingkungan yaitu 25,17. Dengan kata lain, nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai rata-rata kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti Ha : :Terdapat perbedaan kemampuan problem solving pada pembelajaran sains antara yang menggunakan metode demonstrasi dengan yang menggunakan metode eksplorasi lingkungan pada kelompok B di RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung.
References
Anggung, dkk. Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pengenakan Sains untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal . diakses pada tanggal 23 Desember 2021 file:///C:/Users/Asus/AppData/Local/Temp/38-5762-1-SM.pdf
Arsyad, A. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2022.
Asikin, Rukiah. 1987. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Subproyek penulisan buku dan diktat
Aswan, S. B. (2010). Metode demonstrasi. Retrieved from https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/929/3/T1_292008203_BAB%20II.pdf
Dewi, F. L., Purwanti, & Astuti, I. (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Melalui Permainan Ular Tangga Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 4.
Djamarah. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineke Cipta.
Erdward, S & Hammer, M. 2007. Problem Based Learning in Early Chldhood and Primary Pre-service Teacher Education.
Frankenburg, W.K., & Thornton S.M. (1989). Denver developmental activities. Journal of Developmental & Behavioral Pediatrics. https://doi.org/10.1097/00004703-198902000-00005
Harismi, A. (2016, Agustus 16). Memahami Pengertian Anak Usia Dini dan Karakteristiknya. Retrieved April 11, 2022, from https://www.sehatq.com/artikel/memahami-pengertian-anak-usia-dini-dan-karakteristik
Copyright (c) 2022 Dela Delviana
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.