PENGARUH MEDIA PUZZLE HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN DI TK ISLAM HANIFA KARAWANG

  • Mita Dewi Purnamasari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Feronica Eka Putri Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Media Puzzle, Kemampuan Mengenal Huruf, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Puzzel Letters terhadap keterampilan pengenalan huruf siswa PAUD. TK Islam Hanifa Karawang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian eksperimen kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs dengan model One Group Pretest Posttest. Penelitian ini melibatkan 10 siswa, terdiri dari enam perempuan dan empat laki-laki. Penelitian ini menggunakan tes awal (pretest) untuk mengetahui kemampuan awal anak sebelum mendapatkan terapi (treatment) dengan pembelajaran memanfaatkan media puzzle, serta tes akhir (posttest) untuk menilai kemampuan akhir anak setelah diberikan perlakuan dengan media letter puzzle. Data tersebut kemudian dihitung dengan menggunakan metode analisis data deskriptif kuantitatif untuk menentukan dan mengkarakterisasi hasil dari data lapangan yang dikumpulkan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan Paired Samples T-Test diperoleh nilai signifikansi yaitu Thitung sebesar 6,885 > Ttabel sebesar 2,262 dengan sig. (0,000) (0,05), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara pretest dan posttest, sehingga dapat disimpulkan bahwa media Puzzle Huruf berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini 4-5 tahun di TK Islam Hanifa Karawang.

References

Amalia Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Kampus JL H M Yasin Limpo No, Suci II, Sulawesi Selatan, and Dahlia II Patiung Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Kampus JL H M Yasin Limpo No. 2021. “Pengembangan Media Puzzle Untuk Menumbuhkan Kemampuan Mengenal Huruf Latin Anak Usia Dini.” NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education 4 (1): 53–65. https://doi.org/10.24252/NANANEKE.V4I1.21598.

Fitrianingsih, Rina, and Musdalifah. 2015. “Efektivitas Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Pembuatan Strapless Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Jambu.” Fashion and Fashion Education Journal 4 (1): 1–6.

Futihat, Siti, Eko Wahyu Wibowo, Imas Mastoah, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, and Uin Sultan Maulana Hasanuddin Banten. 2020. “Pengembangan Media Puzzle Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalm Membaca Permulaan.” Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar 7 (02): 135–48. https://doi.org/10.32678/IBTIDAI.V7I02.3683.

Martini Jamaris. 2010. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Yayasan Penamas Murni

Nurlaili, Nurlaili. 2018. “Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini.” Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education 2 (1): 229. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518.

Nurmala, Y., Nirmala, I., & Ekaputri, F. (2021). Peningkatan Keaksaraan Awal Pada Anak Kelompok B Melalui Media Giant Card Di PAUD Nurrohmah. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i2.9003

Nugroho Buhano Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian Dengan SPSS. Yogyakarta: Andi, hlm 73

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014

Pour, Agustina Novitasari, Lovy Herayanti, and Baiq Azmi Sukroyanti. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keaktifan Belajar Siswa.” Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika 2 (1): 36. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111.

Rahayuningsih, Sheila Septiana, Tritjahjo Danny Soesilo, and Mozes Kurniawan. 2019. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 9 (1): 11–18. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18.

Rahmadani, Fita, Dadan Suryana, and Sri Hartati. 2019. “Pengaruh Media Sand Paper Letter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Di TK Islam Budi Mulia Padang.” Jurnal Ilmiah Pesona PAUD 6 (1): 56–67. https://doi.org/10.24036/104545.

Rishantie, Shinta Anggraini, Sri Saparahayuningsih, Dan Yulidesni, and Srisaparahayu@yahoo Co Id Yulidesni. 2018. “Peningkatan Keterampilan Membaca Awal Melalui Metode Bermain Dengan Media Puzzle Kata Pada Kelompok B PAUD Istoqomah Selupu Rejang.” Jurnal Ilmiah Potensia 3 (1): 7–10. https://doi.org/10.33369/JIP.3.1.7-10.

Robingatin, Zulkiyah Ulfah. 2021. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, hlm 11.

Sari, N R, F Hayati, and H Harfiandi. 2021. “Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Kelompok a Di Tk Bungong Seleupok Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan 2 (1). https://www.jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/download/232/78.

Sujiono Nurani Yuliani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks, hlm 6

Susanto Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, hlm13

Vortuna, Dewi, Ratiyah, and Syafdaningsih. 2018. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B4 TK Negeri Pembina 1 Palembang Tahun Ajaran 2018/2019.” Jurnal Tumbuh Kembang 5 (2): 1–13.

Wiyani Novan Ardy. 2016. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media., hlm. 4

Published
2022-12-31
How to Cite
Purnamasari, M. D., Darmiyanti, A., & Putri, F. E. (2022). PENGARUH MEDIA PUZZLE HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN DI TK ISLAM HANIFA KARAWANG . Al-Abyadh, 5(2), 59-68. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v5i2.542