PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS APLIKASI FILMORA UNTUK PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI
Abstract
Dalam meningkatkan perkembangan SDM yang unggul maka diharapkan semua guru untuk selalu berupaya untuk maju dalam kegiatan pembelajaran terhadap anak didik karena dengan berbekal kualitas guru yang tinggi maka tujuan nasional pendidikan akan dapat dicapai. Salah satu upaya kompetensi yang diharapkan yaitu guru mempunyai kemampuan dalam IPTEK sehingga dalam melakukan kegiatan belajar mengajar guru dapat menggunakan media filmora dalam membuat flashcard yang mampu dimanfaatkan guna membilang teruntuk anak di usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu hasil dari penelitian tidak menggunakan angka akan tetapi diuraikan dengan kalimat. Penelitian ini dilakukan di TK Pertiwi VI dimana pada saat sebelum menggunakan flashcard anak masih kurang mampu dalam membilang, namun seiring perkembangan zaman dan kemampuan guru dalam menggunakan media digital khususnya filmora ternyata dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membilang dan mengenal lambang bilangan yaitu dari 12 anak didik yang menjadi subjek penelitiannya 9 anak sudah Berkembang Sangat Baik (BSB), 3 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH).
References
Ahmad, S. (2011). PerkembangannAnaknUsianDini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata BahasaInggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167–182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744.
Hasan, M. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Diva Press.
Kurniawan, D. E., Dzikri, A., Widyastuti, H., Sembiring, E., & Manurung, R. T. (2019). Smart mathematics : a kindergarten student learning media based on the drill and practice model. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1175/1/012037
Mansyur, U. (2018). Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.31227/osf.io/fyr8g
Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Pratiwi, E. (2019). Pembelajaran calistung bagi anak usia dini antara manfaat akademik dan resiko menghambat kecerdasan mental anak. Seminar Nasional Pendidikan 2015, 278–283.
Rahayu, S. L., & Fujiati. (2018). Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 341. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853694
Rahman, T., Sumardi, & Fuadatun, F. (2017, Juni 1). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Flashcard. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 118-128
Rejeki, H. I., Hidayah, R., Cendrawati, L., & Juwarti. (2018). Improving The Quality of Science Learning Through Mind Mapping Model with Flashcard. International Conference on Science and Education and Technology, 247. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/iset-18.2018.47
Rosalina, C. D., & Nugrahani, R. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-up Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini. Seling:Jurnal Program Studi PGRA, 5, 54–63.
Sari, D. P., Sofia, A., & Fatmawati, N. (2019). Pengenalan lambang bilangan anak usia dini melalui permainan tradisional. Jurnal.Fkip.Unila.Ac.Id/Index.Php/PAUD/Article/View/18495, 5(1), 124– 133.
Sujiono, Y. n. (2014). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Susanto, A. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Bumi Aksara
Susilana, R. dan Riyana,C. (2009). Media pembelajaran. Bandung : CV Wacanarima.
Sutaryono. (1999). Efektifitas Penggunaan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Universitas Negeri Yogyakarta
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional. Jakarta: BP. Cipta Jaya.
Copyright (c) 2022 Dewi Mahmudah, Erna Budiarti
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.