DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ANAK USIA 4-6 TAHUN DI PAUD YANG BERBASIS KELOMPOK
Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang sangat penting, dampak pandemi yang terjadi pada kita mengakibatkan lembaga TK tersebut mengalami penurunan dalam peningkatan siswa dan siswi yang mengakibatkan proses belajar mengajar tingkat usia 4-5 dan 5-6 tahun harus dilakukan secara bersamaan dalam satu kelas. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran bahwa dampak pendemi yang terjadi berdampak pada penerimaan siswa dan proses belajar guru ditingkat usia kelompok TK A dan TK B. Metodologi dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif diartikan sebagai penelitian yang meneliti kehidupan sosial dengan mengutamakan penekanan pada proses dan makna, dengan data yang berupa data deskriptif, jenis penelitian ini adalah alamiah atau apa adanya dari fenomena yang terjadi di lapangan. Terdapat tiga cara analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian menunjukan bahwa proses belajar mengajar ditingkat usia itu sangat terlihat dampak pada proses perkembangan anak dimasa Golden Age.
References
Basri, H. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini Yang Proporsional. Jurnal Ya Bunayya, 1(1), 29–45.
Huliyah, M. (2016). HAKIKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, 1(1), 60–71. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552
Kurniawan, A. (2019). Manajemen Kelas Pendidikan Anak Usia Dini (PAud) Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 78–94.
Mursid. (2017). Pengembangan Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Santosa, A. B. (2020). Potret Pendidikan di Tahun Pandemi : Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. CSIS Commentaries, 1–5.
Suyadi, M. U. (2017). Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Tanu, I. K. (2019). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Agar Dapat Tumbuh Dan Berkembang Sebagai Generasi Bangsa Harapan Di Masa Depan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 19–29. https://doi.org/10.25078/aw.v2i2.960
Basri, H. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini Yang Proporsional. Jurnal Ya Bunayya, 1(1), 29–45.
Huliyah, M. (2016). HAKIKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, 1(1), 60–71. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552
Kurniawan, A. (2019). Manajemen Kelas Pendidikan Anak Usia Dini (PAud) Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 78–94.
Mursid. (2017). Pengembangan Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Santosa, A. B. (2020). Potret Pendidikan di Tahun Pandemi : Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. CSIS Commentaries, 1–5.
Suyadi, M. U. (2017). Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Tanu, I. K. (2019). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Agar Dapat Tumbuh Dan Berkembang Sebagai Generasi Bangsa Harapan Di Masa Depan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 19–29. https://doi.org/10.25078/aw.v2i2.960
Agusta, I. (2003). Teknik pengumpulan dan analisis data kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27(10).
Basri, H. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini Yang Proporsional. Jurnal Ya Bunayya, 1(1), 29–45.
Huliyah, M. (2016). HAKIKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, 1(1), 60–71. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552
Kurniawan, A. (2019). Manajemen Kelas Pendidikan Anak Usia Dini (PAud) Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 78–94.
Mursid. (2017). Pengembangan Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Santosa, A. B. (2020). Potret Pendidikan di Tahun Pandemi : Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. CSIS Commentaries, 1–5.
Suyadi, M. U. (2017). Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Tanu, I. K. (2019). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Agar Dapat Tumbuh Dan Berkembang Sebagai Generasi Bangsa Harapan Di Masa Depan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 19–29. https://doi.org/10.25078/aw.v2i2.960
Tatminingsih, S., & Cintasih, I. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Depdiknas. 181–195
Copyright (c) 2022 Utia Virli Susanti, Titin Latifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.