IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI KETELADANAN DAN PEMBIASAAN

  • Ruliana Fajriati STAI Diniyah Pekanbaru
  • Yunita Prastiani UIN Suska Riau
Keywords: Nilai Karakter, Pembiasaan, Keteladanan

Abstract

Urgensi dari proses pendidikan adalah untuk membentuk karakter manusia. Pembentukan karakter tersebut dimulai sedini mungkin. Untuk itu diperlukan pendidikan karakter di pendidikan anak usia dini sebagai antisipasi arus globalisasi yang berdampak pada menurunnya perilaku menghormati nilai-nilai kemanusiaan. Metode dalam mengumpulkan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Pengolahan data dan analisis data dengan melakukan reduksi data kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Tujuannya ialah untuk menganalisa nilai-nilai karakter anak usia dini melalui keteladanan dan pembiasaan yang diimplementasikan di TK Islam Baitul Ihsan. Adapun hasilnya yaitu di kelas B3 TK Islam Baitul Ihsan terlihat 8 nilai karakter yang telah berkembang melalui metode keteladanan dan pembiasaan yaitu religius, jujur, bersahabat/komunikatif, disiplin, peduli lingkungan, tanggung jawab, mandiri dan rasa ingin tahu. Namun TK Islam Baitul Ihsan masih terus mengembangkan nilai-nilai karakter dengan berbagai metode lainnya sehingga dapat menyiapkan anak dalam menghadapi arus globalisasi.

References

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Hasbi, M., Donatirin, S., Wulan, S., Wahyuni, M., Murtiningsih, Novrani, A., & Widiyawati, E. (2021). Membangun Budi Pekerti Anak. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Hidayati, A. (2016). Desain Kurikulum Pendidikan Karakter. Kencana.

Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 29–33.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Badan Penelitin dan Pengembangan.

Kusumastuti, N. (2020). Implementasi Pilar-Pilar Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 04(2), 333–344.

Machfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahmah, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Melalui Metode Pembiasaan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, XIV(1), 54–67.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosdakarya.

Prasetyo, D., Marzuki, & Riyanti, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. Jurnal Harmony, 4(1), 19–32.

Ulwan, A. N. (n.d.). Pendidikan Anak dalam Islam. PT. Remaja Rosdakarya.

Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. Jurnal Pendidikan Asatiza, 1(April), 49–60.

Widyningsih, T. S., Zamroni, & Zuchdi, D. (2014). Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-nilai Karakter pada Siswa SMP dalam Perspektif Fenomenologis. Jurnal Pembangunan Pendidikan : Fondasi Dan Aplikasi, 2(2), 181–195

Published
2022-06-26
How to Cite
Fajriati, R., & Prastiani, Y. (2022). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI KETELADANAN DAN PEMBIASAAN. Al-Abyadh, 5(1), 9-14. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v5i1.466
Section
Articles