PERMAINAN TRADISIONAL KEKEAN : STRATEGI ALTERNATIF PERKEMBANGAN SOCIAL EMOSIONAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Endang Puspitasari Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Siti Labiba Kusna Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Keywords: Permainan Tradisional Kekean, Sosial Emosional, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah permainan kekean tradisional dapat digunakan untuk membantu perkembangan sosial emosional pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan di RA Ainul Huda, Desa Soko, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, dengan 20 orang anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Observasi dan dokumentasi adalah dua teknik pengumpulan data umum yang digunakan dalam penelitian. Tes Kolmogorov-Smirnov digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini merupakan dampak permainan kekean tradisional terhadap perkembangan sosial dan emosional anak usia 5-6 tahun. Hal ini terlihat dari peningkatan rekapitulasi sebesar 3,40 dari hasil pretest  sebesar 6,05 dan posttest sebesar 10,45 dan dibuktikan melalui uji hipotesis melalui uji wilcoxon dengan diperolehnya nilai sig = nilai thitung sebesar 17,573 > ttabel 2,101 sehingga hasil tersebut diputuskan untuk menolak H0.

References

Akbar, Reni-Hawadi. (2001). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Grasindo

Aisyah Fad. (2014). Kumpulan permainan anak Indonesia. Penebar Suwadaya Group. Jakarta.

Abdullah Irwan. (2008). Agama dan Kearifan Lokal dalam Tantangan Global. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Cahyaningsih. Sulistyo Dwi. (2011). Pertumbuhan Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta.

Elfiadi. (2016). Bermain dan Permainan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Itqan. VII (1), 51-60

Handayani, Sri. (2016). Menggapai Permainan Tradisional Anak Indonesia Dalam Perangkat Berbasis Android. The Messenger. Vol 8 (2). 61-67

M.fadlillah. (2017). Bermain dan permainan anak usia dini. Prenada Media Group. Jakarta.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. PT.Remaja Rosdakarya. Bandung.

Rahmawati Yeni. (2020). Perkembangan sosial emosional anak pada taman kanak kanak.

Ratnaningsih Tri. (2019). Buku Ajar (Teori dan Konsep) Tumbuh Kembang dan Stimulasi Bayi, Toddler, Pra Sekolah, Usia Sekolah dan Remaja. Indomedia Pustaka. Sidoarjo

Suci Hati Febrina. Prasetya Lestari. Pengaruh Pemberian Stimulasi pada Perkembangan Anak Usia 12-36 Bulan. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia.

Supriyono.Andreas. (2018). ,Permainan anak tradisional anak zaman dahulu. Kemendikbud.

Syamsuddin. (2000). Psikologi Pendidikan (Edisi Revisi). Remaja Rosda Karya.Bandung.

Yaumi Muhammad. (2014). Pendidikan karakter. Prenada Media Group Jakarta.

Yuliani (2008). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Ulya dkk (2014). Segala Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Permainan Tradisional jamuran pada Anak Kelompok B TK Kucup Sari Semarang. Jurnal Penelitian.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta

Published
2022-06-25
How to Cite
Puspitasari, E., & Kusna, S. L. (2022). PERMAINAN TRADISIONAL KEKEAN : STRATEGI ALTERNATIF PERKEMBANGAN SOCIAL EMOSIONAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Al-Abyadh, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v5i1.447
Section
Articles