PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEENAM ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI MEMAKAI MEDIA BALOK DI RA LUKMAN AL HAKIM LIDAH WETAN LAKARSANTRI SURABAYA
Abstract
Peran guru untuk mengembangkan keenam aspek perkembangan sangat penting. Guru dapat mengembangkan keenam aspek perkembangan dengan berbagai media dan guru juga harus memiliki gagasan baru agar anak dapat mengembangkan keenam aspek perkembangan. Media balok merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Bedasarkan hasil observasi kemampuan pemahaman pada anak ditandai dengan anak yang dapat memahami intruksi menata balok oleh gurunya. Kemampuan agama dan moral ditandai dengan anak melakukan doa sebelum dan setelah bermain balok. Aspek fisik motorik dilihat dari anak dapat mengerakkan jari tangan untuk menata balok, sedangkan untuk aspek sosial emosional dideteksi dari anak yang mau berbagi, mengantri dan meminjamkan permainan balok yang didepannya. Aspek bahasa anak dapat dilakukan dengan meminta anak bercerita tantang balok yang dimiliki dan yang terakhir adalah aspek seni yang bisa dinilai dari pola anak memberi warna dan menata balok yang ada.
References
Astuti Wili,“Bermain dan Teknik
Permainan”, Permainan balok
pengaruh perkembangan kognitif, vol 6, no 1.oktober, 2020.
Aswati Luluk,dkk. Pengelolaan kegiatan pengembangan anak usia dini, (Tanggerang selatan: universitas terbuka, 2019).
Bambang Sujiono,dkk.Metode Pengembangan Fisik. Tanggerang Selatan:Universitas Terbuka, 2019.
Maryatun, Ika Budi.”jurnal pendidikan anak”. Peran pendidik paud dalam membangun karakter anak. Volume 5, edisi 1, juni, 2016.
Muhammad Anwar H.M,menjadi guru profesional.Jakarta: Kencana.2018 googlebooks,1.https://www.google.co.id/books/edition/Menjadi_Guru_Profesional/4OZeDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1.
Susanto, Ahmad. Perkembangan anak usia dini. Jakarta:kencana, 2011.
Soetjiningsih, Cristiana Hari. Perkembangan anak sejak pembukaan sampai dengan kanak-kanak akhir. Jakarta: penada media group,2012.
Siti Aisyah,dkk.perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini.Tanggerang selatan:Universitas Terbuka,2014.
Dachlan, Malik. Perkembangan sosial emosional anak usia dini. Yogyakarta: Depublish,2019.
Pekerti, Widia,dkk. Metode pengembangan seni. Tanggerang selatan: universitas terbuka.2015
Permendikbud RI nomor 137 tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini.
Khasanah, Iswatul. Permainan tradisional sebagai aspek perkembangan anak usia dini. Volume 1, Nomor 1. 2011.
Wili astuti. “Bermain dan teknik permainan” permainan balok pengaruh perkembangan kognitif , vol 6, no 1, oktober 2020.
Copyright (c) 2021 Galuh Lailatul Mufridah, Siti Mufarochah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.