PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gawai terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan kuesioner dan bersifat kualitatif. Subjek penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 4-6 tahun. Dengan melihat bahwa tujuan utama pendidikan anak usia dini yaitu untuk memberikan perkembangan pada seluruh aspek dalam anak usia dini dengan memberikan stimulus-stimulus berupa kegiatan bermain yang menyenangkan dan mampu mengintegrasikan kemampuan anak usia dini secara optimal. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sebagain besar setuju bahwa dengan menggunakan gawai mampu membrikan perkembangan yang positif terhadap anak dalam memenuhi perkembangan bahasanya. Selain itu, dampak negative dari penggunaan gadget pun mampu menghambat sebagian anak dalam berbahasa. Hal serupa setuju bahwa gawai memberikan pengaruh yang baik dalam menemukan istilah baru dan melatih anak usia dini untuk berbicara secara langsung. Namun, adapun dampak negatifnya yang disetujui oleh sebagian besar responden yaitu anak mudah terdistraksi dalam lingkungan sosial karena penggunakan gawai.
References
Heryani, K. H. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Aktualita: Jurnal PenelitianSosial Keagamaan, 10(1), 75-94.
Isa, S., & Ramli, L. (2014). Factors influencing tourist visitation in marine tourism: lessons learned from FRI Aquarium Penang, Malaysia. International Journal of Culture, Tourism and Hospitality Research, h. 103-117.
Khamim Zarkasih Putro dan Suyadi, Bimbingan dan Konseling PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016, hal.126
Kuncoro, M., (2009), Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi, Edisi ke tiga, Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung : Rosdakarya
Otto, Beverly. 2015. Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.
Rihlah, J., Shari, D., & Anggraeni, A. R. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Bahasa Dan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(1), 45-55.
Sekaran, & Bougie. (2013). Research Methods for Business: A Skill Building Approach 6th Edition. United Kingdom: Wiley.
Sianturi, R. O., & Simanjuntak, J. DAMPAK GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-6 TAHUN DI TK. KARTIKA TEBING TINGGI. JURNAL TEMATIK, 10(3), 192-196
Sowmya, A. S. L., & Manjuvani, E. (2019). Usage of electronic gadgets and Language development of preschool children. International Journal of Home Science, 5(2), 420-423.
Wijaya, A. S., & Nugroho, N. (2021). Dampak Gawai Terhadap Perkembangan AnakUsia Pra Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(1), 103-114
Copyright (c) 2021 Puspita Melati, Esya Anesty Mashudi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.