PENGEMBANGAN MEDIA BUKU KEGIATAN TEMA SEMESTER SATU UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS AUD
Abstract
Tujuan penelitian yang saya lakukan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk pengembangan media buku kegiatan tema pada pembelajaran semester satu yakni dengan tema diriku, lingkunganku, kebutuhanku, binatang dan tanaman yaitu buku kegiatan berbahasa inggris yang didesain dengan inovasi gambar dan warna yang lebih menarik sehingga anak lebih tertarik untuk melihat dan memperlajarinya, buku ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris anak usia dini di RA As Shaffah Kota Bengkulu. Aadapun metode yang digunakan yakni search and development (R&D). pengembang dengan model pengembangan richey and klien pada level 1. Dengan mengunakan 7 langkah pengembangan antara lain (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain produk, (6) revisi produk dan (7) uji coba produk skala kecil. Penelitian ini mengunakan desain penelitian dengan jumlah 14 anak (satu kelas) untuk mengetahui bagaimana peningkatan bahasa inggris anak. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yakni mengunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh kesmipulan produk baru hasil pengembangan sudah layak digunakan karena berada dalam katagori “sangat baik” hal ini dibuktikan dengan penilain dari validator.
References
Adam Steffi Dkk. 2015. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Infoemasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam
Arumsari. Adini Dwi Dkk. 2017. “Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Kec Sukokilo Surabaya”, Jurnal Pg-PAUD Trunojoyo
Djamarah, Syaifu Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakatra : PT Reinika Cipta.
Dinda Chaira. 2017. Skripsi mengenbangkan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Media Audio Visual Di Taman Kanak-Kanak Asalam Bandar Lampung, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Dhieni Nurbiana. 2013. Metode Pengembangan Bahasa, Banten : Universitas Terbuka
Fatmawati, Suci Rani. 2015. Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik, Jurnal Lentera
Fakultas Tarbiyah Dan Tadrisninstitut Agama Islam Negeri Bengkulu, Pedoman Penulisan Skripsi, (Bengkulu : FTT IAIN BENGKULU)
Guslinda, Rita Kurna. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya : Jakad Publishing.
Harsela, febey, didik suryadi. 2012. Analisis kemampuan guru paud dalam pembuatan media pembelajaran dikecamatan jarai kabupaten lahat simatera selatan. Vol.4 no.2. universitas bengkulu. Jurnal alfitrah
Hj Asiyah Dkk. 2017. Pengembanagnmateru Ajar Audio Visual. Bengkulu : Vanda
Hamzah Amir. 2019. Metode Penelitian Dan Pengembangan Research And Development, Malang ; Literasi Nusantara
Khairani, Ade Irma. Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Anak Usai Dini, jurnal Politeknik Negeri Medan.
Khadijah. 2015. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan : Perdana Publish.
Miftah M, 2013. “Fungsi Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa”, Jurnal Kwangsa
Musbikin, Imam. 2010. Buku Pintar PUAD. Yogyakarta : Laksana.
Nurlela Lela. 2018. Skripsi Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Di Play Group Islam Bina Balita Way Halim Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/1018
Otto Beverly. 2015. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, Jakarta : Prenadamedia Grup
Purwati Agus. 2018. Pengembangan Buku Bergambar Sebagai Media gpemerolehan Bahasa Indonesia Anak Paud
Robingantin, ulfha Zakiyah. 2019. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Rahayu Sri. 2017. Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini.Yogyakarta : Kalimedia
Sa’adah Risa Nur, Wahyu. 20120. Metode Penelitian R&D (Reseach And Development). Malang : Literasi Nusantara
Siregagar Rahmah Ferdiani. 2017. Penerapan Buku Cerita Bergambar (Ig Book) Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Kelompok B Di Ra Nurul Iman Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai T.P 2017/2018
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : ALFABETA
Susanto Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta ; Bumi Aksara
Susanto Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspknya. Jakarta : Kencana
Suyadi, ulfha Maulidya. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung : PT Rosdayakrya.
Suyadi, 2004. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosaind. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Umam Muhammad Choerul. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Android Package Di Paud Permata Bunda Bawen 2016
Usman, Muhammad. 2015. Perkembangan bahasa dalam bermain dan permainan. Yogyakarta : CV budi utama.
Upton Penney. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga
Wiyani, Novan Ardy. 2016. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta : Gava Media.
Yus, Anita. 2011. Model pendidikan anak usia dini. Jakarta : kencana.
Yusuf Syamsu, Nani M.Sugandhi. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Raja Grafindo Persada
Zaman Banru, Cucu Eliyawati. 2010. Bahan Ajar Pendidikan Profesi Giri (PGG), (Skripsi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Fakultas Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesi
Copyright (c) 2021 Maya Rusalman, Deni Febrini, Fatrica Syafri
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.