POLA ASUH GRANDPARENTING DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK USIA 4-6 TAHUN
Abstract
Model pengasuhan yang dilakukan oleh kakek dan nenek disebut Grandparenting. Anak yang seharusnya menjadi tanggung jawab orang tua kemudian [engasuhan dialihkan kepada kakek dan nenek karena beberapa faktor antara lain orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaan, kondisi ekonomi yang tidak stabil, dan kurangnya kepercayaan pada orang asing yang bukan saudara. Di Kelurahan RT/007 RW/002, Dusun Besar, Kota Bengkulu terhadap 7 keluarga yang mewariskan pola asuh kepada kakek dan nenek. Jika diterapkan, bentuk pola asuh ini akan berdampak pada kepribadian anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan hasil di lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga cara yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil Model pengasuhan Grandparenting yaitu terdapat keluarga menerapkan pola asuh demokratis sebanyak 4 keluarga dan 3 lainnya menerapkan model permisif. Pada kepribadian anak terdapat 3 orang anak berkepribadian sanguin, 1 orang anak berkepribadian flegmatik, 1 orang anak berkepribadian kolerik dan anak berkepribadian asertif sebanyak 1 orang.
References
Adiwikarta, S. (2016). Sosiologi Pendidikan: Analisis Sosiologi Tentang Praksis Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Al-Tridhonanto, & Agency, B. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Gramedia.
Alwisol. (2017). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Ardiati, R. K. (2018). Peran orang tua dalam perkembangan kepribadian anak usia dini. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(3), 73–79.
https://doi.org/10.23916/08413011
Chairilsyah, D. (2012). Pembentukan Kepribadian Positif anak sejak usia dini. Educhild. Vol.01 No.1.
Dachlan, M. & Dkk. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Damayanti, H., Purwanti, P., & Lestari, S.
(2017). ANALISIS
PENYESUAIAN DIRI DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran
Khatulistiwa, 6(11).
https://jurnal.untan.ac.id/index.php/j pdpb/article/view/22729
Danim, S. (2010). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, S. B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasan, M. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Helmawati. (2015). Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kay, J. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kanisius.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Menteri Pendidikan. (2003). UndangUndang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Citra Umbara.
Mulyasa. (2017). Strategi Pembelajran PAUD. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:
Rineka Cipta.
Shochib, M. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Anak Mengembangkan Disiplin Diri.
Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyatin, W., Rafsyam, Y., & Febiana, N.
(2015). APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA INFORMASI
DALAM PENGENALAN
KEPRIBADIAN ANAK USIA
DINI. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa Dan Sosial, 11(3), Article 3.
https://doi.org/10.32497/orbith.v11i 3.325
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyadi, & Ulfah, M. (2015). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Umar, T., & Sulo, L. (2000). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Walgito, B. (1980). Pengantar Pisikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Copyright (c) 2021 Fitri Handayani, Asiyah, Septi Fitriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.