PENDIDIKAN ANAK BERKARAKTER

  • Tafsiruddin STAI Diniyah Pekanbaru
Keywords: Pendidikan Karakter, Anak

Abstract

Perlu pengembangan karakter anak, baik dalam pendidikan maupun dalam masyarakat secara keseluruhan. Mengingat kemerosotan moral anak-anak yang terus terjadi yang hampir membawa Negara pada kepunahan, maka sangat diperlukan pendidikan anak yang dapat menumbuhkan karakter bangsa Indonesia. Perilaku asusila tampaknya telah mengakar dalam kehidupan masyarakat mulai dari tingkat desa hingga pejabat senior. Perilaku menyimpang meningkat dan pertengkaran antara pelajar dan pemuda menjadi semakin merajalela. Semua hal tersebut menghilangkan rasa aman dan nyaman warga. Hal tersebutlah yang membuktikan bahwa moral generasi bangsa mengalami degradasi yang cukup serius. Disinilah pentingnya pendidikan karakter pada anak usia dini atau sebelum remaja. Kalau kita cermati terkait fakta yang terjadi pada remaja saat ini mereka mudah terpengaruh oleh kemajuan teknologi modern, tehnologi digital mudah mempengaruhi anak-anak didik, sekalipun anak didik itu masih usia dini, usia anak PIAUD atau usia TK yang berkisaran lima tahun sampai tujuh tahun. Maka sangatlah penting dan harus segera dimulai untuk menciptakan pendidikan karakter pada anak-anak ini sejak di bangku pendidikan PIAUD.

References

Abdul Majid. 2010. Pendidikan karakter Islami. Bandung: Insane Cita Utama.
Amiliya, Reni & Harun. 2019. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia 5-6 Tahun. Thesis. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Al-Qur’an dan Terjemah Kemenag RI.
Fadlullah. 2008. Orentasi Pendidikan Baru Islam. Jakarta: Diadit media.
Hasan Maimunah. 2010. Pendidikan Anak Usi Dini, Yogyakarta: Diva Pres
Lisyanti. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Jakarta: Erlangga.
Mahmud al-mishri. 2011. Ensiklopodia Akhlak Muhammad. Jakarta: Pena Pundi Aksara.
Maleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhamad Ali Hasyimi. 2011. Membentuk Pribadi Muslim Edial. Jakarta: Al-I’tishom.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Kota Bandung: Alfabeta.
Zubaidi. 2019. Pendidikan Karakter Berbasis Aswaja. Jepara: Amsilafi Bangsri.
Published
2021-06-30
How to Cite
Tafsiruddin, T. (2021). PENDIDIKAN ANAK BERKARAKTER. Al Abyadh, 4(1), 24-33. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/250
Section
Articles