EKSPLORASI KREATIVITAS ANAK USIA DINI BERBASIS BAHAN ALAM

  • Ruliana Fajriati IAI Diniyyah Pekanbaru
  • Melati UIN Suska Riau
  • Sailin Nikmah UIN Suska Riau
  • Wardani UIN Suska Riau
Keywords: Kreativitas Anak, Bahan Alam, Bermain Alami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan memahami bagaimana kreativitas anak usia dini berkembang ketika mereka bermain tanpa menggunakan mainan buatan pabrik, melainkan berinteraksi langsung dengan berbagai elemen yang tersedia di alam, seperti daun, batu dan ranting. Dalam konteks ini, kreativitas anak diamati melalui aktivitas bermain yang berlangsung secara spontan dan tidak terstruktur. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap perilaku dan interaksi anak selama bermain di lingkungan tertutup. Hasil observasi menunjukkan bahwa anak-anak mampu menciptakan berbagai bentuk permainan yang bersifat inovatif dan orisinal, memanfaatkan bahan-bahan alami secara imajinatif. Selain itu, aktivitas bermain tersebut mendorong anak untuk berinteraksi secara sosial dengan teman sebayanya, menunjukkan kemampuan kerja sama, komunikasi, serta ekspresi emosi yang positif. Proses bermain ini juga terbukti merangsang imajinasi dan rasa ingin tahu anak terhadap lingkungan alam sekitarnya, yang merupakan aspek penting dalam perkembangan kognitif dan sosial-emosional mereka.

References

Froebel, Friedrich. (2005). The Education of Man (W. N. Hailmann, Trans.). New York: Dover Publications. (Karya asli diterbitkan tahun 1887).

Hurlock, Elizabeth B. (1999). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga. Isjoni. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Mayesky, Mary. (2012). Creative Activities for Young Children. Boston: Cengage Learning. Montessori, Maria. (1967). The Discovery of the Child. New York: Ballantine Books.

NAEYC. (2009). Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through Age 8. Washington, DC: National Association for the Education of Young Children.

Noer Afilah, Ananda, dkk. (2025). Meningkatkan Kreativitas Anak Menggunakan Media Bahan Alam. Jurnal Pendiksar. Vol. 3. No. 1.

Rahmawati, S. (2020). Eksplorasi Kreativitas Anak Melalui Media Alamiah. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 45–54.

Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sheellyana Junaedi, Theresia Diah Widiastuti. (2020). Entreprenurship For Kids Melalui Pendampingan Kewirausahaan Berbasis Lingkungan Sebagai Sarana Penunjang Experiental Learning Pendidikan Dasar Anak Sejak Dini: JURNAL ABDIMAS PeKA Vol. 3 No.2 Tahun 2020

Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks. Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes.

Cambridge, MA: Harvard University Press.

Yuliani, Nurani. (2016). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Zulkifli, H., & Zainuddin, Z. (2021). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain di Alam Terbuka. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1234–1245.

Published
2025-06-29
How to Cite
Ruliana Fajriati, Melati, Sailin Nikmah, & Wardani. (2025). EKSPLORASI KREATIVITAS ANAK USIA DINI BERBASIS BAHAN ALAM. Al-Abyadh, 8(1), 30-36. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v8i1.1735
Section
Articles