MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR DI TK BUNAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui media kartu angka bergambar. Media merupakan sebuah alat yang digunakan oleh pengantar pesan (guru) kepada penenrima pesan (murid atau siswa) dalam proses pembelajaran dikelas, media memiliki berbagai macam jenis dan bentuknya ada media visual, audio dan audio visual yang semua media itu apabila dimanfaatkan secara maksimal akan mendapatkan ahsil yang maksimal pula. Terkait penelitian ini adalah media kartu bergambar merupakan media visual yang dikemas dalam bentuk kartu yang didalam kartu tersebut ada tulisan angka ataupun huruf, mediaini dirasa paling besar manfaatnya atau paling cocok digunakan untuk pembelajaran pada anak usia dini dalam meningkatkan kemampuan kognitifnya karena dalam pelaksanaannya anak terlibat langsung dalam pemanfaatan media tersebut. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah anak TK Bunaya lokal A dengan jumlah anak 15 orang anak 10 perempuan dan 5 anak laki-laki. Berdasarkan penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa penggunaan media kartu angka bergambar dapat meningatkan kemampua kognitif anak dalam memahami bilangan angka, lambang bilangan dan urutan angka. Dari hasil penelitian didapatkan kurang lebih 80% anak mengalami perkembangan kognitifnya melalui penggunaan media kartu angka bergambar ini.
References
Diane E. (2010). Human Development, Psikologi Perkembangan. Jakarta, Kencana.
Gredler, Margaret E. (2011) Learning and Instruction: Teori dan aplikasi. Jakarta; Kencana Perdana Media Grup
Iriani Indri Hapsari. (2016). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Indeks.
Muhammad Fadillah. (2014). Berman dan Permainan Anak. Jakarta: PT Indeks
Musfiroh, T. (2008). Cerdas melalui bermain. Jakarta: Grasindo.
Nurani. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini-Jakarta: PTIndeks
Nurlaela lsnawati. (2009). Pintar Berhitung Hanya Dalam 30 Hari (Cetakan ke-1) Jogjakarta: Garailmu
Primaningsih, N., Purwanti, P., & Halida, H. Penggunaan Media Kartu Angka Bergambar dalam Mengenal Konsep Bilangan Usia 5-6 Tahun di Tk (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).
Safaria, A. T. (2010). Mengembangkan Kecerdasan Anak: Meningkatkan Kemampuan IQ Anak agar Tumbuh Cerdas. Yogyakarta: Pohon Cahaya.
Srianis, K., Suarni, N. K., Ujianti, P. R., & Psi, S. (2014). Penerapan Metode Bermain Puzzle Geometri Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bentuk. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya