ANALISIS PENERAPAN PELAYANAN PENDIDIKAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI RUMOH TERAPI TABINA

  • Tria Meidiana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Hijriati Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Anggi Satifa Nasution Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Nurila Sumirda Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Keywords: Penerapan, Layanan Pendidikan, Anak Tunagrahita

Abstract

Anak tunagrahita adalah anak yang mengalami hambatan secara signifikan dalam aspek fisik, mental, intelektual, emosi, perilaku, dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan layanan pendidikan yang diberikan oleh terapis di Rumoh Terapi Tabina bagi anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam (in-depth interview). Wawancara dilakukan secara langsung dengan seorang terapis dan menggunakan pedoman wawancara semi terstruktur. Instrument penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dilengkapi dengan pedoman wawancara berisi daftar pertanyaan terbuka terkait penerapan pelayanan pendidikan untuk anak tunagrahita. Dengan teknik analisis data yaitu teknik analisis tematik yang melalui beberapa tahap yaitu mengorganisasi data, memahami dan membaca data yang diperoleh, kemudian memberikan kode penting dari data yang ditemukan dan dilanjutkan dengan menyimpulkan dan menyusun narasi hasil penelitian. Dan hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian di Rumoh Terapi Tabina yang dilakukan pada 08 maret 2025 mengenai layanan pendidikan yang diterapkan yaitu layanan pendidikan individual (Individualized Education Program/IEP) yang dirancang khusus sesuai kebutuhan masing-masing anak

References

Dwimarta, R. (2019). Rancangan IEP ( Individualized Educational Program ) bagi Anak Berkebutuhan Khusus pada Pendidikan Inklusif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November, 230–236. https://media.neliti.com/media/publications/171921-ID-rancangan-iep-individualized-educational.pdf

Faisah, S. N., Siregar, M. A., Firanda, Nandita, I., Mujahadah, Auliyah, A., Musdalifa, & Samsuddin, A. fFtrah. (2023). Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Belajar Mengenal Angka di SLB Bhakti Pertiwi Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 34–41. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2464

Fitrianingrum, R., Kartika, E., Rizkita, I., & Andriani, O. (2023). Pendekatan Layanan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni (JPVS), 2(1), 55–64. https://doi.org/10.52060/jpvs.v2i1.1756

Graces Maranata, Dina Rotua Sitanggang, Stefani Hagelara Pakpahan, & Emmi Silvia Herlina. (2023). Penanganan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, (Tuna Grahita). Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 87–94. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i2.222

Hananto, Y., & Lituhayu, D. (2018). Evaluasi Dampak Kebijakan Sistem Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif jenjang SMP di Kota Pekalongan. Journal of Public Policy and Management Review, 7(2), 4–7. https://jurnalcendekia.id/index.php/jipp/

Ilham Junaid. (2016). Analisis Data Kualitatif dalam Penelitian Pariwisata. Jurnal Kepariwisataan, 10(1), 59–74.

Inklusi, D. I. S. (2024). Strategi pembelajaran terhadap anak tunagrahita di sekolah inklusi. 8(6), 381–384.

Jannah, A. M., Setiyowati, A., Lathif, K. H., Devi, N. D., & Akhmad, F. (2021). Model Layanan Pendidikan Inklusif di Indonesia. Anwarul, 1(1), 121–136. https://doi.org/10.58578/anwarul.v1i1.51

Mardhiah, A. (2024). Tantangan Pelaksanaan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Negeri 7 Trienggadeng Pidie Jaya. Intelektualita, 13(1), 145–159. https://doi.org/10.22373/ji.v13i1.25170

Nuwa, A. A., Ngadha, C., Longa, V. M., Una, Y., & Wau, M. P. (2023). Mengenali Dan Memahami Karakteristik Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 191–202. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.2117

Prastika, A. D., Salsabila, S., Siregar, M. A., Narti, S., Amelia, A., Rahmadana, W., & Daulay, A. A. (2022). Strategi dan Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Pembelajaran Anak Tunagrahita di SLB Melati Aisyiyah Tembung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.

Rahmandhani, M. A., Rivadah, M., Al-Husna, Y. S., Alamanda, C., & Ridho, M. R. (2021). Karakteristik dan Model Bimbingan Pendidikan Islam Bagi ABK Tunagrahita. Masaliq, 1(3), 176–190. https://doi.org/10.58578/masaliq.v1i3.61

Saputri, M. A., Widianti, N., Lestari, S. A., & Hasanah, U. (2023). Ragam Anak Berkebutuhan Khusus. Childhood Education. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 38–53.

Supena, A. (2017). Model Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Tunagrahita Di Sekolah Dasar. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(2), 145–155. https://doi.org/10.21009/parameter.292.03

Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2024). Tantangan yang Dihadapi Guru dalam Pembelajaran Inklusif untuk Siswa Tunagrahita Kelas IV di SDN Alalak Tengah 2 Banjarmasin. 2184–2193.

Tarbiyah, D. F. (2019). 62-Article Text-174-1-10-20200603. Edukatif, V(2), 102–114.

Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Ummah, M. S. (2019). monograf individualized education program IEP bagi Anak Berkebutuhan Khusus. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392

Published
2025-06-29
How to Cite
Tria Meidiana, Hijriati, Anggi Satifa Nasution, & Nurila Sumirda. (2025). ANALISIS PENERAPAN PELAYANAN PENDIDIKAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI RUMOH TERAPI TABINA. Al-Abyadh, 8(1), 1-14. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v8i1.1616
Section
Articles