URGENSI MASA GOLDEN AGE BAGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
Abstract
Masa Golden Age sangat penting bagi perkembangan anak usia dini pada masa yang akan datang. Pada masa ini, anak usia dini haruslah mendapatkan stimulasi agar tumbuh kembang anak dapat berkembang secara optimal. Metode penelitian ini menggunakan literature review. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal terkait pentingnya masa Golden Age bagi anak usia dini yaitu bahwa 50% variabilitas kecerdasan orang dewasa sudah terjadi ketika anak berusia 4 tahun. Peningkatan 30% berikutnya terjadi pada usia 8 tahun, dan 20% sisanya pada pertengahan atau akhir dasawarsa kedua.
References
Gustiana Yuantini, Utia Virli Susanti, Anas Rangga Buana, Aniyawati, Nurul Maziyatul Hasanah. 2019. Filsafat Anak Usia Dini. Yogyakarta.
Isjoni. 2010. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mursid. 2017. Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musbikin, Imam. 2006. Mendidik Anak Kreatif Ala Einstein. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Prasetiawan, Ahmad Yusuf. 2019. “Perkembangan Golden Age Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 6(1):100–114. doi: 10.24042/terampil.v6i1.3829.
Rani Akbar, Hawadi. 2003. Psikologi Perkembangan Anak Mengenal Sifat, Bakat, Dan Kemampuan Anak. Jakarta: PT Grasindo.
Soemiarti Patmonodewo. 2008. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyadi, Maulidya Ulfah. 2017. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trenggonowati, Dyah Lintang, and Kulsum Kulsum. 2018. “Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus Di Kota Cilegon.” Journal Industrial Servicess 4(1):48–56. doi: 10.36055/jiss.v4i1.4088.
Willis, Paul. 2006. “The Golden Age.” On Record: Rock, Pop and the Written Word 35–45. doi: 10.4324/9780203993026
Copyright (c) 2024 Utia Virli Susanti, Reni Amiliya, Basori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.