POJOK BACA SEBAGAI LANGKAH AWAL MENUJU LITERASI YANG KUAT BAGI ANAK USIA DINI

  • Angel Laura Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Rabitah Hanum Hasibuan Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Kartika Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Selviyana
Keywords: Pojok baca, Anak Usia Dini, Literasi

Abstract

Pojok baca adalah upaya membangun kemampuan literasi yang kuat pada anak usia dini, khususnya pada usia 0-6 tahun. Pada masa kritis ini, kemampuan anak dalam membaca, menulis, berbicara, dan memahami informasi berkembang pesat. Pojok membaca dirancang untuk memberikan anak-anak akses terhadap buku-buku berkualitas tinggi yang akan merangsang minat membaca, memperkaya kosa kata dan mendukung pengembangan kemampuan berbahasa. Selain itu, pojok baca juga membantu mendorong interaksi sosial, kreativitas, dan keterampilan pengambilan keputusan anak. Dengan menciptakan lingkungan yang merangsang dan menyenangkan, pojok Baca bertujuan untuk mendorong kecintaan membaca yang berlanjut hingga dewasa dan berkontribusi terhadap pengembangan literasi di masa depan. Artikel ini menyoroti pentingnya lembaga pendidikan membangun dan memelihara pojok baca sebagai bagian integral dari proses pembelajaran anak.

References

Anggraini, E. S., & Batubara, L. F. (2021). Evaluasi pemenuhan standar minimal sarana dan prasarana pendidikan anak usia dini. Jurnal Usia Dini E-ISSN, 2502, 7239.

Aswat, H., Nurmaya, G., & Lely, A. (2020). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78.

Bu’ulolo, Y. (2021). Membangun budaya literasi di sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 16–23.

Hasibuan, R. H. (2022). Pemahaman Pola Asuh Positif Bagi Anak Usia Dini. Transformatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–12.

Hidayat, H., & Amaliah, O. (2022). Estetika pojok baca ruang kelas anak usia dini. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 23–37.

Machfud, M. S. (2022). Menumbuhkan minat baca anak usia dini melalui bimbingan belajar. Aflah Consilia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 55–63.

Nurmala, L., Nugraha, A. P., & Mulyono, N. (2024). Analisis Optimalisasi Pojok Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini: Studi Kasus Anak Usia 4-5 Tahun Di Kober Lil Aulad. Jurnal Intisabi, 2(1), 17–32.

Veryawan, J., Hasibuan, R. H., & Tursina, A. (2021). Implikasi Permainan Tebak Wajah terhadap Perkembangan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini. Al-Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 67–76.

Wahyuni, P., & Jamilah, F. (2023). Pendampingan Kegiatan Literasi Membaca Dan Penyediaan Pojok Baca Pada Anak-Anak Usia Dini Di Dusun Salam 1, Plumbon, Temon, Kulonprogo. Indonesian Journal Of Community Service, 3(4), 88–97.

Zati, V. D. A. (2018). Upaya untuk meningkatkan minat literasi anak usia dini. Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 18–21.

Published
2024-12-29
How to Cite
Angel Laura, Rabitah Hanum Hasibuan, Kartika, & Selviyana. (2024). POJOK BACA SEBAGAI LANGKAH AWAL MENUJU LITERASI YANG KUAT BAGI ANAK USIA DINI. Al-Abyadh, 7(2), 79-85. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v7i2.1251