STRATEGI PENATAAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAAN DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

  • Anisa Halimatus Sa'diyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Salsa Yuliana Ayunda
  • Annisa Nuris Sa’adah
  • Faiqotul Himmah Salisah
  • M. Bahri Musthofa
Keywords: Strategi, Lingkungan Belajar, Semangat Belajar, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi secara lebih mendalam strategi penataan lingkungan pembelajaran terhadap tingkat semangat belajar peserta didik. Penelitian dilakukan dengan cara kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Data diperoleh menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan TK Muslimat menerapkan strategi penataan lingkungan pembelajaran yang kreatif, variatif, dan berpusat pada menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan merangsang minat serta kreativitas peserta didik. Guru memiliki strategi yaitu dengan cara rutin mengubah suasana kelas agar peserta didik dan guru memiliki suasana yang tidak membosankan. Sehingga peserta didik mendapatkan suasana yang baru dan berbeda dari kelas yang biasanya

References

Ahyar, A., Karsela, K., Anggriyani, N., & Rafika, N. (2023). Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar di RA Al-Fazri. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 880–884. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i3.3049

Bunga, B. N., Koten, M. L. B., & Koten, A. N. (2019). Pengelolaan Lingkungan Kelas Sebagai Sarana Bermain Sambil Belajar Bagi Anak TK. Journal of Health and Behavioral Science, 1(4), 262–274. https://doi.org/10.35508/jhbs.v1i4.2109

Dörnyei, Z., & Muir, C. (2019). Creating a Motivating Classroom Environment. Springer International Handbooks of Education, Part F1628(November), 719–736. https://doi.org/10.1007/978-3-030-02899-2_36

Fadillah, M. (2017). Buku Ajar Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Kencana.

Jatmiko, C. D., Arafat, Y., & Wardiah, D. (2021). Managing Early Childhood Education. Proceedings of the International Conference on Education Universitas PGRI Palembang (INCoEPP 2021), 565(INCoEPP), 87–91. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210716.016

Karokaro, A. S., Sholeha, A., Rahayani, F., & Siregar, M. (2024). Persepsi guru terhadap penataan ruang kelas (indoor) untuk pembelajaran anak usia dini. Jurnal Program Studi PGRA, 10, 89–94.

M.Nasron. (2024). Konsep Pengelolaan Desain Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(2), 1–8.

Mania, S., Nurhasanah, N., Syam, N., Shermila, S., & K, F. (2018). Manajemen Desain Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini Di Pusat Tumbuh Kembang Anak Pendidikan Islam Anak Usia Dini Alauddin Makassar. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 44. https://doi.org/10.24252/nananeke.v1i1.6904

Nasution, I. N., & Syaf, A. (2018). Hubungan Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Abdurrab. Psychopolytan (Jurnal Psikologi), 1(2), 98–110.

Shafira, D., Armanila, A., & Siregar, I. K. (2022). Hubungan Interior Ruang Belajar dan Bermain Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood and Character Education, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.21580/joecce.v2i1.10261

Sri Hidayati. (2021). STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI.

Published
2024-12-29
How to Cite
Anisa Halimatus Sa’diyah, Salsa Yuliana Ayunda, Annisa Nuris Sa’adah, Faiqotul Himmah Salisah, & M. Bahri Musthofa. (2024). STRATEGI PENATAAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAAN DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Al-Abyadh, 7(2), 52-64. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v7i2.1078