MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL ANGKA MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA DI TK AL AMIN MUHAMMAD II TELUK PANDAN
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal angka melalui bermain kartu angka pada anak usia 5-6 tahun di TK Al Amin Muhammad II Kec. Teluk Pandan tahun Pembelajaran 2023/2024 yang berjumlah 13 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 8 anak perempuan dengan usia rata-rata 6 tahun. Pelaksanaan penelitian pembelajaran ini dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu Perencanaan (planning), Pelaksanaan (acting), Pengamatan (observing) dan Refleksi (reflecting). (Suharsini Arikunto, 2006). Kemampuan mengenal angka anak pada awalnya ditemukan rendah, rata-rata penguasaan 28% pada aspek mengenal angka seperti berhitung menyebutkan angka, serta meniru tulisan angka. Hal ini disebabkan tingkat minat dan konsentrasi anak yang rendah, kurangnya inovasi pembelajaran baik berupa media maupun metode yang digunakan. Setelah dilakukan tindakan siklus I melalui bermain kartu angka dengan tema alat komunikasi, penelitian menujukkan hasil belajar siswa meningkat menjadi 39%. Presentase tersebut mengalami kenaikan 11%. Presentase ini semakin naik sampai diadakannya tindakan siklus II yaitu 74%.
References
Dahlan, K. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan melalui Media Kartu Angka pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Edukasi Saintifik, 2(1), 9-18.
Fatimah, F. (2023). Analisis Faktor Penyebab Anak Usia Dini Mengalami Kesulitan dalam Berhitung di TK Siaga Muda Kec Percut Sei Tuan. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1-10.
Hartiyaningsih, D. O. (2023), Upaya Meningkatkan Perkembangan Kognitif Berpikir Simbolik Anak Kelompok A Melalui Metode Bermain Konstruktif di TK Aisyiyah Purwokerto Srengat Blitar. Ponorogo: Doctoral dissertation, IAIN.
Haslana, I., & Wirastania, A. (2017). Mengembangkan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui kartu angka pada taman kanak kanak kelompok A. Wahana, 69(2), 61-66.
Kardipah, Seipah. (2022). Tehnik Penulisan Karya Ilmiah, Tenggerang Selatan: Universitas Tebuka.
MARDIANTI, Y. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Perkembangan Kognitif Dan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Di Paud Cinta Bunda Desa Air Putih Kabupaten Bengkulu Tengah. Bengkulu: Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno.
Nurfitri, A., Octaverino, M. I. Y., Aisyi, N. S. R., Iskandar, S., & Rosmana, P. S. (2022). Meningkatkan Pengenalan Angka Melalui Media Kartu Angka Terhadap Anak Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 11-20.
Parwati, N. N., Parmiti, D. P., & Jampel, I. N. (2013). Penerapan pembelajaran picture and picture berbantuan media kartu angka bergambar dapat meningkatkan perkembangan kognitif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1).
Salihan, B. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka melalui Media Kartu Angka pada Kelompok A TK PGRI 09 Kotaraja Kecamatan Sikur. PANDAWA, 1(1), 40-57.
Sujiono, Yuliani Nurani., dkk (2022). Metode Pengembangan Kognitif PAUD4101. Tenggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Supiati, (2021). Penggunaan Media Balok Cuisenaire Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak. Makassar: Irawan Massie.
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya, Jakarta: Kencana.
Tatminingsih, Sri., dkk. (2023) Pandun Pemantapan Kemampuan Profesional (PAUD4501). Jakarta: Universitas Terbuka.
Copyright (c) 2024 Al-Abyadh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.