ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA DINI
Abstract
Perkembangan bahasa pada anak usia dini merupakan hal yang penting dan tidak boleh diabaikan. Bahasa memungkinkan anak dapat berkomunikasi, berinteraksi, serta bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh anak adalah menyimak. Menyimak merupakan keterampilan awal sebelum anak dapat berbicara, membaca, dan menulis. Anak yang memiliki keterampilan menyimak yang baik akan dapat mengoptimalkan proses belajarnya. Oleh karena itu, penting mengembangkan keterampilan menyimak anak. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan media yang menarik bagi anak, salah satunya adalah dengan menggunakan video animasi. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan analisis dasar kebutuhan untuk mengetahui kebutuhan di lapangan terkait video animasi untuk selanjutnya dijadikan landasan dalam pengembangan media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan desain ADDIE. Hasil penelitian didasarkan pada dua hal yaitu hasil studi lapangan dan studi literatur. Berdasarkan hasil studi lapangan diperoleh data terkait permasalahan keterampilan menyimak anak serta minimnya media yang khusus digunakan untuk mengembangkan keterampilan menyimak. Hasil studi literatur menunjukan bahwa keterampilan menyimak penting untuk dikembangkan melalui media yang menarik, salah satunya adalah dengan video animasi.
References
Ahmad, A. F. (2023). Pengembangan Video Animasi Berbasis Powtoon untuk Memfasilitasi Keaksaraan Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia.
Awahita, R. (2021). Media Pembelajaran. CV Jejak.
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233
Dewi, R. A., & Eliza, D. (2021). Analisis Kemampuan Bahasa pada Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Audio Visual. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 809–814. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.351
Hasriani. (2023). Terampil Menyimak (R. Fadhli (ed.)). Indonesia Emas Group.
Hendrayadi, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Mix Method Research. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran ( JRPP ), 6(4), 2402–2410. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21905
Juannita, E., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3300–3313. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198
Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1015
Krisdiana, Iriyanto, T., & Astuti, W. (2021). Pengembangan media pembelajaran smart book untuk menunjang aktivitas belajar anak usia 5-6 tahun. Jurnal Program Studi PGRA, 7(2), 123–141. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v7i2.829
Kristina, M., & Sari, R. N. (2021). Pengaruh edukasi stimulasi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Journal Of Dehasen Educational Review, 2(01), 1–5. https://doi.org/10.33258/jder.v2i01.1402
Luthfillah, N., Yusuf Muslihin, H., & Rahman, T. (2022). Analisis Pengembangan Bahasa Dan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.2128
Munar, A., & Suyadi. (2021). Penggunaan Media Animasi dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 155–164. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.13207
Novianti, L. R., Rahman, T., & Loita, A. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Zepetto Untuk Meningkatkan Daya Ingat Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 3748–3751. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6009
Paujiah, T. S., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Peran Lingkungan Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Serta Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1), 103–122. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.821
Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Permendikbud Nomor 12 Tahun 2024 Tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Rachmi, T., Dewi, N. F. K., & Astuti, C. F. (2023). Optimalisasi Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 133. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9137
Rantina, M., Hasmalena, H., & Nengsih, Y. K. (2020). Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia 0-6 Tahun Selama Pandemi Covid- 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1578–1584. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.891
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek (T. Rokhmawan (ed.)). Lembaga Academic & Research Institute.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Supartini, T. A., Pudyaningtyas, A. R., & Dewi, N. K. (2019). Mengembangkan Keterampilan Menyimak Melalui Kegiatan Bercerita Dengan Big Book Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 7(2), 113. https://doi.org/10.20961/kc.v7i2.36369
Tarigan, H. G. (2021). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.
Copyright (c) 2024 Al-Abyadh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.