METODE PEMBELAJARAN PERSPEKTIF ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ISLAMI PESERTA DIDIK

  • Agus Silahudin Sekolah Tinggi Agama Islam Imam Syafi’i Pekanbaru
Keywords: metode, pembelajaran, kepribadian, Islami

Abstract

Pembelajaran dalam perspektif pendidikan Islam bukan sekadar tentang mentransfer informasi, tetapi bertujuan membentuk kepribadian, karakter, sikap, dan perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam. Tujuan penelitian ini mencari alternatif metode pembelajaran yang bisa membentuk kepribadian Islami pada peserta didik, melihat berbagai metode pembelajaran yang sudah diterapkan dalam dunia pendidikan saat ini belum memberikan hasil yang signifikan terhadap pembentukan kepribadian Islami peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode library riset yakni dengan mengumpulkan berbagai buku, data-data yang terkait. Dalam analisis ini bahwasannya metode pembelajaran dalam perspektif Islam dilakukan dengan metode aqliyah, sebuah metode pembelajaran yang mengaktifkan empat komponen berfikir yaitu, otak, indera, fakta dan informasi yang terkait dengan fakta. Metode ini dalam membentuk kepribadian Islami pada peserta didik dengan cara membentuk aqliyah dan nafsiyahnya berdasarkan aqidah Islam yang melahirkan pemahaman sebagai landasan dalam berfikir dan berprilaku. Karena kepribadian manusia tidak terbentuk dari bentuk tubuh dan asesoris yang digunakannya, tetapi kepribadian manusia terbentuk dari pemahaman dan prilakunya.

 

Published
2024-02-26
How to Cite
Silahudin, A. (2024). METODE PEMBELAJARAN PERSPEKTIF ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ISLAMI PESERTA DIDIK. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 12(2), 116-126. https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v12i2.983