AKSIOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN BARAT

  • Moh Fasikhul Lisan Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi Universitas Sunan Giri Surabaya
Keywords: Aksiologi, pendidikan Islam, perspektif Islam dan Barat

Abstract

Ajaran Islam  adalah serangkaian nilai-nilai yang menjadi pedoman hidup sesuai dengan perintah Allah SWT. Oleh karena itu, pendidikan Islam  adalah upaya untuk mengarahkan perkembangan seseorang menuju nilai-nilai Islam , baik dengan sengaja maupun tanpa disadari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendorong seseorang agar menjadi manusia yang memahami pendidikan Islam  baik dari negara barat maupun negaranya sendiri. Penelitian ini menggunakan metode library riset yakni dengan mengumpulkan berbagai buku, data-data yang terkait. Dalam analisis ini bahwasannya nilai-nilai pendidikan Islam  diakui sebagai krusial untuk mencapai kesejahteran, baik di dunia maupun di akhirat. Berdasarkan hasil analisis, dapat dinyatakan bahwa ranah aksiologi pendidikan Islam  memiliki dimensi yang luas dan mendalam, mencakup berbagai perbebedaan.

Published
2024-02-01
How to Cite
Fasikhul Lisan, Moh, and Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi. 2024. “AKSIOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN BARAT”. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 12 (2), 76-86. https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v12i2.958.