KONSEP BELAJAR PADA KITAB TA’LIM MUTA’ALIM KARYA SYAIKH AZ-ZARNUJI
Abstract
Belajar dan pembelajaran adalah bentuk edukasi, dilaksanakan guna mewujudkan impian untuk mencapai suatu tujuan bidang pendidikan guna menjadikan kehidupan lebih baik dan bisa menatap masa depan dengan segenap ilmu yang dimili. Model belajar yang diarahkan dalam gambaran pemikiran Imam Syaikh Az-Zarnuji dalam Ta'lim al-Muta'allim karya Syaikh Al Zarnuji analisa realita saat ini bahwa kondisi pendidikan di negara Indonesia berada rentang membutuhkan perhatian khusus bidang pendidikan terfokus pada pembentukan kondisi manusia yang tangguh dan handal berbasis ilmu pengetahuan yang kuat dan pengamalan agama yang mumpuni sembari berdedikasi yang baik terhadap anak bangsa dan negara. Penulis ingin mengetahui dan mengkaji konsep belajar dalam Ta'lim Muta'allim karya Syaikh Az-Zarnuji. Metode penelitian yang penulis pakai yaitu dalam bentuk jenis penelitian kepustakaan (library research), sumber data primer adalah Ta'limul Muta'alim karya Syaikh Az-Zarnuji, jurnal, dan sumber-sumber lain yang bersangkutan dan relevan. Relevansivitas pendidikan Islam yang berimplementasi pada pola analisasi dan metode content analisis. Konsep belajar dalam Ta'limul Muta'alim penuh pendalaman makna guna menggali dan menghidupkan kembali nilai-nilai etika dalam proses pendidikan dan sekaligus menjadikannya wujud prinsip pole membentuk akhlak dan prinsipil dalam perwujudan tujuan pendidikan Islam.