KONSEP BELAJAR PADA KITAB TA’LIM MUTA’ALIM KARYA SYAIKH AZ-ZARNUJI

  • Yuli Amelia Student Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru
Keywords: Konsep, Belajar, Kitab Ta'lim Mutaalim

Abstract

Belajar dan pembelajaran adalah bentuk edukasi,  dilaksanakan guna mewujudkan impian  untuk mencapai suatu tujuan bidang pendidikan guna menjadikan kehidupan lebih baik dan bisa menatap masa depan dengan segenap ilmu yang dimili. Model belajar yang diarahkan dalam gambaran pemikiran Imam  Syaikh Az-Zarnuji dalam Ta'lim al-Muta'allim karya Syaikh Al Zarnuji analisa realita saat ini bahwa kondisi pendidikan di negara  Indonesia berada rentang membutuhkan perhatian khusus bidang pendidikan terfokus pada pembentukan kondisi  manusia yang tangguh dan handal berbasis ilmu pengetahuan yang kuat dan pengamalan agama yang mumpuni sembari  berdedikasi yang baik terhadap anak bangsa dan negara. Penulis ingin mengetahui dan mengkaji konsep belajar dalam Ta'lim Muta'allim karya Syaikh Az-Zarnuji. Metode penelitian yang penulis pakai yaitu dalam bentuk  jenis penelitian kepustakaan (library research), sumber data primer adalah Ta'limul Muta'alim karya Syaikh Az-Zarnuji, jurnal, dan sumber-sumber lain yang bersangkutan dan relevan. Relevansivitas  pendidikan Islam yang berimplementasi pada pola  analisasi dan metode content analisis. Konsep belajar dalam Ta'limul Muta'alim penuh pendalaman makna guna menggali dan menghidupkan kembali nilai-nilai etika dalam proses pendidikan dan sekaligus menjadikannya wujud prinsip  pole membentuk  akhlak dan prinsipil  dalam perwujudan tujuan pendidikan Islam.

Author Biography

Yuli Amelia, Student Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Belajar dan pembelajaran adalah bentuk edukasi,  dilaksanakan guna mewujudkan impian  untuk mencapai suatu tujuan bidang pendidikan guna menjadikan kehidupan lebih baik dan bisa menatap masa depan dengan segenap ilmu yang dimili. Model belajar yang diarahkan dalam gambaran pemikiran Imam  Syaikh Az-Zarnuji dalam Ta'lim al-Muta'allim karya Syaikh Al Zarnuji analisa realita saat ini bahwa kondisi pendidikan di negara  Indonesia berada rentang membutuhkan perhatian khusus bidang pendidikan terfokus pada pembentukan kondisi  manusia yang tangguh dan handal berbasis ilmu pengetahuan yang kuat dan pengamalan agama yang mumpuni sembari  berdedikasi yang baik terhadap anak bangsa dan negara. Penulis ingin mengetahui dan mengkaji konsep belajar dalam Ta'lim Muta'allim karya Syaikh Az-Zarnuji. Metode penelitian yang penulis pakai yaitu dalam bentuk  jenis penelitian kepustakaan (library research), sumber data primer adalah Ta'limul Muta'alim karya Syaikh Az-Zarnuji, jurnal, dan sumber-sumber lain yang bersangkutan dan relevan. Relevansivitas  pendidikan Islam yang berimplementasi pada pola  analisasi dan metode content analisis. Konsep belajar dalam Ta'limul Muta'alim penuh pendalaman makna guna menggali dan menghidupkan kembali nilai-nilai etika dalam proses pendidikan dan sekaligus menjadikannya wujud prinsip  pole membentuk  akhlak dan prinsipil  dalam perwujudan tujuan pendidikan Islam.

Published
2023-08-28
How to Cite
Amelia, Y. (2023). KONSEP BELAJAR PADA KITAB TA’LIM MUTA’ALIM KARYA SYAIKH AZ-ZARNUJI . Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 12(1), 44-53. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Kreatifitas/article/view/806