EFEKTIFITAS PERUBAHAN KURIKULUM TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA
Abstract
Kurikulum merupakan sebuah perencanaan dan panduan dalam proses pembelajaran di berbagai jenjang Pendidikan dalam mencapai tujuan dari sebuah pendidikan. Cakupan kurikulum diantaranya materi pembelajaran, metode dalam mengajar, penilaian dan mengembangkan keterampilan pada siswa. Perubahan kurikulum yang terjadi berungkali dalam satu daswarsa ini membuat tujuan Pendidikan Islam di Indonesia juga mengalami perubahan. Selain itu, dampak negatif perubahan kurikulum juga dirasakan oleh siswa, guru dan orang tua. Penelitian ini menggunakan desain meta analisis untuk mengetahui pengaruh dari penerapan beberapa model kurikulum yang mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Adapun hasil penelitian ini adalah bahwa Indonesia perlu mempersiapkan diri dalam menyusun, menghasilkan serta mengevaluasi kurikulum yang digunakan secara matang agar menghasilkan dan mencapai tujuan pendidikan nasional yang bermutu serta mengedepankan nilai-nilai Pendidikan Islam di dalam penyusunan kurikulum.