PENDIDIKAN ISLAM DAN TEORI KONSTRUKTIVISME DALAM PENGUATAN KEAGAMAAN

  • Kusdani STAI Diniyah Pekanbaru
Keywords: pendidikan Islam, konstruktiivisme, penguatan, keagamaan

Abstract

Kemajuan teknologi informasi,  transportasi dan tourism  yang  menjadi arus deras  seakan menantang “arus dalam” (nilai agama, adat budaya lokal) yang ditransformasikan pada  pendidikan selama ini. Kebenaran nilai Islam, keimanan yang dianut  seakan menantang pendidikan Islam dan cenderung tergoyahkan.  Nilai agama dianggap budaya tanpa arti,   adat bisa menjadi adopsi  kolot, budaya bisa tercerabut dari akarnya yang semula menjadi identitas bangsa. Maka pendidikan Islam menjadi suatu tantangan tersendiri khususnya bagi umat Islam dalam mengajarkan dan memahami nilai-nilai pendidikan untuk diimplemantasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengkaji lebih jauh bagaimana konsep pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan kehidupan yang selalu berubah seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan zaman, tawaran pembahasan yaitu pendidikan Islam dan Teori Konstruktivisma dalam penguatan keagamaan. Temuan penelitian bahwa pendidikan Islam sebagai dasar ilmu pengetahuan Islam yang menggiring kehidupan umat Islam ke arah pemahaman dan implementasi nilai-nilai keislaman dalam kehidupan. Teori konstruktivisme bagian dari upaya pembentukan personality dalam mempola struktur tatanan kehidupan umat Islam sejalan dengan implementasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan bermasyarakat. Dua hal ini merupakan sesuatu yang saling menguatkan dan tidak terpisahkan. Jika pendidikan Islam sekedar pemahaman saja tanpa penguatan personality dalam mengimplemantasikan nilai Islam maka kehidupan umat Islam bebas dari nilai Islam. Namun  harus di seiring sejalankan sehingga kehidupan umat Islam saling menguatkan.

Published
2022-08-13
How to Cite
Kusdani, Kusdani. 2022. “PENDIDIKAN ISLAM DAN TEORI KONSTRUKTIVISME DALAM PENGUATAN KEAGAMAAN”. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 11 (1), 36-46. https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v11i1.532.