KONSEP MANAJEMEN WAKTU DALAM TAFSIR MAUDHU’I: RELEVANSI TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

  • Muhammad Hizba Aulia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Cucu Surahman Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Pendidikan Islam, Tafsir Maudhu’i, Pandangan Ulama, Manajemen Waktu

Abstract

Abstract

This study aims to describe the concept of time and time management according to the views of scholars, focusing on the maudhu’i exegesis approach. A qualitative approach is used, with the library research method as the primary data collection technique. The main source of data is the book Qimatuz Zaman 'Indal 'Ulama by Abdul Fattah, while secondary sources are drawn from tafsir books, journal articles, and other relevant literature on the concept of time in Islamic teachings. The collected data is then analyzed in depth to draw comprehensive conclusions regarding the meaning and importance of time in Islam. The findings reveal that Islam views time as a precious gift from Allah, which must be used as optimally as possible. This view is emphasized in several verses of the Qur'an that highlight the importance of being mindful of time. According to scholars, the optimal management of time is not only a duty but also an act of worship, an individual responsibility, and a means to achieve a productive life. This study offers a new perspective on time management, which is relevant to Islamic education, particularly in character building and time management in daily life.

Keywords: Islamic Education, Maudhui Exegesis, Scholars Perspectives, Time Management.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep waktu dan manajemen waktu menurut pandangan ulama, dengan fokus pada kajian tafsir maudhu’i. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, dengan metode studi kepustakaan sebagai teknik utama dalam pengumpulan data. Sumber data utama adalah buku Qimatuz Zaman 'Indal 'Ulama karya Abdul Fattah, sementara sumber sekunder diperoleh dari kitab tafsir, artikel jurnal, dan literatur lain yang relevan mengenai konsep waktu dalam ajaran Islam. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara mendalam untuk menghasilkan kesimpulan yang komprehensif tentang makna dan pentingnya waktu dalam Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islam memandang waktu sebagai anugerah Allah yang sangat berharga, yang wajib dimanfaatkan                 sebaik-baiknya. Pandangan ini ditegaskan dalam berbagai ayat Al-Qur'an yang menggarisbawahi pentingnya perhatian terhadap waktu. Dalam pandangan ulama, pengelolaan waktu yang optimal bukan hanya sebagai kewajiban, tetapi juga sebagai bentuk ibadah, tanggung jawab individu, dan cara untuk mencapai kehidupan yang produktif. Penelitian ini memberikan perspektif baru mengenai manajemen waktu yang relevan untuk pendidikan Islam, khususnya dalam pembentukan karakter dan pengelolaan waktu dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: Pendidikan Islam, Tafsir Maudhu’i, Pandangan Ulama, Manajemen Waktu

References

Bibliography
Abdul Baqi, Muhammad Fuad. Al-Mu’jam Al-Mufahras Li-Alfadz Al-Qur’an Al-Karim. Kairo: Dar al-Hadith, 1945.
Al-Mawardi, Ali Abu Hasan bin Habib. Al-Nukat Wa Al-’Uyun. Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyyah, 2012.
Amalia, Ilma, Izzah Faizah Siti Rusydati, and Maya Herawati. “Penggunaan Sumpah Allah Swt Dengan Dzat-Nya Dan Makhluk-Nya Dalam Al-Qur’an (Studi Ayat-Ayat Aqsam Dalam Tafsir Al-Mishbah).” Al-Munir: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 5, no. 1 (2023): 165–214.
Anam, Khairul. “Pendidikan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dalam Presfektif Islam.” Jurnal Sagacious 3, no. 1 (2016): 67–78.
Arifin, Zuhairansyah. “Pengelolaan Waktu Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (2022): 29–43.
Asror, MUHAMMAD. “Analisis Pengaruh Manajemen Waktu Dan Motivasi Kuliah Terhadap Keberhasilan Akademik Mahasiswa Yang Bekerja.” Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Semarang (2019).
Aulia, Muhammad Hizba, Fauzan Rian Rabbani, Muhamad Mauris Faruqi Ali, Bildan Muhammad Sya’ban, and Agus Fakhruddin. “Peran Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Penguatan Karakter Religius Peserta Didik Di SMP Negeri 44 Bandung.” Journal of Education Research 5, no. 4 (2024): 5376–5385.
Aulia, Muhammad Hizba, Elan Sumarna, Cucu Surahman, and Aufa Assa Syahad. “The Concept of Useful Knowledge in Hadith and Its Implications for Contemporary Islamic Education.” WARAQAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 9, no. 2 (2024): 45–61.
Aulia, Muhammad Hizba, Udin Supriadi, and Nurti Budiyanti. “Hakikat Manusia Dalam Al-Quran Dan Pancasila: Implikasi Terhadap Pendekatan Holistik Dalam Pendidikan Islam.” Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 13, no. 2 (2024): 147–167.
Bisri, M Rais Umam. “Tafsir Ilmu Tentang Mengelola Waktu.” Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 2 (2020): 44–52.
Fattah, Abdul. Qimatuz Zaman ’Indal Ulama. Translated by Abu Umar Basyir. Solo: Zamzam, 2012.
Firdaus. “Konsep Manajemen Waktu Dalam Surat Al ‘Ashr:(Kajian Semiotika Al-Qur’An).” JIQTA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 1, no. 1 (2022): 1–18.
Hasan, Moch Sya’roni, and Karomah Tanjung Sari. “Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Al-as’ Ad Brambang Diwek Jombang.” Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 1 (2021): 93–117.
Hatta, Muhammad. Tafsir Al-Qur’an Perkata: Dilengkapi Dengan Asbabun Nuzul Dan Terjemah. Jakarta: Maghfirah Pustaka, 2009.
Hermaliana, Mia. “Manajemen Keuangan Keluarga Untuk Mengokohkan Keutuhan Rumah Tangga.” As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga 1, no. 1 (2019): 96–104.
Hidayah, Milatul, Fransiscus Xaverius Samingin, and Asri Wijayanti. “Kata Serapan Bahasa Arab Dalam Kosakata Bahasa Indonesia Sebagai Materi Pembelajaran Ceramah Di Kelas XI SMA: Kajian Bidang Fonologi.” Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1, no. 2 (2018): 100–112.
Imadudin, Ihsan, and Aini Qurotul Ain. “Kategorisasi Tafsir Dan Problematikanya Dalam Kajian Kontemporer.” Jurnal Iman Dan Spiritualitas 2, no. 3 (2022): 381–388.
Jalloh, Mohamed Yayah, Wan Siti Adibah Wan Dahalan, and Rasyiqah Md Khalid. “The Islamic Principles and Guidelines to Household Solid Waste Management.” Al-Risalah: Journal of Islamic Revealed Knowledge and Human Sciences (ARJIHS) 6, no. 2 (2022): 402–427.
Kahfi, Khaerul, Masyhuri Rifa’i, Irdawati Saputri, Abdul Gaffar, and Rini Harjanti Poapa. “Manajemen Qur’ani Mengatur Waktu Dengan Optimal.” In Gunung Djati Conference Series, 14:99–112, 2022.
Mitrajati, Kenyo, Tulus Musthofa, and Nasiruddin Nasiruddin. “Konsep Waktu Menurut Yusuf Qardhawi; Perspektif Semantik Leksikal.” Aphorisme: Journal of Arabic Language, Literature, and Education 4, no. 2 (2023): 226–240.
Mujahidin, Endin, Rachmat Rachmat, Abbas Manshur Tamam, and Akhmad Alim. “Konsep Manajemen Waktu Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 01 (2022): 129–146.
Murniyetti, Murniyetti. “Waktu Dalam Perspektif Al-Quran.” Jurnal Ulunnuha 5, no. 1 (2016): 93–101.
Mursalin, Hisan. “Wawasan Al-Qur’an Tentang Pendidikan Dan Pengajaran.” An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam 11, no. 1 (2024): 43–68.
Mursalin, Hisan, Endin Mujahidin, and Tatang Hidayat. “Analisis Konsep Tazkiyatun Nafs Ahmad Anas Karzon Untuk Peserta Didik.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 01 (2023): 133–150.
Muslimin, Muslimin. “Kontribusi Tafsir Maudhu’i Dalam Memahami Al-Quran.” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 30, no. 1 (2019): 75–84.
Musya’adah, Umi. “Peran Penting Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar.” Aulada: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak 2, no. 1 (2020): 9–27.
Najizah, Fitrotun. “Manajemen Waktu Belajar Dalam Islam Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadis.” Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 5, no. 2 (2021): 101–114.
Nina Adlini, Miza, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Jurnal Edumaspul 6, no. 1 (2022): 974–980.
Nurasih, Wiji, Mhd Rasidin, and Doli Witro. “Islam Dan Etika Bermedia Sosial Bagi Generasi Milenial: Telaah Surat Al-’Asr.” Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi 16, no. 1 (2020): 149–178.
Rakhmat, Anwar Taufik, and Aam Abdussalam. “Metode Tafsir Maudhu’i Dan Hermeneutika Dalam Kajian Tafsir Al-Quran.” Mauriduna: Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2022): 191–213.
Riki, Nurtofik, Utep Sultan, Muchtarom Muchtarom, and Mumung Mulyati. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Al-Quran Surah Al-Ashr Ayat 1-3.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7, no. 4 (2024): 3577–3585.
Ritonga, Hasnun Jauhari. “Manajemen Waktu Dalam Islam.” Al-Idarah: Jurnal Pengkajian Dakwah dan Manajemen 8, no. 1 (2020): 50–55.
Rohmah, Siti Maemunah, Tajudin Noor, and W Undang Ruslan. “Paradigma Pendidikan Karakter Menurut Pemikiran Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Bidāyatul Hidāyah.” Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal 6, no. 2 (2021): 186–206.
Rohman, Abdur. “Manajemen Qur’ani Tentang Penggunaan Waktu Dalam Bingkai Pendidikan Islam.” Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam 16, no. 1 (2018): 1–21.
Rosad, Wahyu Sabilar. “Pelaksanaan Shalat Dhuha Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nu Ajibarang Wetan.” Al-Munqidz: Jurnal Kajian Keislaman 8, no. 1 (2020): 119–138.
Sahuri, Mohammad Sofiyan. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Di SMP Al Baitul Amien Jember.” Indonesian Journal of Islamic Teaching 5, no. 2 (2022): 205–218.
Setiadi, Ozi. “Kematian Dalam Prespektif Al-Quran.” Al Ashriyyah 3, no. 2 (2017): 69–93.
Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur’an Tafsir Maudhu’i Atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan, 1996.
Siregar, Kardina Engelina. “Bentuk Pengembangan SDM Di Lembaga Pendidikan Islam.” AL-MA’LUMAT: JURNAL ILMU-ILMU KEISLAMAN 1, no. 1 (2023): 30–39.
Sulistari, Indri. “Matahari Dan Fungsinya Perspektif Tafsir Sains.” Qaf: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 5, no. 1 (2023): 40–61.
Surono, S, Uswatun Khasanah, and Meti Fatimah. “Discipline Education Concepts in The Perspective of Surah Al-’Ashr.” In Proceeding of International Conference of Islamic Education, 1:84–91, 2023.
Tamlekha, Tamlekha. “Al Qur’an Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan.” Basha’ir: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Tafsir (2021): 105–115.
Tasbih, Saidah A, and A B Syamsuddin. “Improving Student Discipline through the Practice of Appreciating Time Hadith.” Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies 11, no. 2 (2021): 185–212.
Tim Dosen PAI, Universitas Pendidikan Indonesia. Pendidikan Agama Islam. Bandung: Departemen Pendidikan Umum Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia, 2017.
Uce, Loeziana. “The Golden Age: Masa Efektif Merancang Kualitas Anak.” Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak 1, no. 2 (2017): 77–92.
Wulandari, Aprilina, and Agus Fauzi. “Urgensi Pendidikan Moral Dan Karakter Dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik.” Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam 6, no. 1 (2021): 75–85.
Yurida, Meri Septriyanti. “Pemanfaatan Waktu Luang Menurut Beberapa Hadis Rasulullah Saw Dan Pengembangannya Dalam Bimbingan Islam.” UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2019.
Published
2025-04-26
How to Cite
Muhammad Hizba Aulia, & Cucu Surahman. (2025). KONSEP MANAJEMEN WAKTU DALAM TAFSIR MAUDHU’I: RELEVANSI TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM . Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 14(1), 19-36. https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v14i1.1552