PENGHAYATAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menelaah secara komprehensif proses penghayatan atau penerapan nilai-nilai multikulturalisme yang diimplementasikan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Fathul Ilmi, Pamekasan. Pendekatan yang digunakan dalam studi ini ialah pendekatan kualitatif (studi kasus), di mana teknik pengumpulan data mencakup wawancara, pengamatan partisipatif, serta analisis dokumen yang relevan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sekolah tersebut telah mengimplementasikan berbagai strategi dalam rangka menginternalisasikan nilai-nilai multikulturalisme ke dalam proses pembelajaran. Strategi-strategi tersebut mencakup pemberian ruang bagi siswa untuk terlibat dalam proses pengambilan keputusan, penyelenggaraan kegiatan yang berorientasi pada penguatan kepedulian sosial, serta pembentukan lingkungan pembelajaran yang inklusif guna mendukung keberagaman dan toleransi dalam interaksi akademik maupun sosial.
References
Setyaningsih, Awin., Dina Fatikhatul Husni., & Nurul Mubin. “Penanaman Nilai Multikultural Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka di SMP Negeri Leksono”. Jurnal Ilmiah Nusantara 2, no. 2 (2025): 265-271. https://doi.org/10.61722/jinu.v2i2.3671
Sinaga, Sopian. “Problematika Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Solusinya”. Waraqat : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 2, no. 1 (2020): 14. https://doi.org/10.51590/waraqat.v2i1.51
Ratnasari, Violina Dwi. “Internalisasi Pendidikan Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Karakter Siswa di Era Merdeka Belajar”. Journal of Islamic Education Policy 6, no. 1 (2021): 20-32. http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v6i1.1298
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman & Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis; A Methods Sourcebook. 3th Edition. Thousand Oaks: Sage Publications. 2014.
Achadah, Alif. “Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadis ”. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1 (2020): 1-20. https://doi.org/10.52166/tabyin.v2i1.28.
Amirin, Tatang M. “Implementasi Pendekatan Pendidikan Multikultural Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal di Indonesia”. Jurnal Pembangunan Pendidikan 1, no. 1 (2012): 1-16. https://doi.org/10.21831/jppfa.v1i1.1047
Yaqin, M Ainul. Pendidikan Multikultural: Cross-Culture Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: LKiS. 2019.
Mania, Sitti. “Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran”. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 13, no. 1 (2010): 78-91. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a6
Banks, James. An Introduction to Multicultural Education. Boston: Allyn and Bacon Press. 2002.
Blum, Lawrence. Antirasisme, Multikulturalisme, dan Komunitas Antar Ras, Terjemah: Sinta dan Dadang Rusbiantoro. Yogayakarta: Tiara Wacana. 2001.
Ningsih, Indah Wahyu., Annisa Mayasari., & Uus Ruswandi. “Konsep Pendidikan Multikultural di Indonesia”. Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 1083-1091. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3391
Burga, Muhammad Alqadri., & Muljono Damopoli. “Reinforcing Religious Moderation Through Local Culture-Based Pesantren”. Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2022): 145-162. https://doi.org/10.15575/jpi.v8i2.19879
Gultom, Nuraini., & Sakban Lubis. “Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural pada Siswa Kelas XI SMA Abdi Negara Binjai”. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 12, no. 1 (2024): 409 - 421. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.1160
Handoko, Suryawan Bagus., Cecep Sumarna., & Abdul Rozak. “Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Multikultural.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4, no. 6 (2022): 11260–11274. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10233
Copyright (c) 2025 Fahrur Rosi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.