IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)” DALAM LINGKUP METODOLOGI PEMBELAJARAN NILAI-NILAI AKHLAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami implementasi kurikulum pendidikan agama Islam dalam lingkup pembelajaran nilai-nilai akhlak. Dalam penelitian ini menfokuskan kepada implementasi kurikulum pendidikan agama islam serta memahami implikasi dalam aspek kehidupan yang berakhlak bagi peserta didik. Tujuan dari kurikulum pendidikan agama Islam adalah untuk mendorong siswa untuk meningkatkan iman dan ketaatan mereka kepada Allah. ﷺ serta menumbuhkan akhlak mulia. Metode penelitian ini merupakan Studi kepustakaan dilakukan dengan mengumpulkan data dari buku dan artikel yang relevan. Solusi untuk menerapkan kurikulum PAI dalam metodologi pembelajaran nilai-nilai akhlak dapat berupa berbagai hal, seperti: 1) Peserta didik harus memiliki akhlak yang baik (akhlakul karimah), baik terhadap Allah, terhadap diri sendiri, ataupun terhadap sesame manusia. 2) Guru PAI harus lebih mahir dalam melaksanakan pembelajran, terutama dalam hal metode dan pendekatan pembelajaran nilai-nilai akhlak. 3) Orang tua di rumah dan masyarakat luas harus bekerja sama untuk membuat lingkungan di rumah dan masyarakat luas lebih baik. 4) Guru PAI harus menggunakan pendekatan yang inovatif, kreatif, dan variatif. 5) Media pembelajaran harus dibuat lebih menarik sedemikian rupa. 6) Pembentukan moral siswa melalui pembiasaan dan pembinaan secara konsisten harus ditingkatkan.
References
Ahmad D. Pengantar Filsapat Pendidikan Islam. Bandung : Al-Ma’arif
Amril. 2021. Pendidikan Nilai Akhlak: Telaah Epistimologi dan Metodologis Pembelajran di Sekolah. Depok : PT Raja Grafindo Persada
Bahtiar, Wardi. 1997. Metodologi Penelitian Dakwah. Jakarta: Logos
Halmar, Mustopa. “Metodologi Pembelajaran Ahlak.” Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial 12, no. 1 (2018): 13–28 https://journal.walisongo.ac.id/index.php/wahana/article/view/2255
Hasanuddin, Mawaddah, Laela Lindi Sestia, and Muhammad Yusuf. Hakikat Dan Tujuan Pendidikan Islam. Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2022): 204. http://ejournal-bacaka.org/index.php/jpai/article/view/85%0Ahttp://ejournal-bacaka.org/index.php/jpai/article/download/85/32
Hatim, Muhammad. Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam 12, no. 2 (2018): 140–63. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v12i2.265
Ishak, Ishak. Karakteristik Pendidikan Agama Islam. Fitua: Jurnal Studi Islam 2, no. 2 (2021): 167–78
Kurikulum, Evaluasi. 2020. Education and Learning Journal, no. 2: 113–23
Majid, Ach Nurholis. 2022. Landasan Filosofis Pendidikan Akhlak Al-Ghazali Dan Ibnu Miskawaih. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2022): 1 https://doi.org/10.28944/fakta.v2i1.697
Muhammad Muttaqin. Konsep Kurikulum Pendidikan Islam. TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2021): 1–16. https://doi.org/10.53649/taujih.v3i1.88
Normina. Peranan Akhlak Dalam Dunia Pendidikan Islam. An-Nahdhah, , No. 23, V (2019): 131–58 https://www.jurnal.staidarululumkandangan.ac.id/index.php/annahdhah/article/view/28/13.
Pada, Akhlak, Siswa Sd, Palopat Maria, and Kecamatan Hutaimbaru. “PROBLEMATIKA PENANAMAN NILAI-NILAI,”
Pratycia, Angel, Arya Dharma Putra, Aulia Ghina, Maharani Salsabila, and Febri Ilhami Adha. 2023. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer Analisi Perbedaan Kurikulum 2013 Dengan Kurikulum Merdeka Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 3, no. 1 58–64
Rita Yulia Anggraini, Diki Ilhamdan, Fita Sarpika, Rizen Erlangga, and Sahviya Sahviya. 2022. Perencanaan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 2, no. 4. 01–08 https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.694
Yunita, Y, and A Bakar. Implementasi Kurikulum PAI Dalam Pusaran Metodologi Pembelajaran Nilai-Nilai Akhlak. Prosiding Seminar Nasional Hasil, 2021, 27–31. http://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/ProsidingUniks/article/view/1897%0Ahttp://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/ProsidingUniks/article/download/1897/1507.
Omar Muhammad Al-Toumy Al-Syaibani. 1979. Falafah Pendidikan Islam. Alih Bahasa Dr.Hasan Langgulung. Jakarta: Bulan Bintang
Usman, Basyirudin. 2022. Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pers
W.J.S. Poerdarminta. 1991. kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka,
Yunita, Y, and A Bakar. 2021. Implementasi Kurikulum PAI Dalam Pusaran Metodologi Pembelajaran Nilai-Nilai Akhlak. Prosiding Seminar Nasional Hasil. 27–31. http://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/ProsidingUniks/article/view/1897%0Ahttp://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/ProsidingUniks/article/download/1897/1507.
Copyright (c) 2024 Syamsul Rizal, Amril M.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.