KONSEP LINGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN

ANALISIS TAFSIR TARBAWI QS. AL-BAQARAH: 153

  • Muhamad Mauris Faruqi Ali Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Cucu Surahman Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Elan Sumarna Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
Keywords: Lingkungan Pendidikan, Tafsir Tarbawi, QS. Al-Baqarah: 153, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep lingkungan pendidikan dalam perspektif Al-Qur’an dengan fokus pada QS. Al-Baqarah: 153 melalui pendekatan tafsir tarbawi. Ayat ini menekankan pentingnya kesabaran dan salat sebagai metode mendekatkan diri kepada Allah dalam menghadapi berbagai tantangan hidup, termasuk dalam konteks pendidikan. Lingkungan pendidikan dalam Islam tidak hanya dibatasi oleh ruang fisik, tetapi juga mencakup kondisi psikologis dan spiritual yang mendukung pertumbuhan intelektual dan moral peserta didik. Melalui analisis tafsir tarbawi, ditemukan bahwa QS. Al-Baqarah: 153 menawarkan prinsip-prinsip dasar untuk membangun lingkungan pendidikan yang harmonis, yaitu kesabaran, kekuatan spiritual, dan keteladanan dari pendidik. Kesabaran dalam proses pendidikan bukan hanya sikap pasif, tetapi juga mencerminkan kemampuan menghadapi kesulitan dengan ikhtiar dan tawakkal kepada Allah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa lingkungan pendidikan yang islami harus mendorong keseimbangan antara pengembangan kognitif, afektif, dan spiritual. Pemahaman ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para pendidik Muslim dalam menciptakan lingkungan belajar yang selaras dengan nilai-nilai Islam, serta memperkuat karakter peserta didik dalam menghadapi tantangan dunia modern.

References

Abdillah, Nanang. “Eksplorasi Dimensi Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Dalam Fikih Shalat: Studi Pengembangan Materi Bahan Ajar Dan Strategi Pembelajaran.” Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 2, no. 3 (2024): 348–362.
Akmir, Akmir, Alvin Kurniawan, Aldhy Ruslansyah, and Muhammad Rifkal. “PERAN SHALAT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DAN ETIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.” Jurnal Intelek Insan Cendikia 1, no. 6 (2024): 2247–2252.
Astuti, Mardiah, Herlina Herlina, Ibrahim Ibrahim, Juliansyah Juliansyah, Reni Febriani, and Nining Oktarina. “Pentingnya Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Generasi Muda.” Faidatuna 4, no. 3 (2023): 140–149.
Awalliyah, Nurul, and Sarah Muth’mainnah. “PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI SARANA MEMBENTUK KEPRIBADIAN POSITIF PADA SISWA.” Jurnal Pendidikan Inklusif 8, no. 5 (2024).
Duryat, H Masduki. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam Di Institusi Yang Bermutu Dan Berdaya Saing. Penerbit Alfabeta, 2021.
Fadhli, Muhammad. “Internalisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Profetik Dalam Lembaga Pendidikan Islam.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam (2018): 116–127.
Ginanjar, M Hidayat. “Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 04 (2017): 376–396.
Gredinand, Dony. “Penerapan Pendidikan Bela Negara Di Perguruan Tinggi.” Strategi Pertahanan Darat (JSPD) (2017).
Hadi, Sopyan. “Konsep Sabar Dalam Al-Qur’an.” Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora 1, no. 2 (2018): 473–488.
Herwati, Herwati. “Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Peranannya Dalam Membina Kepribadian Islami.” BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 6, no. 1 (2024): 1–15.
Idris, Saifullah. “Internalisasi Nilai Dalam Pendidikan (Konsep Dan Kerangka Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam).” Darussalam Publishing, 2017.
Izzah, Lailatul. “Pengaruh Praktik Sholat Khusyuk Dalam Kegiatan Pembinaan Psikospiritual Erhadap Konsentrasi Belajar Mahasiwa.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 21, no. 1 (2024): 1–13.
Judrah, Muh, Aso Arjum, Haeruddin Haeruddin, and Mustabsyirah Mustabsyirah. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral.” Journal of Instructional and Development Researches 4, no. 1 (2024): 25–37.
Kharisma, Indah Purnama, and Galuh Safitri. “Efikasi Diri Dan Kestabilan Emosi Pada Prestasi Belajar.” Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan 3, no. 1 (2023): 28–39.
Kurniawan, Asep. “Bil Hal Penciptaan Budaya Agama Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah Di Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Azhar 5 Kota Cirebon.” Orasi: Jurnal Dakwah dan Komunikasi 8, no. 1 (2017): 50–67.
Lickona, Thomas. Character Matters (Persoalan Karakter): Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian Yang Baik, Integritas, Dan Kebajikan Penting Lainnya. Bumi Aksara, 2022.
Mubarrok, Husni. Ketika Guru Dan Siswa Saling Becermin. Elex Media Komputindo, 2017.
Mulasi, Syibran, Syabuddin Syabuddin, and Syahminan Syahminan. “Sabar Dalam Perspektif Al-Qur’an; Eksplorasi Nilai Sabar Dalam Menuntut Ilmu.” Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 23, no. 2 (2023): 180–195.
Mutaqin, Mumu Zainal. “Konsep Sabar Dalam Belajar Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam.” Journal of Islamic Education: The Teacher of Civilization 3, no. 1 (2022).
Mz, Ihsan. “Peran Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa.” NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam 2, no. 1 (2018): 1–11.
Nasution, Nur Atikah Ibnu Asrul, and Siti Masyithoh. “INTEGRASI AKHLAK DALAM DIMENSI SPIRITUAL, TEOLOGIS, SYARIAT, PENDIDIKAN, DAN FILOSOFIS.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2024): 120–133.
Natsir, Andi Fadhilah, and Ariesthina Laelah. “Pendidikan Pembelajaran Agama Islam Sebagai Karakter Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Yang Islami.” Journal on Education 5, no. 3 (2023): 8640–8651.
Ningsih, Iin Suriya, Srinanda Srinanda, and Eko Nursalim. “Strategi Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim Dalam Pembentukan Karakter Santri.” Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan 2, no. 1 (2024): 45–57.
Pare, Alprianti, and Hotmaulina Sihotang. “Pendidikan Holistik Untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Dalam Menghadapi Tantangan Era Digital.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (2023): 27778–27787.
Prasetiya, Benny, and Yus Mochamad Cholily. Metode Pendidikan Karakter Religius Paling Efektif Di Sekolah. Academia Publication, 2021.
Puspa, Endah Tri, Wiwin Arbani Wahyuningsih, and Jenny Fransiska. “Analisis Kegiatan Program Unggulan Mengaji (Satu Hari Satu Baris) Sabar Dalam Pembentukkan Karakter Peserta Didik Di Sd Negeri 07 Rejang Lebong.” Institut Agama Islam Negeri Curup, 2023.
Putri, Nabila Irfany, Abdur Razzaq, and Kristina Imron. “Konsep Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Al-Qur’an Kajian (QS Thaaha Ayat 132).” Jurnal Ilmiah Global Education 5, no. 3 (2024): 1531–1537.
Ramdhani, Laelarahmi, and Herdiana Utama. “MENGULIK PERAN BOARDING SCHOOL: ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN (KOSP) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI SMA DAARUT TAUHIID BOARDING SCHOOL PUTRA.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 7, no. 3 (2024): 8697–8706.
Ramli, Muhamad. “Hakikat Pendidik Dan Peserta Didik.” Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 5, no. 1 (2015).
Rismawati, Ririn, Masripah Masripah, Nenden Munawaroh, and Iman Saifullah. “Konsep Pendidikan Moral Dalam Al-Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 31-32 (Perspektif Ilmu Pendidikan Islam).” Jurnal Intelek Insan Cendikia 1, no. 8 (2024): 3631–3652.
Rosita, Lilis. “Peran Pendidikan Berbasis Karakter Dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran Di Sekolah.” JIPSI-Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi UNIKOM 8 (2018).
Salsabilah, Azka Salmaa, Dinie Anggraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari. “Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (2021): 7158–7163.
Sani, Ridwan Abdullah, and Muhammad Kadri. Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Bumi Aksara, 2016.
Santi, Santi, Undang Undang, and Kasja Kasja. “Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 2 (2023): 16078–16084.
Setiadi, Kusno. “Pengaruh Kearifan Lokal Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Perilaku Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner 4, no. 1 (2019): 126–151.
Suraji, Robertus, and Istianingsih Sastrodiharjo. “Peran Spiritualitas Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik.” JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 7, no. 4 (2021): 570–575.
Wahidah, Evita Yuliatul. “Resiliensi Akademik Perspektif Psikologi Islam.” In Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018, 1:11–140, 2019.
Wahyuni, Akhtim. “Pendidikan Karakter: Membentuk Pribadi Positif Dan Unggul Di Sekolah.” Umsida Press, 2021.
Yunus, Muhammad. “Implementasi Nilai-Nilai Toleransi Beragama Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam 15, no. 2 (2017): 166–187.
Published
2024-11-11
How to Cite
Faruqi Ali, Muhamad Mauris, Cucu Surahman, and Elan Sumarna. 2024. “KONSEP LINGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN”. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 13 (2), 168-84. https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v13i2.1254.