HAKIKAT MANUSIA DALAM AL-QUR`AN DAN PANCASILA: IMPLIKASI TERHADAP PENDEKATAN HOLISTIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM

  • Muhammad Hizba Aulia Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Udin Supriadi Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Nurti Budiyanti Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
Keywords: Al-Qur`an, hakikat manusia, holistik, Pancasila, pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hakikat manusia melalui lensa Al-Qur'an dan Pancasila serta menganalisis dampaknya terhadap pendidikan Islam secara holistik. Dengan menerapkan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dan analisis konten, mengumpulkan data dari teks Al-Qur'an, dokumen resmi Pancasila, dan literatur akademik yang relevan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an dan Pancasila memberikan kontribusi signifikan terhadap pendekatan pendidikan yang tidak hanya fokus pada penguasaan ilmu pengetahuan, tetapi juga pada pembentukan akhlak, karakter, dan tanggung jawab sosial. Al-Qur'an mendeskripsikan hakikat manusia dalam dimensi fisik, spiritual, moral, dan intelektual, sedangkan Pancasila menekankan nilai-nilai kemanusiaan seperti religiositas, keadilan, dan kesejahteraan sosial. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi praktis untuk mengembangkan pendidikan Islam yang lebih efektif dan relevan dalam menghadapi tantangan kontemporer

References

Aini, Izzatul, and Anita Puji Astutik. “Integrasi Pembelajaran Al Qur’an Hadits Dan Sains Melalui Model Discovery Learning.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 2 (2023): 284–296.
Aini, Nurassyifa Qurotul, and Dinie Anggraeni Dewi. “Sistem Etika Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 11120–11125.
Amrullah, Amrullah. “Pendidikan Islam: Membangun Generasi Unggul Dalam Bingkai Kebijakan Pendidikan Yang Holistik.” Scholastica: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 5, no. 1 (2023): 74–86.
Arfah, M, and Wantini Wantini. “Perundungan Di Pesantren: Fenomena Sosial Pada Pendidikan Islam:(Studi Pada Pesantren Ulul Albab Tarakan).” Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman 12, no. 2 (2023): 234–252.
Arzaqi, Anindhya Faza, and Achmad Khudori Soleh. “Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an: Kajian Konsep Ulul Albab Pada Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar dan Karakter 6, no. 2 (2024).
Aulia, Muhammad Hizba, Agus Fakhruddin, and Cucu Surahman. “Pemetaan Capaian Pembelajaran Dan Materi Ajar PAI Dan Budi Pekerti Elemen Al-Quran Dalam Kurikulum Merdeka.” AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (2024): 103–117.
Basri, Hasan, and Muhammad Irsyad. “Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Al-Qur’an.” As-Salam: Journal Islamic Social Sciences and Humanities 2, no. 3 (2024): 19–30.
Faisal, Muhammad. “Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama Di Era Digital.” In ICRHD: Journal of Internantional Conference on Religion, Humanity and Development, 1:195–202, 2020.
Farid, Ahmad, Nina Ludiana, and Putri Balahaqis Eliqa. “Manusia Dalam Al-Qur’an: Al-Basyar, Al-Ins, Al-Insan.” JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT 1, no. 2 (2023): 82–86.
Febriansyah, Ferry Irawan. “Keadilan Berdasarkan Pancasila Sebagai Dasar Filosofis Dan Ideologis Bangsa.” DiH: Jurnal Ilmu Hukum 13, no. 25 (2017): 1–27.
Firmansyah, Mokh Iman. “Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar, Dan Fungsi.” Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 17, no. 2 (2019): 79–90.
Fitrianto, Ari Tri. “Relevansi Pendidikan Jasmani Dengan Tujuan Pendidikan Islam Dalam Membentuk Individu Yang Seimbang Secara Fisik, Mental, Dan Spiritual.” AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam (2023): 148–166.
Hamim, Ahmad Husni, Muhidin Muhidin, and Uus Ruswandi. “Pengertian, Landasan, Tujuan Dan Kedudukan PAI Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Jurnal Dirosah Islamiyah 4, no. 2 (2022): 220–231.
Juliani, Wikanti Iffah, and Hendro Widodo. “Integrasi Empat Pilar Pendidikan UNESCO Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan.” Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (2019).
Kholis, Nur. “Paradigma Pendidikan Islam Dalam Undang-Undang Sisdiknas 2003.” Jurnal Kependidikan 2, no. 1 (2014): 71–85.
Kristi, Elizabeth, Alwizar Alwizar, and Kadar Yusuf. “Hakikat Manusia Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 8, no. 1 (2022): 115–129.
Kusdani, Kusdani. “Pendidikan Karakter Anak Melalui Keteladanan Orang Tua.” Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 10, no. 2 (2021): 97–110.
Lubis, Elli Farida. “Sistem Penyelenggaraan Pendidikan Islam Nonformal Dan Informal Di Indonesia.” Dirasatuna: Kajian Ilmu dan Pemikiran Tentang Pendidikan 1, no. 1 (2021): 32–44.
Maftuh, Maftuh. “Al-Insan, Al-Nas Dan Al-Bashar Dalam Al-Quran.” MIYAH: Jurnal Studi Islam 16, no. 2 (2020): 499–514.
Mooduto, Mohammad Nurfajar, Rahmawati, and Lian Gafar Otaya. “Insersi Nilai Gotong Royong Melalui Profil Pelajar Pancasila.” Ar-Risalah: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2023): 100–110.
Nur’aini, and Hamzah Hamzah. “Kecerdasan Emosional, Intelektual, Spiritual, Moral Dan Sosial Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9, no. 4 (2023): 1783–1790.
Nurhikmah, Amalia Rizki, and Nicki Nugrahaningtyas. “Dinamika Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Pandangan Hidup Bangsa.” Jurnal Pancasila 2, no. 2 (2021): 59–69.
Nurhuda, Salastia Paramita, and Aisyah Karimah. “Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Sosial Dalam Pandangan Islam.” Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni 1, no. 4 (2023): 684–690.
Nurrahmayanti, Annisa, and Diah Nurlatipah. “Hakikat Manusia Dalam Konteks Ilmu Pendidikan Islam.” Al-fiqh 1, no. 3 (2023): 113–118.
Pare, Alprianti, and Hotmaulina Sihotang. “Pendidikan Holistik Untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Dalam Menghadapi Tantangan Era Digital.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (2023): 27778–27787.
Pelealu, Khathryna Ihcent. “Konsep Pemikiran Tentang Negara Hukum Demokrasi Dan Hukum Hak Asasi Manusia Pasca Reformasi.” Lex Administratum 3, no. 7 (2015).
Primarni, Amie. Pendidikan Holistik: Format Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter Paripurna. Cetakan Ke. Jakarta Selatan: Al Mawardi Prima, 2016.
Ramdhani, Muhammad Ali. “Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan UNIGA 8, no. 1 (2017): 28–37.
Ristanti, Octiana, Atika Suri, Candra Choirrudin, and Lutfita Kurnia Dinanti. “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Telaah Terhadap UU No. 20 Tahun 2003.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 13, no. 2 (2020): 152–159.
Romlah, Sitti, and Rusdi Rusdi. “Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika.” Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam 8, no. 1 (2023): 67–85.
Saadah, Muftahatus, Yoga Catur Prasetiyo, and Gismina Tri Rahmayati. “Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif.” Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika 1, no. 2 (2022): 54–64.
Sahrudin, Sahrudin. “Signifikansi Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” Wulang: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 2 (2024): 22–28.
Salimah, Alzena Savaira, Muhammad Ibnu Al-Kautsar, Msy Aisya, and Muhammad Ahsan Al-Kautsar. “Strategi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual.” Bouseik: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1, no. 1 (2023): 39–56.
Saparina, Kaila, Wedra Aprison, and Ali Akbar. “Harmonisasi Manusia Dalam Al-Qur’an Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 2 (2024): 2269–2279.
Saumantri, Theguh, and Hajam Hajam. “Urgensi Metodologi Studi Islam Interdisipliner Untuk Moderasi Islam.” An-Nawa: Jurnal Studi Islam 5, no. 1 (2023): 1–18.
Septian, Doni. “Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Dalam Memperkuat Kerukunan Umat.” TANJAK: Journal of Education and Teaching 1, no. 2 (2020): 155–168.
Sholihah, Abdah Munfaridatus, and Windy Zakiya Maulida. “Pendidikan Islam Sebagai Fondasi Pendidikan Karakter.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 12, no. 1 (2020): 49–58.
Siahaan, Amiruddin. “Strategi Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia.” Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 1, no. 1 (2016).
Sianturi, Yohana R U, and Dinie Anggraenie Dewi. “Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter.” Jurnal Kewarganegaraan 5, no. 1 (2021): 222–231.
Sinaga, Andrian, Angel L Simanjuntak, Juniarti Simamora, Desi Murni AR, Florensia Manik, Tesa Sinurat, Nurul M Azzahara, Lilis Siagian, May Hafizah, and Nora Sriyanti. “Pancasila Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0.” SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS 2, no. 2 (2024): 61–72.
Siregar, Hilda Darmaini, and Zainal Efendi Hasibuan. “Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar, Dan Fungsi.” Intellektika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2, no. 5 (2024): 125–136.
Sutono, Agus, and Supriyono Purwosaputro. “Aksiologi Pancasila.” CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan 8, no. 2 (2019).
Sutoyo, Anwar. Manusia Dalam Perspektif Al-Qur`an. Cetakan 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Sya’ban, Bildan Muhammad, Saepul Anwar, and Usup Romli. “Muatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Buku Ajar PAI Kelas 4-6 Sekolah Dasar.” Ta dib Jurnal Pendidikan Islam 13, no. 2 (2024): 415–428.
Syafe’i, Imam. “Tujuan Pendidikan Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2015): 151–166.
Tafiati, Tafiati. “Hakikat Manusia Dalam Alquran: Kajian Medan Makna Istilah-Istilah Manusia Dalam Alquran.” Diwan: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 15, no. 1 (2023): 1–15.
Umardhi, Yoseph. Hakikat Manusia Pancasila Menurut Notonagoro Dan Drijarkara: Aktualisasinya Bagi Demokrasi Indonesia. Sleman: PT Kanisius, 2014.
Yusuf, M, M Shohibul Aziz, and Muhamad Mustafid Hamdi. “Pendidikan Islam Sebagai Agen Transformasi Di Era Vuca.” Jurnal Pikir: Jurnal Studi Pendidikan Dan Hukum Islam 10, no. 1 (2024): 12–27.
Zulfa, Mila Napisa. “Menggali Hakikat Pendidikan Islam Melalui Fitrah Manusia.” DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan 1, no. 1 (2023): 54–58.
Zurqoni, Zurqoni. “Menilai Esensi Dan Modernisasi Pendidikan Islam.” SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) 4, no. 1 (2016).
Published
2024-10-30
How to Cite
Hizba Aulia, Muhammad, Udin Supriadi, and Nurti Budiyanti. 2024. “HAKIKAT MANUSIA DALAM AL-QUR`AN DAN PANCASILA: IMPLIKASI TERHADAP PENDEKATAN HOLISTIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM ”. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 13 (2), 147-67. https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v13i2.1235.